Free Bitcoin For You

6 Jenis Olahraga Untuk Penderita Asma yang Aman dan Ringan Dilakukan

olahraga untuk asma

Asma merupakan jenis penyakit pernapasan kronis yang tidak bisa disembuhkan. Namun, gejala dan frekuensi kambuh nya bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat.

Misalnya, rajin olahraga.

Pengidap asma juga harus pandai mengelola emosi. Sebab kelelahan dalam berpikir dapat berujung pada stress yang bisa memicu timbulnya gejala asma..

Akan tetapi, karena tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh penderita asma, maka kamu harus tahu jenis olahraga apa yang bisa menyembuhkan sesak nafas.
 
Atau dengan kata kata lain, olahraga untuk asma yang aman dan tidak membahayakan kesehatan.
 
Nah, berikut akan dijelaskan macam-macam olahraga yang bagus untuk penderita asma.
 
Disimak baik-baik, ya. Semoga bermanfaat 😇

✔ JALAN KAKI

olahraga paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah

Sebenarnya, ada banyak sekali olahraga yang cocok untuk penderita asma. Contoh paling sederhana ialah jalan kaki.

Jenis olahraga paling ringan ini aman dilakukan oleh seseorang yang menderita penyakit asma karena berkhasiat untuk melatih pernapasan.

Dikutip dari Sehatq, sebuah hasil study menunjukkan bahwa berjalan kaki sekitar 10 menit dalam 2x seminggu dapat mencegah kambuhnya asma.

Selain itu, rutin jalan kaki juga dipercaya meningkatkan kebugaran tubuh tanpa memicu kambuhnya suatu jenis penyakit 🐾

✔ YOGA

yoga untuk penderita asma

Menurut sebuah penelitian, olahraga paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah yoga.

Why?

Karena selain tidak membutuhkan tenaga besar, yoga untuk penderita asma termasuk jenis olahraga pernapasan yang kaya akan manfaat.

Seperti, memberi ketenangan, menekan laju pernapasan, meningkatkan sistem pernapasan. Dan yang tak kalah penting, yoga baik untuk meningkatkan kapasitas paru.

Berikut ragam pose yoga untuk penderita asma yang bisa dicoba di rumah:

  • Sukhasana
  • Savasana
  • Forward bend
  • Seated spiral twist
  • Side bend
  • Cobra pose

✔ RENANG

olahraga yang dilarang untuk penderita asma

Salah satu olahraga favorit Nabi yang juga bagus untuk asma adalah berenang.

Renang dianggap menjadi cabang olahraga yang bagus untuk penderita asma karena dapat membentuk otot-otot bagian atas dengan sempurna.

Dimana dalam sistem pernapasan, otot-otot tersebut akan menyerap udara dalam jumlah besar untuk mempertahankan kondisi paru-paru agar tetap lembab, hangat dan stabil.

✔ GOWES

olahraga yang bagus untuk penderita asma

Sama halnya dengan jogging, bersepeda juga masuk dalam daftar olahraga untuk asma yang aman dilakukan.

Walau janis olahraga ini tergolong seru dan bisa dilakukan bersama-sama teman, keluarga ataupun sendiri. Ingat, jangan terlalu kencang saat memacu sepeda.

Jika hal itu sampai terjadi, maka kemungkinan penyakit asma kambuh akan semakin besar.

Sekadar saran, nih. Jika memang ingin gowes namun tidak capek, kamu bisa mempertimbangkan sepeda statis dan mulai berolahraga di dalam maupun di luar ruangan.

Bagaimana?

✔ VOLI

olahraga untuk penyakit asma


Yups, olahraga paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah voli.

Olahraga yang menggunakan tangan ini merupakan permainan tim sehingga tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukannya.

Dengan begitu, kamu tidak akan kelelahan dan tetap bisa bernapas dengan teratur.

✔ BADMINTON ATAU TENIS

olahraga yang cocok untuk penderita asma

Tidak hanya voli, segala jenis olahraga yang menggunakan raket juga dinilai cocok untuk penderita asma.

Kamu bisa mengatur jalannya permainan dengan baik. Kemudian gunakan waktu istirahat tersebut untuk menetralkan pernapasan.

Bisa dengan minum air putih atau luruskan kaki sejenak sebelum permainan kembali dimulai.

Oh, iya. Karena penderita asma seringkali sulit mengontrol pernapasan ketika sedang berolahraga, maka sebaiknya, hindari jenis-jenis olahraga yang dilarang untuk penderita asma, ya. Seperti:

  1. Lari jarak jauh
  2. Ice skating
  3. Sepak bola, dan
  4. Basket

Selain membutuhkan banyak tenaga, keempat olahraga tersebut juga butuh kecepatan tinggi. Tentu saja hal itu tidak baik untuk seseorang yang menderita asma.

Napas bisa menjadi putus-putus yang kemudian akan memicu kambuhnya penyakit.

Agar tubuh tetap bugar, kamu dianjurkan melakukan olahraga untuk asma atau gerakan kecil paling sedikit semingu sekali.

Tapi, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit, ya 🤗 Jangan memaksakan kehendak. Pilih saja jenis olahraga yang cocok untuk asma. Dan hindari olahraga yang dilarang untuk penderita asma supaya badan selalu dalam keadaan sehat.

So, sudah siap berkeringat hari ini?

Yuk, olahraga!

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

36 comments

  1. nahhh ternyata sakit asma pun ya tetep bisa kan aktif berolahraga. Kalo aku paling suka jalan, renang sama main sepeda nih, pernah ikut yoga tapi malah ngantuk dan jadi ketiduran saking rileks nya ahahhhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii... karena yoga kan emang relaksasi ya kak. jadi berasa nyaman makanya sampe ketiduran >.<

      Delete
  2. Baru tahu kalau badminton dan voli ternyata bisa sebagai olahraga untuk orang asma. Kirain bakal ngos-ngosan juga sih kalau main olahraga itu. Memang paling mudah sih jogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, paling mudah jogging.
      Tapi badminton dan voli juga biasa asal jangan terlalu ngoyo

      Delete
  3. Olahraga meski baik untuk kesehatan tapi kalau udah memiliki riwayat sakit duluan ternyata tidak sembarang olahraga bisa dilakukan dan tidak semuanya bisa menyehatkan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teh
      harus disesuaikan dengan kesehatan dan kondisi tubuh pada saat itu

      Delete
  4. Meskipun aku bukan penderita asma, kayaknya pilihan olahraga di atas bisa dicoba deh. Nggak berat2 banget tapi maksimal untuk membakar kalori juga, pun bikin tenang

    ReplyDelete
  5. wahh ternyata asma pun masih gpp yaa renang dan gowes. aku gapaham sih, tapi itu keduanya kulakukan karena pernah sesak nafas beberapa kali duluuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. renang memang olahraga untuk asma kak
      gowes juga bagus untuk melatih pernapasan
      asal jangan balapan ya biar gak ngos-ngosan hehe

      Delete
  6. Wah bisa jadi referensi nih untuk teman-temanku yang ashma. Karena memilih jenis olahraganya tidak bisa sembarangan ya, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak
      olahraga untuk penderita asma itu gak boleh yang berat karena bisa bikin sesak napas

      Delete
  7. aku termasuk penderita asma nih mba dan dulu dokterku masa kecil selalu saranin untuk renang. aku mah seneng2 ajaa karena hampir tiap pekan selalu berenang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku malah gak bisa renang mbak.
      padahal asma dari bayi hehe

      Delete
  8. Ternyata voly dan tenis juga bagus untuk olahraga asma ya.
    Mari kita berolahraga untuk mengeluarkan keringat dan memperbaiki pernapasan.

    ReplyDelete
  9. Kakak iparku punya asma, Kak. ia enjoy jalan kaki aja dan aktif ngajar di tempat les dia sendiri. Kalau teman bloger ada juga yang kena asma dan lebih pilih yoga, memang kudu memahami olahraga yang tepat biar ga membahayakan diri alih-alih meringankan. Selama pandemi makin mudah olahraga jalan kaki dan yoga atau berenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak
      karena jenis olahraga itu baiknya harus disesuaikan dengan ksehatan dan kondisi tubuh supaya tidak membahayakan diri

      Delete
  10. jadi bagus ya berenang buat penyakit asma.. yg pasti lari ga boleh ya.m

    ReplyDelete
  11. Walaupun menderita asma tetapi masih bisa membuat tubuh bugar dengan rekomendasi olahraga tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, karena penderita asma itu harus cukup gerak. dan bukan manusia lemah yang nggak bisa apa-apa

      Delete
  12. Terima kasih infonya, Mbak. Kebetulan teman baik saya menderita asma dan menurut dia berenang dan bersepeda memang membantu mengurangi frekuensi kambuhnya asma.

    ReplyDelete
  13. wah aku baru tahu klo banyak juga ya olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma
    karena aku tahunya hanya renang saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. berenang memang favorit mbak. tapi karena gak semua orang bisa berenang, ya coba cari alternatif lain aja hehe

      Delete
  14. Wah baru tahu kalau yoga bisa terapi untuk asma nih. Karena yoga juga termasuk olah napas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, kak
      selain sarana relaksasi, yoga juga merupakan olahraga pernpasan yang bagus untuk penderita asma ^^

      Delete
  15. Cocok banget nih rekomendasi jalan kaki untuk penderita asma. Nanti aku bilangin adekku yang punya asma deh supaya lebih sering jalan kaki lebih konsisten.

    ReplyDelete
  16. Anak saya usia 4 tahun pernah asma tapi penyebabnya karena alergi. Akhirnya rutin diajak berenang alhamdulillah sekarang asmanya jarang kambuh. Ini info yang sangat manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih kecil sudah ketahuan asma, gampang penanganan dan pengobatannya mbak.

      adekku aja sembuh karena rajin berenang dan minum vitamin

      Delete
  17. kalau olahraga untuk ilangin lemak apa aja mak?, iya aku takjub banget olahraga renang ternyata bisa untuk orang asma , jadi ingan mbak sari yang keb anaknya ikut renang udah nggak pernah kambuh asma

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa coba karcio ya kak
      di TikTok atau reel instagram banyak tuh

      Delete
  18. Nah, ternyata masih banyak juga ya jenis olahraga yang bisa dilakukan penderita asma. Jadi meski menderita penyakit ini bukan berarti gak bisa olahraga ya yang penting diperhatikan aja jenis olahraganya bukan yang berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kak!
      selain gak boleh kecapekan, penderita asma juga gak boleh bekerja berat karena dapat memicu kambuhnya asma

      Delete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!