Cara Atasi Gejala Mata Kering, Sepet, Perih, Pegel dengan Insto Dry Eyes. Penulis Wajib Tahu!

cara mengatasi mata kering

Tiga bulan ini, saya merasa selalu was-was terhadap kondisi mata yang bisa dikatakan tidak baik-baik saja. Padahal sebagai indra penglihatan, mata memiliki peran penting dalam proses kehidupan sehari-hari.

Terlalu sering menatap layar yang menyala, seperti menulis di depan laptop selama berjam-jam, scroll TikTok, baca novel online, rupanya menjadi penyebab mata kering. Sehingga mata menjadi cepat lelah, penglihatan kabur serta mudah silau jika terkena sinar matahari.

Ketika keluhan tersebut semakin sering saya alami, barulah saya memutuskan untuk meminta bantuan pada ahlinya agar segera mendapat penanganan sekaligus solusi terbaik.

X: Ada keluhan apa?
Y: Dokter, mata saya yang sebelah kanan mudah sekali bengkak.
X: Gejala awal nya bagaimana?
Y: Mula nya seperti sepet gitu dok. Terus terasa bengkak dan seperti ada yang mengganjal.
X: Hanya yang sebelah kanan saja?
Y: Yang kiri sebenarnya juga iya jika terlalu lama di depan laptop atau keseringan main hp. Tapi kalau yang sebelah kiri cenderung mudah merah dan gatel, dokter.
X: Berarti nggak nyaman ya jika terlalu lama main gadget?
Y: Betul dok, kadang malah sampai keluar air mata. Padahal saya nggak lagi nangis 😅

Setelah rutin berkunjung ke dokter mata, kemudian diketahui bahwa aku menderita Dry Eye Syndrome!
 

Apa itu Dry Eye Syndrome Atau Sindrom Mata Kering?


Dry Eye Syndrome atau sindom mata kering adalah kondisi ketika mata tidak mendapat kelembapan yang sempurna dari air mata. Umumnya, mata akan berkedip sebanyak 18 kali setiap menit. Namun, jika mata dipaksa terus beraktivitas, maka mata akan menjadi lelah dan menurunkan kemampuan berkedip mata.
 
Walau kondisi mata kering lebih sering di alami oleh lansia dan perempuan pascamenopuse, menurut dokter yang menangani saya di Rumah Sakit Umum, sebaiknya tidak memforsir kerja mata supaya mata tidak perih, merah, lelah hingga berair.
 
Dokter juga menjelaskan bahwa terdapat gejala mata kering (keratoconjunctivitis sicca) yang sejatinya bisa di-diagnosis sendiri, diantranya:

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Mata seolah-olah berpasir (seperti kelilipan)
  • Sensitif pada sinar matahari
  • Penglihatan kabur
  • Terdapat lendir disekitar atau didalam mata
  • Mata mudah lelah
  • Kesusahan ketika berkendara dimalam hari (saya sering merasa silau jika terkena lampu kendaraan lain soalnya)
  • Sukar membuka mata saat bangun tidur
 
Selain gejala-gejala di atas, juga terdapat tiga gejala umum yang kerap menyertai gangguan mata kering, yaitu:
 

👁 MATA SEPET

 
cara mengatasi mata kering karena hp
 
Meski tidak 24 jam berada di depan komputer, namun sebagai penulis blog yang akrab "berteman" dengan deadline. Saya harus tetap stay didepan komputer dengan mata fokus pada layar yang menyala dalam waktu lama. Alhasil, mata terasa seperti berpasir, pandangan tiba-tiba kabur, mata berasa sepet dan  paling parah, mata menjadi merah.
 
Meski sudah diresepkan obat oleh dokter, sebagai freelancer yang pemasukannya cenderung fluktuatif, saya coba mencari alternatif obat tetes mata yang lebih ekonomis di apotek. Lalu sesuai dengan keluhan yang sudah saya utarakan, diberilah obat mata kering paling ampuh, Insto Dry Eyes oleh mbak-mbak apoteker nya.
 

👁 MATA PERIH

 
cara mengatasi mata kering dan perih
 
Setiap orang memiliki tingkat kekeringan mata yang berbeda-beda. Kendatipun dikatakan masih tidak berbahaya, mata akan terasa panas bahkan terbakar sangking perihnya. Hal ini disebabkann karena saya terlalu sering di depan komputer dan doyan sekali bermain gadget. Jadinya, mata mudah mengeluarkan air padahal saya sedang tidak bersedih apalagi menangis 😔
 

👁  MATA PEGEL


penyebab mata kering dan solusinya
 
Bukankah setiap pekerjaan memiliki risiko? Begitu pula dengan penulis.
 
Ancaman paling nyata adalah kesehatan mata. Terlalu lama melihat komputer tentu akan berdampak pada kualitas penglihatan. Paling sering, mata akan mudah merasa lelah yang automatis menjalar pada kekeringan mata.

Sekalipun kualitas kesehatan mata jadi berkurang, tetapi sebagai seorang yang bermimpi ingin menjadi penulis hebat, saya tetap berkarya dengan semangat menuangkan ide-ide cantik menjadi imaji indah untuk pembaca di blog, media sosial dan yang suka menagih kapan buku cetak saya akan terbit lagi 😉
 
berapa lama mata kering sembuh
Semoga 2024 bisa kembali mencetak karya. Bye Bye Mata Kering 😉


 
Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Mata Kering?
 
Untuk mengatasinya, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab mata kering itu sendiri. Dengan demikian, dapat dilakukan penangan yang tepat sesuai keluhan dan gejalanya. Adapun faktor-faktor pemicu mata kering atau Dry Eye Syndrome:
 

1| PRODUKSI AIR MATA BERKURANG

Seiring bertambahnya usia,  produksi air mata pun akan berkurang. Sehingga risiko mengalami mata kering juga meningkat. Selain paparan sinar biru dan kurangnya asupan vitamin A, konsumsi jenis obat-obatan, seperti pil KB, obat jerawat, obat hipertensi, antidepresan, antihistamin, dekongestan, obat pengganti hormon juga dapat menyebabkan mata kering, lho!
 
FYI, penderita diabetes, sindrom Sjogren, rheumatoid arthritis, lupus, gangguan hormon tiroid dan skleroderma rentan terserang sindrom mata kering. Oleh sebab itu dokter menyarankan agar saya pandai mengatur pola makan serta menjaga kesehatan mata.
 

2| AIR MATA LEBIH CEPAT MENGUAP

Faktor lain yang memicu terjadinya mata kering adalah terlalu lama diruangan ber-AC, menonton televisi di ruangan minim cahaya, berada di wilayah yang kondusi udara nya kering, berasap dan berangin.
 
Apabila jenis-jenis kondisi semacam di atas membuat mata menjadi perih, gatal dan merah, cara mengatasi mata kering dan perih yang biasa saya lakukan adalah dengan meneteskan Insto Dry Eyes pada mata sesuai petunjuk yang tertera di kemasan.
 

3| KOMPOSISI AIR MATA TIDAK SEIMBANG

Air mata memiliki 3 komposisi penting, yaitu air, minyak dan lendir. Ketika tiga komposisi ini mengalami perubahan akibat alergi, penggunaan contact lens (ukuran kacamata yang perlu diganti), efek blefaritis (infeksi atau peradangan di kelopak mata), ocular rosacea (kelopak mata meradang) dan penyumbatan kelenjar minyak, maka akan terjadi kekeringan pada mata. Jika hal itu terjadi, akan sangat tidak nyaman dan menjadi kabar buruk bagi penulis yang kerap dihadapkan dengan brief panjang dan time table tidak teratur, seperti saya.
 

Apakah Mata Kering Bisa Sembuh?

 
Menurut dokter yang kini langganan saya kunjungi setiap bulan, beliau menyarankan agar sering berkedip selama bekerja di depan komputer atau ketika sedang asyik berselancar di dunia medsos. Tujuannya, agar mata dapat memproduksi air mata dengan cukup sehingga mata tetap terlumasi dengan baik.
 
Beliau juga menjelaskan fungsi air mata. Di mana sebagai senyawa campuran dari lemak, air, lendir dan 1500 protein, air mata berperan penting untuk menjaga permukaan mata tetap halus dan mencegah kuman penyebab infeksi masuk ke dalam mata.
 
Karena gejala Dry Eye Syndrome pada setiap orang tidak sama, cara mengatasi nya pun berbeda, tergantung tingkat keparahan si penderita. Berikut beberapa cara mengatasi mata kering berdasarkan penyebabnya:

👁 PERGI KE DOKTER


Solusi pertama yang bisa dicoba apabila keluhan tidak dapat diatasi dengan obat apotek atau gejala disebabkan oleh efek samping maupun alergi obat tertentu adalah dengan "sowan" pada ahlinya. Dari sini kemudian saya tahu bahwa penderita mata kering selain merasakan mata mudah gatal, mata sering perih, mata terasa sepet, mata pegel, mata lelah, mata merah, silau dengan atau tanpa penglihatan buram, gejala mata kering lainnya adalah gampang mengeluarkan kotoran.

gejala mata kering
Masih harus rajin kontrol dong.Tapi tidak jadi masalah karena selalu sedia Insto Dry Eyes di tas 👌



👁 AIR MATA BUATAN


Sering memforsir mata di depan komputer dapat menyebabkan mata terpapar sinar biru. Apalagi jika ditambah dengan kebiasaan bermain gadget di tempat gelap atau membaca buku dengan durasi panjang, automatis mata akan menjadi lelah kemudian akan timbul gejala mata kering, seperti mata pegel, mata sepet, mata kering.
 
Kondisi semacam ini masih tergolong ringan dan bisa diatasi dengan pemberian air mata buatan dalam bentuk tetes mata, gel ataupun salep mata. Namun meski sangat tidak nyaman, hindari mengucek mata ya, karena dapat menyebabkan iritasi pada kelopak mata, bahkan hingga kebutaan apabila kondisi mata menjadi parah.

👁 INSTO DRY EYES

Insto Dry Eyes adalah obat tetes mata steril yang dapat melembabkan mata sebab mengandung bahan aktif yang berguna mengurangi kekeringan pada mata sekaligus menjadi pelumas bagi mata agar tetap lembab.
 
Hydroxypropyl Methylcellulose yang terdapat di dalam #InstoDryEyes merupakan senyawa yang bersifat sebagai pembuat air mata buatan. Sedangkan Benzalkonium chloride adalah jenis antiseptik yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur.
 
Sesuai indikasi yang tertera pada kemasannya, Insto Dry Eyes dipercaya dapat memberikan efek pelumas (pada mata palsu) dan mengatasi gejala kekeringan pada mata. Serta meringankan iritasi pada mata akibat penguapan air mata yang berlebihan layaknya yang sering dialami oleh penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia.
 
Nah, sebagai seorang penulis yang dituntut untuk teliti dan fokus dalam suatu aktivitas terutama di depan layar komputer, saya selalu membawa Insto Dry Eyes ke mana pun saya pergi. Alasannya, supaya ketika keluhan tiba-tiba muncul saat work from cafe, berkendara terlalu lama atau mendadak kelilipan, dapat segera diatasi dengan tepat sehingga tidak sampai menimbulkan iritasi. Ukurannya yang mungil (hanya 7,5 mL) pun membuat saya mudah menyelipkan nya di dalam tas.
 
obat mata kering paling ampuh
^ Insto Dry Eyes, Penyelamat Mata Kering Di Mana Saja ^

 

MENGENAL INSTO LEBIH DEKAT


Insto merupakan produk obat tetes mata yang populer di berbagai kalangan masyarakat Indonesia semenjak dahulu hingga kini dan sudah terpercaya sebagai #SolusiMataKering. Terbukti dengan berbagai penghargaan yang telah dikantongi di bawah ini:
  • Indonesia WOW Brand kategori Eye Care (2014)
  • Superbrands Indonesia's Choice (2015)
  • Social Media Awards (2015)
  • Gold Champion Indonesia WOW Brand kategori Eye Drop (2019)
Insto bertekad untuk terus membersamai masyrakat Indonesia dalam mengatasi gangguan ringan pada mata.  Buka Mata, Buka Insto
 
mengatasi mata kering secara alami
 
Oh, iya. Dari penjelasan dokter dan pengalaman pribadi sebagai penderita mata kering akibat terlalu lama menatap layar elektronik, ternyata kita juga harus pandai menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kondisi mata menjadi kering.
 

Berikut Adalah 5 Kebiasaan Baik Yang Wajib Dilakukan Supaya Mata Tetap Sehat Serta Terlindungi Dari efek Dry Eye Syndrome:

 
  1. Pakai kacamata pelindung saat berada pada cuaca berangin
  2. Hindari asap atau polusi udara
  3. Hentikan kebiasaan merokok
  4. Jangan berdandan secara berlebihan (terutama bagi pemilik mata sensitif)
  5. Jangan memforsir kerja mata
  6. Kurangi penggunaan contact lens 
  7. Terapkan gaya hidup sehat
  8. Makan makanan yang mengandung omega-3
  9. Kompres mata menggunakan air hangat (disekitar kelenjar mata) ketika mata mulai terasa sepet, perih dan pegel
  10. Jika rutin menggunakan komputer (seperti saya), maka:
  • Usahakan memakai kacamata anti radiasi
  • Pastikan komputer sudah dilapisi anti-glare screen 
  • Berkediplah secara teratur
  • Setting komputer dengan pencahayaan, kontras, warna dan ukuran huruf yang aman dan nyaman bagi kesehatan mata
 
Apabila mata kering tidak diatasi dengan segera, akan mengakibatkan penurunan kualitas hidup sebab penderita mata kering cenderung tidak bisa beraktivitas secara maksimal, serta menjadi ketergantungan pada obat-obatan. Bahkan, bila terus diabaikan dapat merusak bagian atas mata yang berujung peradangan atau infeksi.
 
Dengan demikian, jika cara mengatasi mata kering secara alami seperti kiat-kiat di atas tidak berpengaruh banyak, sebaiknya atur kembali pola makan dan gaya hidup. Karena bisa jadi, mata pegel, mata sepet, mata kering yang dialami disebabkan oleh lifestyle yang tidak sehat.
 
Saya pun sama, jika mata sudah memberi alarm tanda berhenti, itu artinya saya harus peka dan cepat-cepat mematikan komputer lalu beristirahat supaya tubuh kembali fit dan mata tetap sehat dan selalu segar. Sehingga tidak ada alasan untuk mager berkarya dan merealisasikan ide-ide cemerlang yang ada di kepala.

Bye Bye Mata Kering 😎


Referensi:
  • https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes
  • https://www.heizyi.com/2019/07/solusi-mata-kering.html
  • https://www.alodokter.com/yuk-hentikan-kebiasaan-mengucek-mata-agar-tidak-terkena-dampak-negatifnya
  • https://www.halodoc.com/artikel/perawatan-sederhana-untuk-mengatasi-mata-kering
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Stay Update!