Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Memahami Untung Rugi Memakai Bra Bagi Wanita

Untung Rugi Memakai Bra

BH (Buste Hounder), bra atau kutang adalah pakaian dalam wanita yang berfungsi sebagai penyangga payudara. Didesain dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan, nyatanya, ada banyak fakta menarik seputar penggunaan bra sehari-hari.

Tidak sedikit yang setuju jika menggunakan bra selama tidur pada malam hari sangat mengganggu. Namun sebagian berpendapat bahwa memakai bra lebih menyehatkan dibanding tidak menggunakannya.

Lantas, apakah lebih baik menggunakan bh atau tidak?

Agar tidak selalu salah kaprah dan menduga-duga, mari kita bahas mengenai untung rugi memakai bra bagi wanita dalam hal kesehatan maupun kenyamanan.

APA MANFAAT JIKA TIDAK MEMAKAI BRA?

Salah satu kegunaan bh adalah untuk menutupi sekaligus melindungi payudara. Akan tetapi, perkembangan mitos yang terlanjur meluas membuat sebagian wanita enggan menggunakan bra sehari-hari. Padahal menurut American Cancer Society, belum ada hasil study yang membuktikan bahwa memakai bra bisa menyebabkan kanker.

Meski demikian, sejumlah ahli kesehatan telah menjelaskan beberapa manfaat tidak memakai bra sehari-hari.

Jadi, yuk disimak sampai pembahasannya sampa tuntas. Budayakan membaca sebelum berkomentar, ya 😎

manfaat tidak memakai bra sehari-hari

1| Meningkatkan Sirkulasi Darah

Beberapa jenis bh seperti underwire bra dan push-up bra didesain dengan bentuk ketat yang lebih menekan pada pembuluh darah. Dimana jika digunakan saat tidur akan menghambat proses peredaran darah ke payudara dan jaringan saraf. Jika dilakukan terus-menerus bisa menyebabkan pusing dan kram.

Dengan demikian, manfaat tidur tanpa bra menurut islam sudah sangat jelas untuk memperlancar  sirkulasi darah disekitar ataupun menuju payudara.

2| Tidur dengan Nyenyak

Gangguan tidur tidak hanya berasal dari faktor pikiran. Perasaan tidak nyaman pun dapat memperngaruhi kualitas tidur.

Bagi wanita yang terbiasa melepas bra ketika hendak tidur akan sangat berpengaruh pada kenyamann ketika memilih menggunakan bra selama tidur. Oleh sebab itu, bijaknya dalam menentukan kapan harus memakai dan melepas bra.

3| Pernapasan Lebih Lega

Salah satu manfaat tidak memakai bra sehari-hari yang sering dibicarakan para wanita adalah  pernapasan menjadi lebih lega.

Hal ini disebabkan karena bra yang biasanya menekan area dada tidak lagi digunakan. Sehingga aliran oksigen menuju paru-paru lebih lancar.

4| Mengurangi Keringat

Perasaan tidak nyaman, tertekan, dan sesak ketika menggunakan bra bisa jadi sangat mengganggu aktivitas sehingga tubuh lebih mudah berkeringat.

Melepas bra secara rutin dapat membantu mengurangi keringat sehingga tubuh terasa lebih nyaman dan bebas. Terutama pada bagian dada.

5| Terhindar dari Infeksi Kulit

Ada banyak sekali manfaat tidak memakai bra sehari-hari bagi kesehatan. Yaitu mengurangi risiko infeksi kulit seperti jamur, gatal-gatal dan hiperpigmentasi.

Sebagai pelindung sekaligus penyangga payudara, desain bh yang dibuat ketat pasti akan menimbulkan efek samping. Perbedaan warna kulit yang terjadi akibat tali bra adalah salah satunya.

Tidak hanya itu, selalu memnggunakan bra juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih lembab karena kurangnya pasokan udara.

Maka jangan heran jika melepas bra dapat membuat kulit dada serta kulit punggung menjadi lebih sehat.

6| Memperbaiki Sistem Limfatik

Manfaat tidur tanpa bra menurut islam berikutnya adalah dapat memperbaiki sitem limfatik akibat pemakaian bra yang terlalu ketat.

Penyumbatan limfatik akibat penumpukan cairan getah bening disekitar ketiak yang disebabkan oleh tekanan dari bh ternyata dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker, lho.

Itu mengapa hukum memakai bh dalam islam harus dipahami dengan jelas agar dapat merasakan untung rugi memakai bra dalam kehidupan sehari-hari.

APAKAH BRA BERBAHAYA?

Meski penggunaannya menuai pro dan kontra, Livestrong menyebutkan akan nilai estetika serta manfaat memakai bra bagi kaum hawa.

Ada berbagai macam jenis dan bentuk bra yang sangat membantu dalam menunjang aktivitas setiap hari. Seperti manfaat bh kawat yang berguna untuk menahan guncangan pada payudara. Atau push-up bra yang akan memberikan rasa nyaman saat berolahraga.

Secara lengkap, manfaat memakai bra bagi kaum hawa bisa dibaca pada daftar dibawah ini, ya 🤗

Salah satu kegunaan bh

1| Terhindar dari Selulit

Walaupun penggunaannya menimbulkan banyak perdebatan, namun salah satu kegunaan bh yang wajib kamu tahu adalah dapat mencegh timbulnya selulit atau stretch mark.

Bra pada umumnya terbuat dari berbagai bahan seperti tali, karet dan kawat. Hal ini bukan tanpa tujuan. Penggunaan bra yang tepat akan menopang payudara agar tetap dalam bentuk yang sempurna sehingga terhindar dari kerusakan jaringan akibat kerutan yang muncul ketika bra dilepas.

2| Mencegah Payudara Agar Tidak Kendur

Fungsi utama bra sebagai penyangga payudara seharusnya tidak diabaikan begitu saja. Para ahli menjelaskan, memakai bra sesuai ukuran akan membantu bentuk payudara tetap kencang.

Maka dari itu, terlalau sering melepas bra sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan payudara menjadi kendur.

3| Terbebas dari Sakit Punggung

Wanita dengan ukuran payudara cukup besar lebih rentan mengalami sakit punggung. Hal ini dikarenakan otot akan bekerja lebih keras sebab tidak ada bra yang menopang payudara.

Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka dapat mempengaruhi postur tubuh.

4| Aman dari Guncangan

Tidak sedikit wanita yang memilih memakai bra busa ketimbang bra yang mengandung kawat. Alasannya simple, karena merasa tidak nyaman atau sakit.

Namn siapa sangka, jika manfaat bh kawat begitu penting dalam menahan guncangan. Terutama ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan seperti olahraga ataupun bepergian.

KESIMPULAN

Lebih baik menggunakan bh atau tidak

Setelah memahami untung rugi memakai bra, tidak ada salah nya mulai bijak menerapakan kapan waktu yang tepat memakai dan melepas bra.

Menurut agama islam, memakai bra diperbolehkan karena fungsinya memang untuk melindungi dan menutup payudara.

Sebagai seorang muslim, bukankah wajib hukumnya menutup aurat?

Namun hukum memakai bh dalam islam tidak diperbolehkan jika tujuan nya untuk menonjolkan bentuk payudara itu sendiri.

Dengan demikian, "Apakah lebih baik menggunakan bh atau tidak?" jawabannya tergantung oleh setiap individu, ya. Baiknya disesuaikan denan kondisi saja.

So, have a wonderful weekend, girls

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com
Newest Older

Related Posts

27 comments

  1. Yg pasti aku slalu lepas kalo sdg di rumah dan tidur :D. Baru pakai, kalo memang tujuannya kluar rumah mba. Ya ga mungkinlah kluar dr rumah no bra gitu hahahaha.

    Walopun bra yg aku gunakan juga kebanyakan seamless dan tanpa kawat, tp tetep aja pas di rumah aku lepas sih. Apalagi di rumah yg laki2nya cuma suami, jd ga terlalu risih :D . Kecuali ada tamu, baru aku pake

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada ya yang memakai bra untuk menonjiljan. Truly ga pernah kepikiran hehe. Alasannya pakai bra ya justru supaya tidak nyeplak, hehe. Tapi kalo malam aku selalu Lepas karena lebih nyaman begitu.

    ReplyDelete
  3. aku setuju, pemilihan bra juga diperhatikan, walaupun pakaian dalam tapi kl bra nya asal juga krng bagus buat diri sendiri, aku ngerasain sendiri pas nginep diluar, ngerasa cangung bgt lepas bra, walhasil semaleman tdr ga enak banget, lebih bagus lagi katanya kl tidur ga pake celana dalam dan kondisi lampu mati total

    ReplyDelete
  4. Jadi tau manfaat pake bra dan sebaliknya, tinggal disesuaikan lagi sama kenyamanan diri sendiri kali ya, kalo aku pribadi tidurpun pake 😁 cuma gak di kaitkan

    ReplyDelete
  5. Aku team yg kalo tidur gak pake bra, hehehe. Tp pusingnya tuh kl lg nginep ke sodara, kan mau gak mau harus pake bra tuh. Biasanya kl pas acara keluarga gt aku pake bra yg ringan dan gak bikin sesak, jd ttp nyaman dibawa tidur

    ReplyDelete
  6. Pakai dengan bijak ya, bukan yang bentuknya aneh-aneh sehingga saat mengenakan pakaian luar jadi berbentuk, melainkan yang tetap baik

    ReplyDelete
  7. kalo pas mau tidur sih aku tim no bra mba, lebih nyaman dan lebih sehat juga kan, gak berasa sesak gitu bisa bernafas lega dan peredaran darah lebih lancar pas tidur ya

    ReplyDelete
  8. Push-up bra bukannya bra yang ada bantalan khususnya biar "mengangkat" dan menonjolkan belahan gitu ya, Mbak? Kalau buat olah raga, sepertinya agak kurang nyaman.

    ReplyDelete
  9. Intinya sesuaikan dengan kebutuhan aja ya.. Kalau ke luar rumah kayanya ga mungkin kalau tanpa bra hehehe..

    ReplyDelete
  10. Saya tiap tidur udah kebiasaan lepas bra juga mbak. Biar lebih lega dan enak sih hehehe. Apalagi kalau WFH keseringannya free deh

    ReplyDelete
  11. pakai bra itu sudah jadi kebutuhan wanita ya mbak
    aku selalu pakai bra, tapi emang nggak bisa sembarangan pakai bra itu
    harus pilih yg berkualitas

    ReplyDelete
  12. Jadi baik memakai maupun tidak saat tidur, masing-masing punya manfaat ya. Perlu bijak mengatur kapan mau pakai atau tidak

    ReplyDelete
  13. Ya bener, pilihan masing masing. Tapi kalau tinggal di desa, pake bh atau enggak itu urusan orang sekampung hahahhaa

    ReplyDelete
  14. Jadi teringat pengalaman seorang reporter (dia tuliskan pengalaman itu di sebuah buku). Selesai meliput, dia nginep di hotel. Dan seperti biasa, lepas bra waktu akan tidur malam. Siapa ngira malam itu kota tempat dia tinggal diguncang gempa besar. Dia berhasil lari keluar sebelum lobi hotelnya rubuh. Sampai di luar baru dia panik karena cuma pakai baju tidur dan no bra :))

    ReplyDelete
  15. Kalo aku sih tim ga pake bra kalo tidur haha biar ga sesak aja.. ternyata ada manfaatnya masing2 ya.. thanks infonya mba elok

    ReplyDelete
  16. Mungkin, maksudnya engga boleh pakai bra dalam Islam dan bertujuan menonjolkan diri tuh, bra yang diberi tambahan busa supaya tampak lebih besar. Kalau untuk menyangga ya bagus dong, biar engga melorot...

    ReplyDelete
  17. Saya memang sempat membaca mengenai perdebatan ini. Namun ya, sebaiknya kaum Hawa tetap punya bra walau mungkin nggak dikenakan sehari hari. Atau bisa juga tidak digunakan di saat tertentu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan pemahaman saja agar lebih nyaman.

    ReplyDelete
  18. Penggunaannya tentu disesuaikan untuk fungsinya yang bermanfaat bukan untuk di luar kewajaran ya. Dan tetap diselingi juga untuk rehat, agar sirkulasi darah tetap terjaga

    ReplyDelete
  19. Segala sesuatunya memang selalu ada pro dan kontra ya mba. Bahkan dalam keseharian mengenai memakai atau tidak. Trims sharingnya mba Nia. Keep on writing <3

    ReplyDelete
  20. Pemilihan bahan dan jenisnya memang sangat berpengaruh, baik dari sisi kenyamanan maupun estetika. Sebaiknya memang harus memilih yang tepat

    ReplyDelete
  21. Mba Nia, beberapa kali membaca ulang saya kok gak menemukan relevansi memakai BH ini menurut Islam. Sepertinya lebih pas kl menurut pandangan medis atau ahli syaraf. Sepertinya kl menurut Islam lebih ke amanah untuk merawat anugrah yang Allah SWT berikan untuk perempuan.

    ReplyDelete
  22. no komen saya kalo soal bra, tapi kebanyakan cwek pasti tidur lepasin bra ya kak??

    ReplyDelete
  23. Kembali kekebutuhan ya kak, apakah mau menggunakan atau tidak. Ini informasi baik buat wanita. Jadi pilih yang nyaman dan memang berfungsi dengan baik

    ReplyDelete
  24. Iyaaakk setujulah karena saya juga pake, tapi kalo tidur gak pake, etapi kayaknya semua wanita gitu gak sih yaa, hehe sepertinya iya deh :D

    ReplyDelete
  25. wah aku baru tahu ternyata kalau untuk menonjolkan hukumnya jadi berubah ya? pro kontra ini antara kubu pemakai bra dengan yang tidak pakai. hehe

    ReplyDelete
  26. Aku biasanya membedakan bra saat di rumah, keluar rumah dan olahraga karena memang berpengaruh sekali dalam kenyamanan dan juga sesuai dengan fungsinya.

    ReplyDelete
  27. Kalau harus memilih, jelas lebih enak enggak pake bra. Tapi untuk badan yang tidak langsing seperti saya gini, gimana bisa? Haha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Sila tinggalkan jejak berupa kritik ataupun saran melalui kolom komentar, ya 🤗

Stay Update!