Free Bitcoin For You

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Agar Tetap Bersih dan Jernih

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Sebagai salah satu panca indra, mata memiliki peran penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Dengan mata, kita dapat melihat benda dari jarak yang dekat hingga jauh. Akan tetapi, akibat dari stay at home dan banyaknya kegiatan yang dilakukan secara daring, menyebabkan kesehatan dan fungsi mata sedikit berkurang.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak mata seperti membaca dengan jarak sangat dekat, terlalu lama menatap layar komputer, merokok dan bermain gadget dalam waktu lama. Sehingga menyebabkan mata perih, sepet dan pegel. Atau lebih parah bisa berujung pada mata kering.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu merawat mata agar tetap terjaga kesehatannya.

Berikut, sepuluh cara menjaga kesehatan mata secara alami versi Narasi Nia 👀

Semoga bermanfaat, ya 😊

1| ATUR PENCAHAYAAN

Tips pertama supaya mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik adalah mengatur pencahayaann pada gawai yang digunakan. Jangan terlalu terang juga jangan terlalu redup agar tidak menganggu kinerja mata.

Kamu juga perlu memperhatikan cahaya sekitar, ya. Pastikan kamu menggunakan perangkat menyala di ruangan yang cukup cahaya. Langkah seperti ini juga sering digunakan sebagai cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus, lho

2| JANGAN MAIN GADGET TERLALU LAMA

Banyak sekali penyebab mata lelah selain sekolah online atau work from home. Akan tetapi,, terlalu lama bermain gawai merupakan penyebab paling sering terjadi.

Padahal, jika ingin kondisi mata tetap fit, maka cara menjaga kesehatan mata dari gadget, ya dengan tidak terlalu menggunakan gawai itu sendiri.

Sebab jika terlalu lama menatap layar menyala, maka mata akan merasa perih, sepet dan pegel sehingga mengakibatkan mata kering.

cara menjaga kesehatan mata dari gadget

3| HINDARI SINAR UV

Tidak hanya pada kulit, ternyata terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga dapat berakibat buruk pada mata.
 
Dikutip dari Alodokter, efek buruk sinar UV ternyata dapat menyebabkan kornea terbakar, katarak, degenerasi makula bahkan kanker mata.
 
Nah, salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih sekaligus terhindar dari dampak buruk tersebut, disarankan memakai kacamata hitam saat beaktivitas di luar ruangan, ya 😎
 

4| SERING BERKEDIP

Pertanyaan yang sering muncul di era daring adalah bagaimana cara menjaga kesehatan mata anak?

Jawab nya mudah sekali.

Karena selama stay at home, hampir seluruh aktivitas dilakukan secara online, maka usahakan anak maupun orang dewasa menggunakan gadget secukupnya saja. Jangan terlalu lama dan biasakan sering berkedip.

Mengapa?

Normalnya, mata akan berkedip sebanyak 18 kali setiap menit. Akan tetapi, dalam keadaan fokus atau terlalu lama di depan layar menyala, maka intensitas kedip akan berkurang. Kemudian akan muncul masalah yang berkaitan dengan kesehata mata seperti mata lelah.

Padahal, berkedip berfungsi untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan bola mata, terutama kornea.

cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus

5| OLAHRAGA MATA

Selain berkedip, mata juga butuh olahraga. Hal ini berguna supaya mata terhindar dari risiko mata lelah, lho

Caranya mudah sekali. Cukup terapkan 20-20-20 rule, 20 menit berhenti sejenak menatap layar menyala, kemudian memandang objek yang jaraknya sekitar 6 meter selama 20 detik, lalukan setiap 20 menit.

Cara menjaga kesehatan mata secara alami ini akan membuat otot mata lebih rileks dan kamu bisa melanjutkan kembali aktivitas di depan komputer. 👌

6| PEJAMKAN MATA

Setelah beraktivitas cukup lama di depan komputer atau layar menyala, coba pejamkan mata sekitar 4-6 menit.

Menurut NIOS (The National Institute of Open Schooling), memejamkan mata merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata dari gadget yang paling sederhana.

Ketika mata mulai terasa lelah, penanganan pertama bisa dimulai dengan olahraga mata kemudian pejamkan mata hingga beberapa menit.

Penasaran? Yuk, coba buktikan sendiri 😊

cara menjaga kesehatan mata anak

7| HATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN MAKEUP

Kasus ini pernah saya alami sendiri, lho. Memiliki kondisi mata yang tidak begitu sehat alias minus dan silinder membuat mata saya lebih sensitif terhadap cahaya lampu, makeup mataupun sinar matahari.

Biasanya, pemilik mata minus atau kelainan mata lainnya akan lebih peka terhadap rangsangan. Komposisi makeup tertentu juga bisa menyebabkan mata perih, lho.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami bagaimana cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus. Salah satu nya, ya dengan berhati-hati dalam menggunakan makeup, tidak berbagai alat kecantikan dan selalu bersihkan wajah ketika sebelum dan sesudah berdandan. Oke?

8| BERHENTI MEROKOK

Sama halnya dengan efek buruk radiasi sinar ultraviolet, kebiasaan merokok juga berisiko menyebabkan katarak, degenerasi makula, kerusakan saraf optik yangdapat mengakibatkan kebutaan hingga retina rusak.

Nah, bagi kamu pecandu batang berasap ini, segera hentikan kebiasaan buruk itu, ya demi menjaga kesehatan mata dan tubuh kamu 🤗 

cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih

9| KONSUMSI MAKANAN BERGIZI

Cara menjaga kesehatan mata anak paling sederhana adalah dengan menerapkan screen time. Selain itu, para orangtua juga harus mengimbangi kebutuhan gizi anak dengan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak serta omega-3.
 
Apakah orang dewasa juga harus melakukan hal yang sama? Boleh, kok. Saran diatas juga berlaku bagi siapa saja yang ingin menjaga kesehatan mata agar tetap bersih dan jernih 😀

10| RUTIN CEK KE DOKTER

Setelah berbagai cara ditempuh namun gejala mata lelah tidak kunjung berkurang, maka kamu harus segera menemui dokter mata untuk berkonsultasi. Sebab, cara menjaga kesehatan mata paling tepat adalah dengan mengunjungi ahli nya.

Dengan begitu, apapun kondisi mata dapat segera terdeteksi supaya terhindar dari penyakit yang lebih serius.

cara menjaga kesehatan mata

Well, dari sepuluh cara menjaga kesehatan mata secara alami, mana yang sudah pernah kamu coba tapi belum juga menunjukkan hasil baik?

Kalau begitu, segera membuat janji temu dengan dokter untuk mengetahui bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih. Sehingga jika harus berlama-lama di depan komputer pun, mata tetap terjaga ksehatannya.

So, selamat beraktifitas dengan bahagia teman-teman. Stay safe and stay healthy, ya 💕 Yuk bisa yuk 💪

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

37 comments

  1. AKu blm pernah cek ke dokter sama sekali.
    kayaknya kapan2 perlu dicoba ya
    buat tau gimana kondisi mata ya

    ReplyDelete
  2. Nah kalau batasi penggunaan gagdet ini yang agak susah ya mbak. Tapi mau coba saya usahakan deh. Ohya sering2 berkedip ternyata menyehatkan mata juga ya,

    ReplyDelete
  3. Tentunya mengonsumsi makanan yang bergizi penting kak. Kalo saya perbanyak wortel juga karena memang mata sudah agak minus walau belum parah, hehe..

    Btw, menjauhi gadget secara lama2 juga penting karena saya adalah korban keganasan gadget sehingga mata jadi minus. Duh hehe...jadi sekarang harus pake kacamata khusus jika mau nulis di blog.

    ReplyDelete
  4. Molly banget ini kerja seharian depan laptop. Penting banget untuk menjaga kesehatan mata. Untungnya molly suka makan wortel, itu pengaruh juga gak ya?

    ReplyDelete
  5. Nah inii...kalo terlalu fokus ngerjarin sesuatu pake komputer, suka lupa kedip tuh. Tau-tau mata pedes dan berkunang-kunang.

    ReplyDelete
  6. Menjaga kesehatan mata dibutuhkan siapa pun karena indera penglihatan sehat dambaan setiap orang, tips bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Mata sebagai Indra penglihatan yang sangat berharga sudah seharusnya kita jaga dan rawat. Tips nya memang sangat membantu deh

    ReplyDelete
  8. wah baru tahu kalau ada make up yang bisa mempengaruhi kesehatan mata, buat mayanya yang sudha terlanjur minus atau silinder kudu hati hati memilih riasan mata ya...

    ReplyDelete
  9. Olah raga mata ternyata harus rutin dilakukan ya. Minimal kalo kita gak bisa menghindari gadget karena kerjaan semua ada di sana, ya lakukan olah raga mata, juga atur pencahayaannya.

    ReplyDelete
  10. kesehatan mata untuk saat ini memang perlu dijaga, apalagi setiap hari kita berhadapan dengan layar laptop.

    ReplyDelete
  11. Kebanyakan menatap layar gadget emang jadi faktor utama merusak kesehatan mata di zaman now ini ya mbak. makanya sebisa mungkin memberikan jatah waktu pemakaian gadget pada anak-anak. begitupun pada diri sendiri.

    ReplyDelete
  12. Kalau main gadget kendalanya itu memang lupa diri dah lama, makanya memang perlu dibatasi dan usahakan rajin berkedip ya biar gak kering matanya

    ReplyDelete
  13. Konsep 20-20 tuh bener banget loh. Makanya saya meletakkan TV atau tablet saat harus lama bekerja dengan laptop, yang jaraknya sekitar 3-4 meter dari meja kerja. Di keduanya biasanya saya nyalakan musik atau berbagai kegiatan traveling. Bisa dari YouTube. Bisa juga dari channel tv cable. Bisa banget jadi pengalih penglihatan.

    ReplyDelete
  14. terima kasih ya mbak, sudah menulis tips ini
    minusku tinggi banget nih, aku harus lebih aware dalam menjaga kesehatan mataku

    ReplyDelete
  15. Mata memang panca indra yang sangat penting ya, harus dijaga kesehatannya. Saya belum pernah nih menerapkan 20-20-20 rule. Ntar mau cobain ah

    ReplyDelete
  16. mantengin gadget ini yang agak susah

    karena kerjaan berhubungan dengan laptop dan HP

    tanpa sadar bisa belasan jam nonstop mantengin monitor , hiks

    ReplyDelete
  17. Saya lumayan bersyukur sampe sekarang masih belum perlu pakai kacamata, tapi masih harus selalu jaga kesehatan mata pastinya hihi.. baru tau ada olahraga mata nih!

    ReplyDelete
  18. Pejamkan mata itu efektif banget ya Mbak... sekalian tiduran mengistirahatkan pikiran juga... setelah itu br deh kerja lg. Nice tips ya, stay safe juga Mbak...

    ReplyDelete
  19. Ternyata merokok juga memiliki dampak buruk ke mata ya, kirain cuma ke paru2 doang.

    ReplyDelete
  20. aku dulu terbiasa membaca sambil tiduran mbak, sekarang mata udah nggak sehat lagi alias kudu berkaca mata kalau lihat jarak jauh
    dan memang keseringan menatap layar komputer juga

    ReplyDelete
  21. Jadi ingat jatah ganti kacamata nih tahun ini, harus cek ke dokter untuk memantau minus dan silinder. Moga-moga sih nggak ada peningkatan deh.

    Gadgetnya ini lo yang terasa banget di aku. Dulu aku nggak punya silinder. Baru mulai 2 tahun lalu saat pegang gagdet semakin intens, jadi punya silinder deh.

    ReplyDelete
  22. sejenak bebaskan mata dari melihat gadget selama 20 menit atau lebih memang memberikan efek bagus. Soalnya daku pernah praktikkan itu

    ReplyDelete
  23. Kesehatan mata saya akhir-akhir ini tidak bagus. Over screen time. Makanya perlu banget solusi menjaga kesehatan mata.
    Makasih ulasannya... Pas banget dengan yang saya butuh kan

    ReplyDelete
  24. PR banget bagiku nih mba, minusku juga nambah nih gegara kerja di depan gadget terus hehehe ... tapi semoga nggak nambah lagi, karena udah dikasih tips ciamik darimu

    ReplyDelete
  25. makasih banyak infonya, mbak.
    bisa banget dipake karena mataku kayaknya memburuk deh sekarang.
    jadi sedih banget :(

    ReplyDelete
  26. wahh aku baru tau yang olahraga mata nih mba, mulai ku praktikin ahhhh. pake kacamata yang anti radiasi selama kerja di depan laptop juga mungkin bisa jadi opsi menjaga kesehatan mata yaa

    ReplyDelete
  27. Baru tahu ini ttg rule 20-20-20, jadi lebih gampang ingat juga. Thank ya tipsnya bakalan diterapkan deh

    ReplyDelete
  28. aku sekarang cepat banget lelah ngadap laptop tanpa kacamata antiradiasi, jadi harus sering gunakan kacamata itu kalau lagi berhadapan dengan layar terutama laptop

    ReplyDelete
  29. ini penting banget untuk saya yang sehari itu bisa lebih dari 12 jam do depan laptop, kadang sudah lelah pun saya masih aja depan mata, karena jadi hiburan tersendiri browsing itu

    ReplyDelete
  30. Iya nih semenjak pandemi, jadi sering banget bekerja di belakang layar. Enak sih kerja dari balik meja, tapi risikonya ya mata jadi lebih cepat pegal. Makanya perlu banget dirawat, biar tetap sehat.

    Terima kasih banyak atas tipsnya yang sangat keren pisan. Baru tau juga, kalo sering berkedip bisa mengurangi gejala pegal pada mata.

    Kalo saya biasanya ngeliat ke warna ijo biar mata nggak terlalu pegal. Pakai rumus 20-20-20. Setiap 20 menit sekali ngeliat objek berjarak 20 meter selama 20 detik. Bagusnya sih objek berwarna ijo gitu, kayak pohon, rerumputan atau mantan.

    ReplyDelete
  31. Sering berkedip apalagi kalau kerjanya menatap layar ya. Harus rutin juga memeriksakan diri ke dokter mata nih

    ReplyDelete
  32. Kesehatan mata ini menurutku salah satu hal yang penting untuk diperhatikan tapi terkadang justru lebih banyak diabaikan. Contohnya kalau main gadget atau depan komputer malah lupa buat mengistirahatkan mata. Padahal kalau pakai kacamata tuh justru gak enak loh kata temenku. Huhu semoga kita lebih aware sama kesehatan mata nih!

    ReplyDelete
  33. Sebagai orang dengan minus mata 6.5, emang setuju sih sama pembahasan terlalu lama pakai gadget bisa bikin mata lelah dan nggak sehat. Kita kudu jaga kesehatan mata banget deh pokoknya

    ReplyDelete
  34. saya dulu waktu smp kelas 2 sudah pakai kacamata. langsung minus 2. gara2 suka lihat layar tivi deket bangettt... kadang baca sambil tidur.. tp kdg sy bingubg juga orang jaman dulu cm pakai lilin kalo belajar tp mata tetap sehat ya.. semoga mata kita ttap sehat ya

    ReplyDelete
  35. 20-20-20 rule ini ternyata mudah ya diterapkan. Namun suka lupa untuk dilakukan. Perlu pasang timer sepertinya.

    ReplyDelete
  36. Wah makasih kak Nara atas infonya. Saya juga udah minus nih matanya, jadi terbantu setelah membaca artikel ini...thanks

    ReplyDelete
  37. Relate banget nih dengan kondisi sekarang, berjam-jam di depan gadget karena bekerja, belajar atau nonton drama Korea tanpa sadar menjadikan mata bekerja sangat keras. Mataku yang emang sudah minus sejak jaman SMA jadi makin minus nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!