Free Bitcoin For You

8 Channel Youtube Edukasi Indonesia Ini Bermanfaat Untuk Menambah Wawasan

Channel Youtube Edukasi di Indonesia

Bun, nggak perlu merasa khawatir apalagi sampai terbebani selama mendampingi anak sekolah dari rumah, ya. Sebab saat ini sudah banyak channel Youtube edukasi di Indonesia yang dapat dijadikan referensi dalam menemani daring.

Tidak hanya mengulas materi pelajaran, beberapa kanal Youtube ini pun berisi berbagai pengetahuan yang akan menambah wawasan anak dan bunda.

Nah, berikut channel Youtube terbaik Indonesia yang bisa bunda pilih untuk menambah pengetahuan, wawasan serta pendamping anak selama SFH 😀

1| Ruangguru

channel youtube indonesia yang menambah wawasan
Image by Youtube Ruangguru

Sama seperti aplikasinya, saluran Youtube milik Ruangguru juga menjadi favorit para pelajar dan orangtua. Dengan konten-konten menarik yang meliputi beragam materi pelajaran, asah kreativitas serta tips-tips keren untuk mahasiswa, nggak heran jika channel Youtube edukasi anak Indonesia ini jadi channel Youtube terbaik 2020.

Untuk kamu yang sering menemui kesulitan selama daring, boleh deh tonton Youtube Ruangguru. Akan ada konten baru setiap minggunya. Jadi kamu bisa belajar secara virtual bersama tutor berpengalaman.

2| Kok Bisa?

channel youtube edukasi anak indonesia
Image by Youtube Kok Bisa?

Nah, channel Youtube Kok Bisa? memiliki konsep unik dalam penyajian kontennya. Menggunakan karakter kartun fuil of color, kreator berharap penonton tidak merasa bosan selama menikmati video sekalipun itu membahas materi pelajaran. Dengan begitu, wawasan dan pengetahuan pun akan bertambah luas.

3| SmarterIndo

channel youtube bermanfaat
Image by Youtube SmarterIndo

SmarteIndo adalah channel Youtube edukasi anak Indonesia yang membahas materi pelajaran secara rinci. Menariknya, kamu dapat mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar, lho.

Nantinya, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab pada episode berikutnya. Selain itu, kamu juga bisa request topik apa saja yang sekiranya menarik untuk dibahas. Dengan durasi video sekitar 2 hingga 7 menit, dijamin wawasanmu akan semakin luas 😃

4| Hujan Tanda Tanya

channel youtube terbaik 2020
Image by Youtube Hujan Tanda Tanya
 

Lain halnya dengan Kok Bisa, Hujan Tanda Tanya mengusung konsep anti-mainstream dalam kontennya. Berawal dari banyak pertanyaan random yang muncul di kepala manusia, Hujan Tanda Tanya berusaha menemukan jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut.

Kemudian muncul lah saluran ini. Sebuah channel Youtube Indonesia yang menambah wawasan karena mengulas berbagai macam hal seperti sains, teknologi dan masyarakat.

5| Zenius

ide konten youtube edukasi
Image by Youtube Zenius
 

Channel Youtube edukasi di Indonesia berikutnya yang juga mengulas beragam jenis pelajaran untuk menemani kegiatan sekolah anak dari rumah adalah Zenius.

Zenius dikenal sebagai pelopor startup teknologi pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Nah, kebetulan sedang musim ujian, kan? Zenius bisa jadi teman untuk persiapan exam supaya materi makin matang karena menyediakan konten yang berisi latihan soal untuk Ujian Kenaikan Kelas, Ujian Nasional dan tes masuk perguruan tinggi, lho.

Lengkap, bukan? Dijamin kamu gak bakal bosen tapi malah makin semangat belajarnya 👌

6| DW Indonesia

channel youtube edukasi luar negeri
Image by Youtube DW Indonesia

Selain mengedukasi, tentu saja kanal Youtube bisa menjadi favorit karena dapat menghibur dan memiliki konten yang menarik sekaligus tidak membosankan. Seperti DW Indonesia ini, misalnya.

Tidak hanya berbagi informasi seputar teknologi dan inovasi, DW (Deutsche Welle) Indonesia juga selalu memperbarui channel nya dengan konten-konten yang inovatif menggunakan bahasa Indonesia.

Channel Youtube ini juga menjadi salah satu channel Youtube indonesia yang menambah wawasan, lho 😎

7| Quipper Indonesia

channel youtube terbaik di dunia
Image by Youtube Quipper Indonesia

Layak nya Ruangguru, Quipper juga identik dengan konten-konten pembelajaran yang sangat membantu siswa selama belajar mandiri dari rumah.

Fisika, biologi, matematika, bahasa inggris hingga psikologi, tersedia lengkap di channel Youtube bermanfaat ini.

Bekerja sama dengan pengajar tradisional, Quipper menyediakan beragam konten edukatif yang diulas dengan metode se-asyik dan se-menarik mungkin supaya subscribers betah dan nyaman selama menonton.

8| Satu Persen

channel youtube terbaik indonesia
Image by Youtube Satu Persen

Tidak hanya memiliki subscribers lebih dari 750.000, channel youtube terbaik Indonesia ini juga membuka kelas mentoring, lho. Maklum saja, saluran Youtue ini berisi berbagai hal yang kamu butuhkan untuk mengadapi kehidupan seperti motivasi, inspirasi dan lainnya yang berhubungan dengan psikologi.

Baru tadi pagi, saya menonton langsung salah satu konten video di Satu Persen podcast. Benar-benar menginspirasi dan membuat saya semangat menjalani hidup tanpa harus merasa insecure maupun membandingkan dri sendiri dengan orang lain.

Yeah, karena salah satu kunci hidup sukses itu bukan membanding-bandingkan. Melainkan melakukan perubahan untuk lebih baik lagi ^^

***

Nah, dari beragam materi yang diulas serta keunikan konten yang disajikan, mana nih kira-kira, channel Youtube edukasi di Indonesia yang jadi favorit bunda dan atau anak? Boleh sharing pengalaman nya belajar bareng saluran tersebut di kolom komentar, ya 😃

Selamat belajar, semua 📚

Terus semangat, ya 🤗

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

54 comments

  1. Ternyata banyak banget akun YouTube yang ngasih informasi keren. Namun yang trending malah akun gosip dan musik. Seharusnya akun2 kayak gini nih yang perlu didukung. Bs jadi cambukan buat kreator agar menyajikan konten yg edukatif dan menghibur kali ya..

    ReplyDelete
  2. Ini tempat nonton yang berfaedah . Bisa ajak anak nih ya kak nonton sama2 belajar sama2

    ReplyDelete
  3. Makasih kak rekomendasi chanel youtube tuk teman belajar anak-anak selama pandemi. Bahkan, saya yang notabene sebagai guru biologi SMA tetap saja belajar melalui zenius, bahkan di ruangguru, dll. Banyak materi2 pelajaran yang bisa menambah wawasan saya juga sebagai pendidik. Makasih infonya, dan tetap semangat ya mendampingi anak2nya tuk tetap rajin belajar daring di rumah.

    ReplyDelete
  4. aku juga subscribe channel kok bisa. bagus emang kontennya, jadi nambah wawasan. apalagi untuk anak-anak dikemas seruu banget dalam bentuk kartun

    ReplyDelete
  5. Selama ini anakq belajar di ruang guru kak, pas banget sih buat belajar di rumah sambil mengisi waktu luang

    ReplyDelete
  6. menarik dan edukatif ya mbak chanel chanel YouTube ini
    aku yang pernah nonton Hujan Tanda Tanya
    Pembahasannya menarik

    ReplyDelete
  7. Beberapa pernah mampir ke channel YouTube ini, khususnya RuangGuru dan Quipper. Apalagi sekarang lagi musim ujian yaaa, pasti diserbu nih saluran-saluran edukatif begini.

    ReplyDelete
  8. wah satupun belum pernah saya tonton

    karena sehari-hari yang saya pantengin channel makanan dan yang sekarang lagi rame: master chef indonesia :D :D

    ReplyDelete
  9. Wah banyak yang engga tahunya nih saya, jadi kepo juga.. Terima kasih ya informasi nya

    ReplyDelete
  10. Kanal youtube edukasi ini benar-benar mengikuti perkembangan jaman banget ya. Dimana para siswa saat ini pasti akrab banget sama gadget, maka mereka membuat konten edukasi. Harusnya para siswa jadi lebih senang belajar dong. Wong videonya benar-benar kreatif. :)

    ReplyDelete
  11. Baca artikel ini, aku ngerasa jadi makin pinter dan punya alasan menghabiskan waktu produktif di Youtube. Naksir sama Hujan Tanda Tanya sih kak, gemoy gitu ikonnya, thanks untuk informasinya ya kak Elok

    ReplyDelete
  12. Waah, aku baru tahu lo channel-channel youtube di atas, kecuali Ruang Guru. Menarik-menarik banget. Langsung otw nyariin dan subscribe satu per satu channelnya.

    ReplyDelete
  13. noted nih channel-channelnya, bisa jadi rujukan buat ortu dan anak ya biar sama-sama belajar juga.
    channel-channel edukasi Indonesia banyak juga ya ternyata dan keren-keren. :)

    ReplyDelete
  14. Belum pernah liat semua channel tersebut, but thank you udah ngerekomendasiin. Sekarang malah jadi penasaran pengen ngunjungin satu-satu channelnya, mana tau ada yang cocok. Oh iya, saya juga sering liat channel Sisi Terang. Lumayan sarat edukasi. cocok buat yang haus akan ilmu

    ReplyDelete
  15. Wah, lengkap info tentang channel youtube edukasi Indonesia di artikel ini. terima kasih. Saya dan anak-anak baru mengakses beberapa diantaranya. Mau cus tekape nanti, mumpung dah libur sekolah ini

    ReplyDelete
  16. Aku seriiingg banget pantengin channel satu persen.
    bahasannya tuh casual, dikemas secara light dan assoy, tapi super berfaedah
    keren banget!

    ReplyDelete
  17. iya, aku pun kalau lagi nerangin ke anak jadi gampil tinggal buka channel youtube di atas. Jadi kita juga belajar bareng-bareng. nggak ngasal gitu jawabnya yaa, based on fact and research

    ReplyDelete
  18. Nah keren nih channel yang khusus untuk pengetahuan anak Indonesia dan masyarakat juga agar tidak terlalu misinformasi. Karena bisa aja channel ini buat mencerdaskan bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  19. Channel kok bisa sih menurutku yang epic.. penyajiannya simple, vo nya lucu, nyebelin, tapi bikin penasaran, hahaha

    ReplyDelete
  20. Kalau boleh nambahin ada kanal Youtube yang namanya Invoice Indonesia. Channel yang sarat dengan pengetahuan umum yang bisa memperluas wawasan kita.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih atas informasinya YouTube nya mbak, aku sering mampir dibeberapa channel seperti kok bisa? Enak ya jaman sekarang video edukasi sudah bertebaran asal kita mau saja ya

    ReplyDelete
  22. Ternyata banyak ya channel youtube edukasi, duh kemana aja saya selama ini sampai nggak tahu. Saya paling sering akses ruangguru dan quipper aja

    ReplyDelete
  23. Catet banget nih buat belajar. Aku selama ini nonton channel masak-masak. Sekarang karena mau ajaran baru, kudu nambah ilmu juga ya. Kali aja masih belajar dari rumah

    ReplyDelete
  24. senang klo ada channel YouTube dengan konten pendidikan seperti ini
    anak anak bisa belajar lebih mudah ya mbak

    ReplyDelete
  25. Wah senangnya saat ini untuk channel Youtube edukasi sudah berkembang dan banyak ragamnya jadi pilihan terbaik ada ditangan pengguna pastinya ya kak

    ReplyDelete
  26. Ruang guru salah satu pilihan untuk belajar meningkatkan kapasitas pengetahuan dengan bimbingan ahlinya

    ReplyDelete
  27. Aku baru tahu tentang saluran Youtue Satu PErsen ini. Ternyata berisi berbagai hal yang kita butuhkan untuk mengadapi kehidupan ya kak. Apalagi seputar: motivasi, inspirasi dan lainnya yang berhubungan dengan psikologi. Penting nih di intip2.

    ReplyDelete
  28. Waah banyak juga rekomendasi chanel nya, bermanfaat sekali. Langsung ngabari adik nih yg kadang bingung nyari chanel youtube berfaedah.

    ReplyDelete
  29. Wah bisa nih jadi rujukan. Yang satu persen blm pernah bukaa channelnyaa. Otw berkunjungg

    ReplyDelete
  30. Siapa saja yang ingin belajar, jadi gak sulit lagi karena 8 Chanel edukasi pilihan ini mudah diakses

    ReplyDelete
  31. Boleh nih dijadiin rekomendasi utk keluargaku yg doyan nonton yutub. Makasih lho mbak daftarnya...

    ReplyDelete
  32. seneng yaa sekarang banyak channel2 yang edukatif dan sangat membantu anak2 sekolah. buat yang mau ujian gitu, menurutku zenius keren banhget karena lengkaap

    ReplyDelete
  33. Diantara channel itu aku paling suka dengerin satu persen sih biasanya. Pembawaannya enak banget soalnya, terus tips-tipsnya juga bagus buat diikuti.

    ReplyDelete
  34. Channel langgananku juga nih "Kok Bisa? ". Suka banget sama konten konten edukasi yang mereka sajikan.

    Makasih buat saran channel lainnya. Mau juga aku kepo kepo, mana tau nanti aku suka juga.

    ReplyDelete
  35. lumayan nih, untuk update2 informasi yang mendidik, makasih yaaa udah bikin listnya

    ReplyDelete
  36. Eh ada Zenius juga
    Saya pernah saksikan di YouTube
    Memang metodenya bisa membuat Siapa pun yang menyaksikan akan mendapatkan pengetahuan tambahan, bukan sekadar hiburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. channel youtube yang edukatif banget, ya mbak
      pantas banyak subscribers nya ^^ hehe

      Delete
  37. Thanks informasinya. Di Youtube banyak sekali chanel edukasi yang bisa kita ikuti. Cus, ah aku mau nonton chanel satu persen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak dong
      Kan kawola muda pada brilliant idenya, jadilah konten yang berfaedah semacam diatas ^^

      Delete
  38. jadi pengen tak kepoin atu-atu mba Nia. Makasih lho rekomendasinya biar diserbarkan lagi dan banyak yang tahu. Edukasi penting banget agar seseorang bisa berkembang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  39. noted kak... aku hanya tau beberapa dari daftar di atas. Btw beberapa namanya lucu juga ya...

    ReplyDelete
  40. Wah aku baru tau 1 2 nih akun akun yutub diatas.. kayanya seru dan pastinya nambah wawasan banget niiih.. mau kepoin satu satu aaah

    ReplyDelete
  41. Aku juga ngikutin yang satu persen, bagus-bagus tuh materinya dan mengedukasi memang. Nah yang hujan tanda tanya lucu ya namanya, jadi penasaran isinya apa. Auto meluncur kalo sudah penasaran gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1% emang ciamik channel nya mbak. so good lah untuk tontonan kita supaya tetap waras selama stay at home

      Delete
  42. 2, 4, 8 sudah subscribe dong 😁

    ReplyDelete
  43. aku subscribe tuh Kok Bisa
    soalnya lucu dan menggemaskan
    menjawab pertanyaanku banget

    kalau 1% nih kayak ke psikologi sih, belajar mental, hoho

    ReplyDelete
  44. Wah ada beberapa yang saya baru tahu nih channel YouTube edukasi di list ini. Auto mau kepoin channel kok bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, kak Ge
      channel Kok Bisa itu isinya unik banget loh

      Delete
  45. wah makasih infonya bermanfaat dan beberapa aku juga baru tahu

    ReplyDelete
  46. Wah ternyata banyak ya akun youtube Indonesia yang mengedukasi, aku baru tahu. Terimakasih informasinya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembali kasih, kaka ^^ semoga bermanfaat ya

      Delete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!