Free Bitcoin For You

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM adalah upaya pemerintah dalam menekan laju penularan virus Corona yang lebih tinggi dibanding gelombang pertama.

Corona merupakan penyakit menular yang menganggu sistem pernapasan. Seseorang akan sangat mudah tertular virus ini jika berada dekat atau satu ruangan bersama orang yang terinfeksi Coronavirus.

Untuk melindungi diri dari paparan virus tersebut, sebaiknya segera mempersiapkan diri untuk vaksinasi. Tidak hanya itu, cara menjaga kesehatan paru-paru juga bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan, lho 😀

Menurut para ahli, selain mengandung vitamin, beberapa jenis buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk kinerja Paru.

Nah, berikut 7 macam buah-buahan yang dipercaya ampuh menjaga fungsi dan kebersihan paru-paru 👇

buah untuk penyakit paru-paru

1| PISANG

Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Tidak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu proses pembersihan paru-paru.

Menurut Imperial College of London, rutin mengkonsumsi satu pisang per hari selama satu bulan dapat menurunkan risiko asma pada anak sebesar 34%.

Wah, ternyata selain mengenyangkan, banyak sekali, ya manfaat buah pisang untuk paru-paru.

cara membersihkan paru-paru dari flek

2| ANGGUR

Tidak hanya ungu, buah untuk penyakit paru-paru ini juga ada yang berwarna merah, hijau dan hitam. Selain enak, anggur juga kaya akan vitamin dan mineral.

Kandungan polifenol pada buah anggur berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta penyakit berbahaya lainnya.

Dan menariknya, selain untuk kesehatan organ tubuh, buah anggur juga baik untuk perawatan kulit, lho. Menurut dokter, buah anggur mengandung resveratrol yang sangat berguna guna meningkatkan sensitivitas kulit, mengurangi peradangan serta mencegah penyakit degeneratif.

khasiat buah delima

3| DELIMA

Dalam bahasa Inggris, buah delima dikenal dengan nama Pomegranate. Sedangkan nama ilmiah nya adalah Punica Granatum.

Menurut para ahli, ekstrak buah delima sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis. Saking manjurnya, khasiat buat delima sangat bagus untuk perokok aktif karena asam elegic yang terdapat dalam buah delima dapat membersihkan racun dan sel-sel kanker.

Jadi nggak heran jika buah ini identik sebagai obat untuk menjaga kesehatan paru-paru 😳

salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah

4| BLUEBERRY

Sama hal nya dengan buah anggur, blueberry juga kaya akan vitamin C. Itu mengapa salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan rutin mengkonsumsi buah ini 👌

manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan

5| TOMAT

Tidak hanya blueberry saja yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Ternyata tomat juga, lho 😱 Selain bisa dikonsumsi secara langsung. Tomat juga bisa dijadikan bumbu untuk memasak.

Nah, seperti yang dikutip dari food.detik.com, rajin mengkonsumsi tomat berdampak baik pada kelancaran pernapasan. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam nya, sangat bagus untuk proses pembersihan paru-paru serta penangkal radikal bebas dari efek buruk lingkungan.

Tidak hanya itu, tomat juga mengandung likopen yang baik untuk kesehatan kulit, guys.

cara membersihkan paru-paru dari bakteri

6| NANAS

Nah, buah yang identik dengan penyakit amandel ini bisa dikatakan susah-susah gampang dalam mengupasnya. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka bisa menyebabkan rasa gatal pada lidah. Betul?

Meski demikian, nanas itu punya zat antioksidan yang baik untuk kesehatan paru-paru, lho. Apalagi bagi perokok aktif, kandungan enzim blomerain nya dapat membersihkan paru-paru dari bakteri maupun flek yang disebabkan oleh tumpukan nikotin.

makanan untuk kesehatan paru-paru

7| APEL

Selain mengubah pola hidup dan mengontrol makanan untuk kesehatan paru-paru, mengkonsumsi buah-buahan juga sangat efektif untuk menjaga kinerja dan fungsi Paru.

Selain vitamin A, apel ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dimana dalam beberapa kasus, khasiat vitamin C sebagai antioksidan akan sangat berguna dalam menangkal gejala flu seperti batuk dan pilek.

Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang rutin mengkonsumsi apel akan mengurangi risiko bayi menderita gejala asma.

Wah, wah. Selain enak. Buah apel ternyata juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, ya

***

Bagaimana, sudah tahu, kan cara menjaga kesehatan paru-paru secara alami?

Karena kekebalan tubuh masing-masing orang itu berbeda, ada baiknya kamu juga rajin berjemur, mengobah pola hidup sedenter dan tentu saja, makan makanan yang bergizi agar terhindar dari paparan Coronavirus.

Salah satu nya, bisa dengan rutin mengkonsumsi buah-buah diatas 👆

So, stay healthy and safe, fellas 😇
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

56 comments

  1. alhamdulillah ada buah kesukaanku yang bermanfaat juga buat kesehatan paruparu, yaitu pisang! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi..... sama kak
      banana is my paporit buah-buahan :)

      Delete
  2. ternyata banyak juga ya buah yang bisa bantu menjaga kesehatan paru-paru, gak susah diperoleh pula karena hampir semua dekat bisa didapatkan di toko/pasar buah, kecuali blueberries sih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak
      overall memang buah yang biasa dimakan sehari-hari ya

      Delete
  3. Buah kesenanganku semua. Alhamdulillah. Semoga kita semua sehattt terhindar dari coronavirus

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak juga ya buah buahan yang bisa digunakan untuk support krsehatan paru, apalagi beberapa mudah dan murah didapat di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong
      karena sebenarnya sehat itu murah pak
      yang mahal kalau udah sakit dan butuh berobat >.<

      Delete
  5. Makasih banyak artikelnya bermanfaat banget. Baru tahu kalau buah2an yg disebut dlm artikel bs menyehatkan paru2 kita.

    ReplyDelete
  6. Krusial sekali ya kesehatan si paru-paru ini.. apalagi di masa pandemi seperti ini. Anyway buah yang di mention itu favorit saya semua hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk gak susah dong berari buat ngebiasain diri makan buah ya kak. secara semuanya favorit :)

      Delete
  7. Krusial sekali ya kesehatan si paru-paru ini.. apalagi di masa pandemi seperti ini. Anyway buah yang di mention itu favorit saya semua hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiiih, kebetulan banget ya kak. Jadi gak perlu tricky pilih buah apa yang mau dikonsumsi. soale udah pasti dimakan karena termasuk buah-buahan favorit

      Delete
  8. Wah ternyata nanas juga bisa jaga paru2 kita yah. Tomat dan anggur pun. Kupikir mereka cuma buat jantung. Eh ternyata bagus juga untuk paruparu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak
      beberapa jenis buah-buahan juga bisa untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung

      Delete
  9. Kandungan antioksidan dari aneka buah yang di dalam artikel ini umumnya pada tinggi2 ya mba. Eh tapi pisang ini kandungan kaliumnya yang nyus banget buat tubuh sih,

    ReplyDelete
  10. Semua buah di atas kesukaanku, ternyata sangat bermanfaat utk kesehatan paru-paru. Makasih infonya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain murah dan mengenyangkan, buah-buah pembersih paru-paru ternyata sudah banyak ya di sekitar kita, ya kak

      Delete
  11. menjaga kesehatan paru ternyata dipengaruhi oleh pola makan juga nih, pilihan buah2nya banyakk yang mudah didapat nih. Pisang apalagi...

    ReplyDelete
  12. Jaga kesehatan dengan cara alami makan buah-buahan lebih asik sih menurut daku, karena segar dan enak

    ReplyDelete
  13. Benar ya mbak, buah buahan menjadi obat alami untuk menjaga kesehatan kita, termasuk kesehatan paru paru

    ReplyDelete
  14. buah kesukaanku pisang ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru ya

    ReplyDelete
  15. wah buah-buahan kesukaan saya semua dan ga kelewat tiap harinya. kecuali blueberry karena di tempat saya tinggal sekarang jarang ada

    ReplyDelete
  16. Buah Anggur juga banyak yang bilang, sebab bentuknya menyerupai organ paru-paru, memang sudah hadir dengan isyarat sebagai buah yang baik bagi kesehatan paru.

    Baru tau juga kalau buah Delima baik bagi paru. Taunya buat anti oksidan untuk jaga tubuh biar tetap awet muda. Terima kasih banyak atas informasinya.

    ReplyDelete
  17. Paru paru ini memang saat 8ni menjadi organ tubuh yang sangat harus dijaga ya, aduhh seneng deh baca ini ternyata ada buah buahan yang ada di sekitar kita bagus untuk paru paru kita, setelah ini lebih rajin makan pisang, nanas dan tomat nih 😍

    ReplyDelete
  18. Tomat nih yang paling mudah kutemukan makasih kak tipsnya. Semoga kita sehat semua aamiin

    ReplyDelete
  19. Ya ampun... Aku ke mana aja? Baru tahu buah delima boleh dimakan. Dulu masih kecil, orang bilang buah delima beracun. Jadi mengagumi dari jauh aja merahnya yang menggiurkan. Btw, nice info nih, ternyata banyak buah yang bisa menjaga kesehatan paru-paru kita ya untuk dikonsumsi.

    ReplyDelete
  20. delima sama blueberry ini yang agak susah didapat nih kalau di tempatku. Informasi ini bagus banget apalagi di situasi seperti ini mending membaca artikel yang positif aja ya mbak, hehehe.

    ReplyDelete
  21. Aku pilih tomat dan nanas aja, yang bisa sering dikonsumsi hehe. Menjaga kesehatan dari sumber aslinya insya Allah lebih bagus untuk tubuh.

    ReplyDelete
  22. Welehdeleehh, baru tauuu kalo buah2an manfaat banget utk paruparu
    asik asiikk
    apalagi aku sukaakkk pisang cavendish nih, Mom :D

    ReplyDelete
  23. wah, baru aja saya menulis tentang konsuumsi 1 buah pisang bisa meningkatkan imunitas

    penting banget di masa pandemi ini

    ternyata pisang juga bisa mengurangi risiko asma pada anak sebesar 34%.

    jadi tambah semangat beli pisang untuk keponakan2 saya :)

    ReplyDelete
  24. Semuanya buah-buahan yang disebutkan enaaak semua. Sekarang ini hidupku juga lagi coba dibenerin, Mbak. Harus makan buah setiap hari, minimal pisang deh yang memang gampang ditemukan dan harganya terjangkau. Memang beda sih, kalau pola hidup sehat tuh di badan terasa lebih segar gitu, ya.

    ReplyDelete
  25. Konsumsi buah bagus ya untuk kesehatan paru-paru, senantiasa menjaga kesehatan bentuk kepedulian

    ReplyDelete
  26. Konsumsi buah bagus ya untuk kesehatan paru-paru, senantiasa menjaga kesehatan bentuk kepedulian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kak
      udah enak, murah, ternyata juga baik untuk tubuh

      Delete
  27. Wah, semuanya buah favorite aku tuh. Ternyata menjaga kesehatan paru itu mudah juga, cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat, terutama kesepuluh buah itu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong,
      karena kalau masih sehat itu murah
      nah, kalau udah sakit baru mahal berobatnya >.<

      Delete
  28. Bahagia juga ya kita tinggal di negara tropis yang buah-buahannya melimpah beraneka warna sehingga kaya anti oksidan

    Kalau kita tinggal di negara tetangga aja,
    buah buahannya ..... et dah muaaahaaaaalllll pake banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya, mbak
      harus banyak bersyukur karena cara menjaga kesehatan paru-paru ternyata bisa dilakukan secara sederhana dan muraaaaaah

      Delete
  29. Ternyata buah-buahan lokal pun bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan, apalagi sekarang masih pandemi. Anggur, pisang, tomat, apel, blue berry ternyata bisa menjaga kesehatan paru secara alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong,
      selain enak ternyata kaya manfaat juga ya kak
      insyallah kalau dikonsumsi secara rutin, pasti keliahatan khasiatnya

      Delete
  30. Anggur itu favorit saya loh,suka banget mengkonsumsinya. Masa pandemi gini memang harus banget lah menjaga kesehatan ya apalagi paru-paru agar lebih nyaman bernafas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain jaga kesehatan, tetap atur pola makan dan gaya hidup ya kak
      eh, proses jangan sampai kendor loh ^^

      Delete
  31. ternyata yaa buah-buah itu tuh bagus buat kesehatan paru yaaa, untung semuanya aku suka tuh hahahhaha, apalagi di masa pandemi kan, penting utk jaga kesehatan paru kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga kesehatan, jaga imun, dan perkuat iman ya kak
      stay safe pokoknya ^^

      Delete
  32. Alhamdulillah ya mbak, banyak sekali buah buahan yang bisa membantu kita menjaga kesehatan paru paru.
    cara alami tentu lebih baik ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara alami memang lebih baik mbak, cuma lama

      Delete
  33. Terima kasih sharingnya, seru banget ini kalau buah-buahan akan sangat membantu untuk kesehatan tubuh ya

    ReplyDelete
  34. Dari ketujuh buah ini yang agak susah dicari delima. Dulu di rumah Mbah Buyut ada, sekarang nggak tau masih ada apa nggak. Kalau ke sana lagi mau ambil bibitnya ah buat ditanam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, ide bagus tuh kak
      nanti bagi bibitnya ya hehehe

      Delete
  35. Masyaallah ya Mbak, ternyata menjaga kesehatan paru-paru itu bisa dengan buah-buahan yang banyak sekali di sekitar kita dan terjangkau ya. Nice share Mba Nia... makasih

    ReplyDelete
  36. wah buah buahannya yang sehari hari kita makan mengandung vitamin yang byk jadi semakin semangat makan buah kecuali delima dan bluberri harganya mahal

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!