Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Berbagi Pengalaman Mengasah Potensi Anak Down Syndrome

Cara Mengasah Kemampuan Anak Down Syndrome

Down Syndrome adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh pembelahan tambahan kromoson 21. Beberapa ciri yang menyertai biasanya berupa bentuk wajah yang khas, keterlambatan perkembangan, cacat intelektual, tonus otot lemah dan bisa juga terkait dengan tiroid atau penyakit jantung.

Anak dengan sindrom down juga identik dengan IQ dibawah 50. Itu sebabnya mereka sering kali dipandang sebelah mata oleh banyak "manusia."

Padahal, meski memiliki IQ rendah, para penyandang sindrom down juga bisa menjadi anak yang berprestasi. Terlebih jika diarahkan dengan baik dan tepat, kelebihan anak down syndrome bisa melampaui anak yang terlahir normal.

Misalnya, Nia.

Dari kecil, Nia takut sekali pada suara yang menggelegar dan keras seperti suara petir, sound system atau speaker.

Walau sulit dan perlu adaptasi lama, perlahan Nia mulai berani menikmati musik dengan suara kencang. Dia mulai bisa kalem dan nggak lagi cranky.

Awalnya memang susah, bahkan kadang, Nia sampai ketakutan mendengar suara ribut-ribut. Sampai sekarang pun, Nia masih belum berani betul jika ada gerombolan pengamen di depan rumah. Meski suara yang dihasilkan dari petikan gitar atau alat musik tidak se-membahana suara petir, namun suara berisik yang ditimbulkan oleh banyak orang membuat Nia risih. Itu sebabnya dia selalu kabur jika mendengar suara pengamen dari kejauhan 😔

Lalu, bagaimana cara mengetahui dan mengasah bakat anak dengan sindrom down?

Menurut ketua POTADS (Persatuan Orang Tua dengan Anak Down Syndrome), Sri Handayani. Biarkan anak mengalami seleksi alami. Kenalkan anak dengan banyak aktivitas untuk menemukan potensinya. Nanti, dia sendiri yang akan memilih, mana kegiatan untuk anak down syndrome yang tidak disuka, dan mana yang disuka.

Thats right!

Itu pula yang dialami oleh Nia.

Setelah nyaman dengan suara keras, perlahan Nia mulai menunjukkan bakatnya. Dia gemar sekali menyanyi dan menari. Ya... walaupun masih menyanyi menggunakan "bahasa planet," tapi sebagai seorang kakak, saya bangga sekali karena Nia mulai berani mengeksplor kemampuannya.

Setelah dikenalkan dengan bunyi-bunyian dan diberi pengertian, Nia akhirnya paham, bahwa yang dia takutkan ternyata tidak ada. Elusan dipunggung dan pelukan hangat yang dia terima ketika merasa terancam sangat membantu dalam proses pembelajaran.

Kini, Nia pun pandai berlenggok-lenggok di atas red carpet, menunjukkan betapa cantik riasannya, memamerkan betapa indah gaunnya, melambaikan tangan pada semua pentonton lalu memaksa turut bernyanyi bersama pengisi acara di panggung 😅

Yups, Nia adalah peserta langganan fashion show yang diadakan oleh sekolah dan beberapa pihak terkait.

Sejak saat itu pula, Nia jadi hobi berjalan di atas catwalk.


Fashion Show Anak Down Syndrome

Secara sederhana, cara mengetahui dan mengasah potensi anak down syndrome bisa dimulai dengan menerapkan langkah-langkah berikut:

  1. Kenalkan anak dengan berbagai aktivitas
  2. Ciptakan lingkungan yang nyaman
  3. Limpahi dengan sabar dan kasih sayang
  4. Jangan memaksakan kehendak
  5. Tahan emosi
  6. Bantu anak menemukan passion nya
  7. Dampingi anak dalam proses belajar
  8. Ulangi kegiatan rutin setiap hari

Setelah menunjukkan tanda-tanda ketertarikan terhadap sesuatu, tugas orangtua selanjutnya adalah mengarahkan si anak untuk mengasah bakatnya.

Tidak perlu takut atau khawatir membawa anak bertemu banyak orang. Bisa jadi, berada di tengah keramaian akan melatih interaksi sosialnya.

Satu hal yang perlu diingat, lakukan kesukaan anak down syndrome secara berulang. Jangan hanya sekali langsung menyerah kemudian selesai.

Sebab sukses itu tidak instan, butuh proses. Begitu pula dengan cara mengasah kemampuan anak down syndrome.

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. memang perlu kesabaran ya, aku juga ngajar cooking class dengan anak2 DS

    BalasHapus
  2. Mempunyai anak berkebutuhan khusus memang dibutuhkan bangeeeet kesabaran seluas samudra. Aku salut dengan ibu/Kaka yang sabar sekali mengajari anak/adeknya yang berkebutuhan khusus.

    Aku percaya dengan ketekunan untuk mengajari mereka, anak2 DS ini bisa berprestasi nantinya. Toh udah banyak banget anak2 DS yang terbukti pintar, seperti Stephanie Handojo, jago piano dan renang. Itu semua berkat kesabaran dan didikan dari keluarga pastinya.

    Semangat trus ya mba.. semoga Nia nantinya semakin bisa mandiri dan trus berprestasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.
      Terima kasih atas dukungan dan sharingnya, mbak Fanny :)

      Hapus

Posting Komentar

Stay Update!