Free Bitcoin For You

7 Kreasi Bekal Sekolah Selain Nasi, So Yummy

bekal sekolah selain nasi

Wacana sekolah tatap muka yang sekilas membawa angin segar bagi para siswa dan orangtua beberapa waktu lalu ternyata berakhir kecewa. Mengingat kondisi yang belum kondusif, alternatif terbaik supaya anak tetap mendapat pembelajaran adalah dengan sekolah online.

Walau beberapa sekolah ada yang menerapkan sistem hybrid school alias 50% PJJ dan 50% PTM. Namun para orangtua terutama bunda-bunda pesimis anak-anak akan segera kembali ke sekolah meski harus diikuti dengan berbagai kebiasaan baru. Tidak apa. Toh di sekolah tidak lebih dari 3 jam -begitu menurut surat edaran dari Kemdikbud.

Maka dari itu, untuk mengurasi rasa khawatir saat sekolah tatap muka benar-benar dimulai, bunda bisa menyiapkan menu bekal sekolah selain nasi mulai dari sekarang.

Dengan begitu, anak tidak akan jajan sembarangan selama berada di sekolah. Tentu saja para guru dan dewan komite akan setuju mengenai ide bahwasannya anak harus membawa bekal, minum dan segala perlengkapan sekolah secara individu guna mengurangi risiko penularan Coronavirus.

Nah, berikut adalah daftar menu bekal anak sekolah sebulan yang bisa bunda kreasikan supaya anak lahap dan tidak bosan 🤗

Selamat mencoba... yummy 🍝

🍴 ANEKA OLAHAN TELUR UNTUK BEKAL SEKOLAH

olahan telur untuk bekal sekolah
Telur gulung by IDN Times

Sebagai bagian penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi sehari-hari, bunda harus menyiapkan bekal yang sehat juga lezat untuk anak.

Telur merupakan sumber kolesterol baik yang berguna untuk pembentukan sel darah merah sekaligus kesehatan jantung.

Oleh karena itu, aneka olahan telur untuk bekal sekolah anak sangat disarankan, bun. Misalnya, nih:

  1. Bihun goreng telur puyuh
  2. Telur gulung
  3. Roti dan telur
  4. Omelet pizza
  5. Telur dadar kentang

🍴 ANEKA OLAHAN SOSIS UNTUK BEKAL ANAK

olahan sosis untuk bekal anak
Sosis goreng tepung by Tribunnews

Biasanya, anak-anak akan lahap jika menu bekal adalah makanan favoritnya. Supaya tidak bosan, bunda bisa, ho meciptakan makanan berbahan dasar dari olahan sosis untuk bekal anak.

Selain merupakan sumber protein yang dapat membantu proses tumbuh kembang anak, sosis juga salah satu jenis frozen food yang bisa digunakan dalam waktu lama. Sehingga bunda bisa menyiapkan daftar menu bekal anak sekolah sebulan tanpa khawatir kadaluwarsa.

Apa saja makanan yang terbuat dari sosis, bunda bisa coba beberapa menu berikut ini, ya:

  1. Sosis mi
  2. Sostel (sosis telur)
  3. Roti gulung sosis
  4. Martabak sosis
  5. Sosis saus tiram
  6. Sosis goreng asam manis
  7. Sosis goreng tepung

Untuk menu nomor 7,  saya cukup sering menyajikannya sebagai lauk pelengkap anak ketika sedang bosan atau rewel.

Menggunakan menu berbahan dasar favoritnya, pasti, deh anak merasa tertarik. Dan automatis, nafsu makannya kembali 😉

🍴 ANEKA RESEP BEKAL SEKOLAH DARI TAHU

resep bekal sekolah dari tahu
Tahu bulat krispi by Cook and Recipe

Tidak hanya karena mudah diolah dan harganya murah, tahu mengandung zat besi dan asam amino yang baik untuk pertumbuhan anak.

Selain itu, kreasi bekal sekolah selain nasi dari bahan dasar tahu ternyata cukup beragam, lho bun:

  1. Bakwan tahu
  2. Rolade tahun
  3. Tahu bulat krispi
  4. Tumis tahu saus tiram
  5. Sup tahu putih

🍴 ANEKA RESEP SAYURAN UNTUK ANAK SEKOLAH

resep sayuran untuk anak sekolah
Olahan bayam by Pixabay

 

Bagi anak, sayuran adalah musuh terbesar mereka. Padahal sayuran hijau itu bangus banget, lho untuk sistem pencernaan, menjaga bakteri baik dalam tubuh sekaligus menyerap tambahan air dalam usus.

Supaya kebutuhan serat anak tetap terpenuhi, bunda bisa mengolah aneka jenis sayuran menjadi bekal sekolah yang anti mainstream.

Dicampur beberapa bahan lainnya yang juga penting dan dibutuhkan bagi pertumbuhan anak, bunda bisa mencoba beberapa resep sayuran untuk anak sekolah dari internet, resep orangtua (tradisional) maupun percobaan sendiri.

Kebetulan sedang PPKM, kan? Bisa nih waktunya digunakan untuk ekserimen membuat olahan dari sayur supaya anak doyan makan.

Berikut macam-macam sayuran dan manfaatnya yang bisa digunakan untuk membuat bekal sekolah:

  1. Bayam - melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan menanggulangi anemia
  2. Buncis - menurunkan tekanan darah, mengendalikan, diabetes melitus dan melancarkan pencernaan
  3. Brokoli - anti oksidan untuk penyakit kanker dan mampu meningkatkan fungsi saraf 
  4. Jagung - bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, tulang dan mata serta dapat mengobati penyakit jantung
  5. Pare - dapat mengobati sariawan, mengatasi kadar kolesterol dan menangani gejala demam
  6. Sawi hijau - sebagai anti inflamasi, anti virus serta pengobatan asam urat
  7. Selada - mengatasi infeksi sekaligus melancarkan pencernaan, bagus untuk kecantikan dan dapat meningkatkan fungsi saraf

🍴 ANEKA RESEP OLAHAN AYAM UNTUK BEKAL ANAK SEKOLAH

resep olahan ayam untuk bekal anak sekolah
Chicken wings by Pixabay

Ayam menjadi bahan dasar utama dari beragam jenis masakan. Tidak terkecuali untuk variasi bekal anak sekolah.

Untuk mensiasati resep olahan ayam untuk bekal anak sekolah supaya tidak bosan, bunda bisa mencoba beberapa menu di bawah ini sebagai acuan.

Semoga anak suka, ya 🐓

  1. Ayam paprika teriyaki
  2. ayam goreng tepung
  3. Kentucky ayam
  4. Bubur ayam oatmeal
  5. Chicken wings
  6. Sup ayam bakso
  7. Chicken katsu

🍴 BUAH-BUAHAN 

kumpulan resep bekal makan siang anak
Buah potong by Pixabay

Bun, selain camilan, makanan cepat saji dan aneka olahan ayam maupun sayuran, buah juga bisa banget, lho dijadikan menu bekal sekolah selain nasi 👌

Selain menyehatan, buah-buahan segar baik dikonsumsi setiap hari. Baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Nah, agar buah tetap segar selama dalam wadah, maka bunda harus memerhatikan cara memotong dan menyimpannya dalam tempat bekal, ya.

Pastikan menggunakan pisau yang tajam. Kemudian masukkan buah yang sudah dicuci bersih kedalam  plastik berbeda. Jangan dikumpulkan jadi satu. Setelah itu, bekukan deh di freezer.

***

Itulah kumpulan resep bekal makan siang anak yang bisa bunda coba jika nanti anak sudah memulai pembelajaran tatap muka.

Mudah, kok. Hanya perlu menyesesuaikan dengan kesukaan sekaligus bahan yang ada di rumah saja.

Well, meskipun selama pandemi sistem pembelajarn melalui jaringan, tetap semangat mendampingi putra putri ya bun. Semoga kondisi segera pulih sehingga anak-anak bisa kembali ke sekolah dengan sehat, aman serta ceria 🎒

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

36 comments

  1. aku paling suka tahu bulat dan telung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe
      selain simple, juga mudah bikinnya ya kak ^^

      Delete
  2. Pas baca judul, aku langsung mikirnya mie. Ternyata banyak yg lebih sehat, ya, Kak.

    ReplyDelete
  3. Paling sering bikin sostel kalau aku mbak, soalnya anakku suka banget dengan camilan satu ini...eh kadang juga jadi lauk sih...hehehe

    ReplyDelete
  4. Bisa banget nih aku jadiin referensi kalo pusing mau bikinin sarapan apa untuk para krucils. Biasanya sih roti telur Ama keju, ATO Tamago. Terlebih selama pandemi ini yg mana mereka ga kluar, tp jajanan rumahnya meningkat, dan hrs pinter2 cari ide lain buat snackingnya :D

    ReplyDelete
  5. Uwwhh, jadi kangen sekolah.. kangen bikinin anak-anak bekal (padahal nggak jauh-jauh dari telur dan rumput laut, hihi)

    ReplyDelete
  6. keren, Mbak Nia. Kalau begini kan, dijamin anak-anak tidak akan bosan dengan bekalnya. Apalagi ini bagus karena buatan sendiri. Jadi kita tenang, karena apa yang dikonsumsi anak-anak dari bahan sehat dna diolah sendiri.

    ReplyDelete
  7. Enak-enak bekalnya. Sayangnya anakku baru umur 3 bulan. Hehe
    Nunggu 3 tahun lagi baru bisa buatin bekal sekolah anak..

    ReplyDelete
  8. Kalau anak saya agak susah bawa bekal banyak jenis alasannya tidak suka. Tadi pagi saja ke sekolah bawa bekalnya minta mie dan telor. Saya siapkan plus susu. Eh semuanya dibawa pulang lagi. Alasannya ga ada waktu istirahat. Tapi bener sih yang jajan aja utuh. Hehehe ...
    Aneka bekal ini saya catat siapa tahu anak saya juga suka dan mau kalau lihat gambarnya yang emang menggiurkan ya

    ReplyDelete
  9. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 7, 2021 at 3:51 PM

    Nah ini yang saya butuhkan. Bahan dan cara bikinnya simpel ya, mba.. Anak-anak pasti suka nih..

    ReplyDelete
  10. klo anakku memang paling g suka bekal nasi mbak
    jadi selalu non nasi, makasih sudah nulis ini, bisa jadi inspirasi saya nih

    ReplyDelete
  11. Kalau saya ngasih bekal anak selain nasi palingan roti. Simpel dan praktis, anak-anak juga suka. hehehe

    ReplyDelete
  12. noted niih ide bekal sekolahnya.
    anakku sukanya telur, sekarang suka tahu juga sih, kalau ayam mah gak nolak juga.
    syukurnya suka sayur juga, buah nih masih PR buat si Kakak.

    ReplyDelete
  13. Abis baca ini langsung berasa kangen bikinin bekal sekolah anak.. hihi. Sosis gulung mi yg biasanya kubikin. Tapi ini sosis goreng tepung lucu juga nih.. ngga kepikiran.. hihi

    ReplyDelete
  14. Duh jadi laper baca ini siang-siang gini. Telur gulung adalah cemilan favorit anakku yang kelas 4 SD ni kak... Kalau chicken wing, favorit semua nih 😄

    ReplyDelete
  15. kalau dibekalin ginian dulu sama emak, pasti semangat belajarnya hehehe

    ReplyDelete
  16. Bikin bekel sejak usia dini penting banget sih, jadi ketika besar sudah terbiasa bawa bekal dan bisa menghemat pengeluaran. Apalagi bekalnya mirip dengan jajanan di jalan, tapi dengan olahan yang lebih enak dan sehat.

    ReplyDelete
  17. Pengen banget punya bekel makan siang yang simpel tapi juga visualnya cantik.
    Menarik nih buat dicoba utk bekal makan siangku sendiri, hehhe

    ReplyDelete
  18. Wah bekal sekolah. Jadi ingat kalau sudah lama banget nggak nyiapin bekal sekolah anak. Biasnaya pagi-pagi atau sebelum tidur ribut nanyain mau bekal apa mereka nantinya. Sip, ini bisa jadi alternatif nanti klo anak sudha mulai sekolah lagi.

    ReplyDelete
  19. wah seru niy bisa jadi rekomendasi saya pas buatin menu buat keponakan-keponakan saya kalau pas pulang

    ReplyDelete
  20. Wah banyak banget yaa ternyata olahan bekal sekolah dan juga kreasi bagus

    ReplyDelete
  21. Anakku suka sama sosis, tapi aku kurang kreatif untuk dibikin macam-macam jenis. Heu heu. Ternyata ini simple banget ya kak.

    ReplyDelete
  22. anakku sukanya nasi, biar kenyang katanya. Tapi kalau terpaksa kadang aku bawain roti tapi itu duluuu...sekarang dah lama gak bikin bekal, semoga anak anak cepat sekolah kembali ya....

    ReplyDelete
  23. Lengkap ya mbak banyak jalan menuju bekal sekolah yang enak. Ga harus nasi tentunya. Dulu sebelum corona, anakku ikut katering sekolah dan menunya aku tahu kalau kreatif. Ada spageti, burger, kentang goreng, ayam fillet crispy, dan selalu ada sayur, buah, puding plus susu juga. Jadi lengkap aku ga khawatir anak kurang nutrisi

    ReplyDelete
  24. Bisa dicontek nih menu untuk bekal sekolah. Tp saat ini blm sklh off line msh daring jd noted kusimpan datanya ya mba...makasih

    ReplyDelete
  25. Aku liat telur gulung ini jadi ingat masa sekolah SD ka haha, selalu nunggu antri buat bisa beli ini telur. Sekarang yaa untuk bekal serba unik, jadi anakpun tidak bosan karena menu yng berbeda setiap harinya

    ReplyDelete
  26. Telung gulung ini mengingatkan aku pada masa SD kaa hehe, sekarang ya banyak bngt menu bekal untuk anak, setiap hari beda-beda

    ReplyDelete
  27. wah ngileeeer. kalau suami dibekelin gini cocok juga gak kak? *gaya banget nanyanya nikah juga belum* 🤣

    ReplyDelete
  28. Jadi kangen jaman masih nyiapin bekal anak sekolah tiap pagi... selama pandemi anak-anak gak sekolah offline jadi camilannya buat dimakan di rumah aja...

    ReplyDelete
  29. Sekarang itu menu bekal buat anak beraneka ragam yaa ka, tidak melulu nasi. Eh itunada telur gulung, aku jadi nostalgia pada waktu SD hihi

    ReplyDelete
  30. Artha Nugraha JonarAugust 8, 2021 at 11:11 PM

    Wah jadi kangen nyiapin bekal buat anak ke sekolah. Biasanya pagi-pagi bangun salah satunya untuk menyiapkan bekal anak. Tapi sudah lebih dari setahun gak pernah lagi melakukan aktifitas ini.

    ReplyDelete
  31. waduh itu menu menunya kesukaan saya nih hehehe
    anak sya juga suka
    tapi dia ini maunya makanan itu yg fresh
    jadi harus dimasak saat mau makan
    makanya klu dibekali kadang ga dimakan katanya udah ga panas lah
    tapi di sekolah ada katering jg sih

    ReplyDelete
  32. Boleh juga nih ide bekalnya . Anak-anak saya masih belum masuk usia sekolah tapi bisa kali ya dibuatkan untuk bekal suami juga hehe

    ReplyDelete
  33. wah kalau gini anak suka, tapi kita yang harus menyisihkan waktu lama buat bikin bekalnya

    ReplyDelete
  34. telur gulung jajanan paling praktis juga untuk dibuat.
    kalau aku seringnya beli jadi, kadang kalau pas pengen,pulang kantor tinggal mampir
    sayuran aku agak kurang suka sebenernyaa, aku juga bingung :D
    kalau anak anak kudu dibiasakan makan semua jenis makanan kayaknya ya, biar gedenya ga pilih pilih juga

    ReplyDelete
  35. wah menggugah selera semuanya mbak
    apalagi olahan tahu aku suka banget
    dibuat apapun tahu itu enak
    apalagi dibuat bola bola tahu

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!