Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

5 Resep Sederhana Untuk Bekal Anak Sekolah, Dijamin Suka

 Bekal sekolah sederhana

Menyambut sekolah tatap muka yang rencananya akan dimulai pada Januari 2021 atau semester genap nanti, berbagai persiapan dilakukan oleh seluruh instanti terkait. Para orangtua pun mulai menata kebiasaan baru anak sebagai langkah persiapan kembali ke sekolah. Misalnya dengan mewajibkan anak untuk membawa bekal sekolah sederhana.

Hal ini merupakan bentuk antisipasi terhadap penularan Coronavirus yang masih meluas. Dengan membuat sendiri bekal makan siang anak sekolah, diharapkan anak tetap bisa menikmati makanan yang bersih dan higienis.

Bukan menilai rendah fasilitas catering atau jajajan yang disediakan oleh pihak sekolah, namun lebih menghindari wabah Covid-19 yang belum juga mereda. Para orangtua, khususnya ibu akan sangat lega jika makanan anak-anak selama berada di sekolah tetap terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Akan tetapi, agar anak tidak bosan dan selalu tertarik dengan bekal yang dibawa dari rumah, ada baiknya ibu membuat daftar menu bekal sekolah seminggu supaya tidak kebingungan ketika bikin bekal sekolah sederhana setiap harinya.

Nah, berikut ada daftar menu bekal anak sekolah yang bisa Ibu coba kreasikan di rumah, ya. Semoga bermanfaat 😉😉😉

 

🍴 ORAK ARIK TELUR SOSIS

Olahan sosis untuk bekal anak
Image by Leemonilo.com

Menu paling sederhana favorit semua anak. Sosis!

Sekalipun dijadikan menu bekal sekolah seminggu, frozen food ini tetapmenngugah selera. bisa dilah menjadi apa saja. Salah satu nya ditumis bersama telur menjadi orak-arik.

Bahan:

  1. 4 buah sosis
  2. 2 butir telur
  3. Sawi
  4. Worter

Bumbu:

  1. 4 siung bawah merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. Lada bubuk
  4. Kecap asin
  5. Kecap manis
  6. Garam

Cara membuat:

  1. Potong sosis, wortel dan sawi sesuai selera
  2. Tumis irisan barang merah dan bawang putih
  3. Orak-arik telur bersama bumbu
  4. Kemudian masukkan sosis dan tumis hingga matang
  5. Setelah itu, masukkan wortel dan sawi
  6. Beri saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada bubuk dan garam (bisa diganti dengan penyedap rasa merk apa saja)
  7. Aduk rata lalu tunggu hingga matang

Bagaimana, mudah bukan membuat olahan sosis untuk bekal anak. Ibu bisa mencobanya dihari pertama masuk sekolha, ya. Biar nggak ribet 😄

 

🍴 SUSHI TELUR DADAR

Resep bekal sekolah dari telur
Image by Leemonilo

Menu bekal makan siang anak sekolah sebulan berikutnya ada Susi Telur Dadar. Sama halnya dengan orak-arik sosis telur, resep bekal sekolah dari telur ini juga tergolong simple dan praktis. Ibu bisa mengkreasikan aneka olahan telur menjadi bekal sederhana untuk anak sekolah.

Selain mudah dalam membuatnya, bahannya pun tidak sulit dicari. Saya yakin, setiap hari, stok telur di kulkas tidak pernah kosong, kan?

Bahan kulit:

  1. 1 butir telur
  2. 1 sendok makan tepung bumbu (sesuaikan saja dengan bahan yang biasa Ibu gunakan, ya)
  3. Garam dan air secukupnya

Bahan isi:

  1. Siapkan satu centong nasi hangat
  2. Sosis goreng
  3. Sayuran, daging, fillet ayam (sesuai selera)
  4. Daun seledri untuk hiasan

Cara membuat bekal sekolah sederhana:

  1. Membuat kulit susi telur dadar sama dengan membuat telur dadar pada umumnya. Campur semua bahan kulit sesuai daftar diatas. Tapi agar telur bisa digulung dengan rapi, goreng tipis pada teflon, ya Bu
  2. Setelah itu, kepal padat nasi hangat. Letakkan diatas telur dadar yang ditiriskan. Tata bahan isi diatas nasi
  3. Jika sudah, gulung lalu potong-potong menyerupai sushi.
  4. Supaya lebih menarik dan anak tidak bosan, tambahkann hiasan daun seledri pada sushi
  5. Selesai 😉

 

🍴 PANDA BENTO BOX

 

Gambar bekal sekolah
Image by Youtube My Toy Village

Bento adalah kreasi bekal anak sekolah berupa nasi beserta lauk-pauk yang ditata kedalam sebuah wadah. Tidak hanya anak-anak, bento box biasanya juga dinikmati oleh orang dewasa sebagai bekal makan siang atau bekal sarapan yang bisa dimakan dimana saja.

Walau perlu imajinasi dan ketelatenan dalam membuatnya, bekal yang disusun dengan bentuk lucu bisa membuat anak penasaran kemudian tak sabar untuk mencobanya, lho Bu.

Berikut resep dan cara membuat bento sederhana untuk bekal anak sekolah. Selamat mencoba 🤗

Bahan:

  1. Nasi putih secukupnya
  2. Nori (rumput laut kering)
  3. Kentang
  4. Sosis goreng secukupnya
  5. Daun selada, brokoli dan tomat juga secukupnya

Cara membuat hiasan bento box:

  1. Potong sosis sesuai keinginan, bisa berbentuk bunga atau apa saja lalu goreng
  2. Potong kentang menjadi empat bagian kemudian goreng sampai matang
  3. Cuci bersih tomat, daun selada dan brokoli

Cara membuat bento:

  1. Gunakan sarung tangan berupa plastik bening agar nasi tidak lengket pada tangan
  2. Ambil nasi secukupnya kemudian kepal menyerupai kepala
  3. Jangan lupa juga membuat bulatan nasi kecil sebagai telinga
  4. Hias bento sesuai selera. Bisa berbentuk hewan, atau apa saja yang penting menarik. Ibu juga bisa mencontoh gambar bekal sekolah diatas yang mirip kepala panda 🐼

 

🍴 NASI GORENG SELIMUT

Bekal anak sekolah sebulan
Image by Tandaseru.id

Nasi goreng menjadi makanan favorit sebagian orang. Walau sudah dingin, nasi goreng tetap punya cita rasa yang khas apalagi jika disajikan dengan menarik. Seperti nasi goreng berbalut telur dadar ini, misalnya 😍

Nasi goreng selimut bisa jadi pilihan menu bekal anak sekolah sebulan, lho. Entah untuk bekal makan siang atau hanya sebagai menu sarapan anak simple.

Bahan:

  1. Nasi putih secukupnya
  2. Ayam suwir
  3. 2 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. Kacang polong
  6. 1 butir telur
  7. 1 buah sosis
  8. Kecam
  9. Garam
  10. Merica
  11. Saus tomat
  12. Dan sayuran, bisa wortel, mentimun atau sawi

Cara membuat nasi goreng selimut:

  1. Panaskan minyak pada wajan lalu tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang hingga harum
  2. Masukkan suwiran kacang polong dan wortel
  3. Setelah agak matang, baru tuang nasi kedalam wajan
  4. Tambahkan kecap, saus tomat serta kecap asin
  5. Aduk rata
  6. Buat dadar telur pada wajan berbeda, setelah matang, angkat lalu tiriskan
  7. Kini, Ibu bisa menghias nasi goreng dengan membungkusnya menggunakan telur dadar tadi
  8. Taraaaa... nasi goreng selimut siap dibawa ke sekolah 😊

 

🍴 OMELET MACARONI

 
Bekal anak TK selain nasi
Image by k24klik

Jika anak tidak pernah membawa bekal sebelumnya, pastilah akan ada sedikit drama ataupun paksaan ketika Ibu akan membawakan bekal anak sekolah.

Maksud hati ingin menjamin kesehatan si anak, malah dibalas dengan berbagai alasan berujung penolakan.

"Duh, padahal virusnya belum pergi. Nanti kalau ketularan lewat alat masak, makanan atau jajanan bagaimana?"

Tenang, bu!

Untutk mengatasinya, Ibu bisa mengganti dengan bekal anak selain nasi. Meski hanya dengan menu sederhana, pastikan juga bisa mengenyangkan, ya.

Nah, Omelet Macaroni ini bisa jadi solusinya 😌 

Bahan:

  1. 100 gram macaroni
  2. 100 ml susu cair
  3. 2 sdm margarin
  4. 4 butir telur
  5. 1/2 bawang bombai
  6. 5 lembar daging asap
  7. 1/4 paprika merah dan hijau
  8. Garam
  9. Merica

Cara membuat bekal anak sekolah sederhana:

  1. Cincang bawang bombai kemudian tumis hingga harum
  2. Masukkan daging asap, aduk rata lalu tiriskan
  3. Masih menggunakan sisa margarin, kocok telur, susu cair, merica dan garam. Setelah itu, masukkan tumis daging dan bawang bombai kedalam kocokan telur tadi.
  4. Goreng sampai kecoklatan
  5. Setelah matang, angkat lalu potong menjadi beberapa bagian

 

***

Bagaimana, Bu?

Sudah menemukan ide kreasi bekal sekolah sederhana?

Kalau belum, Ibu bisa meniru salah satu menu makanan anak sekolah dan resepnya diatas guna dijadikan referensi.

Walau membuatnya perlu kreatifitas dan ketelatenan, membawa bekal ke sekolah nyatanya punya segudang manfaat, lho.

Menghindarkan anak dari  pemicu alergi, kebutuhan gizi serta nutrisi anak tercukupi. Dan pasti, kesehatan serta kebersihan makannnya juga terjamin.

Jadi, agar anak siap menyambut sekolah tatap muka 2021 dan tetap terhindar dari penularan virus Corona, jangan lupa melengkapi starter pack new normal sesuai protokol kesehatan serta membawakannya bekal, ya Bu 😇

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

48 comments

  1. Resepnya simpel, sederhana, buatnya juga gampang.
    Tak rekomendasikan nanti ke istriku, makasih sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Cakep cakep bund, bekal anak ke sekolah. Aku tambah khawatir nih kalau jadi kita masuk seperti biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar kekhawatirananya berkurang, dibawain bekal aja mbak. biar lebih aman :)

      Delete
  3. Saya paling sering nih buatkan orak-arik telur karena buatnya simple dan cepat, hehehe. Tapi bawa makannya sih biasanya ditambah roti juga karena anak saya gak suka jajan di sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. resep termudah sepanjang masa ya pak. tinggal sreng-sreng aja udah jadi hahaha

      Delete
  4. Andai dulu aku saat mau sekolah di bekalin kaya gini auto seneng wkwk
    Tapi gapapa deh, buat bekal anakku aja kelak kalo dah berumahtangga wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... beda zaman beda pula kebiasaan ya mbak.
      tapi dari pada sedih, mending gantian mbak nya yang bawain bekal sederhana untuk anak sekolah

      Delete
  5. Omelet makaroninya menggoda deh untuk dicoba. Di rumah udah engga ada yg sekolah sih. Tapi cocok aja buat variasi menu, biar engga itu-itu lagi. Mo bikin ah Omelet Makaroni buat sarapan besok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa untuk menu makan siang atau sarapan kok mbak.
      kalo makan malam sih opsional, tergantung jadwal :) hehe

      Delete
  6. Saya sebagai ibu bekerja pun memilih bawa makanan sendiri dari rumah. Karena itu sebaiknya saya juga mau sedikit repot bikin bekal untuk anak. Makasih sharing resepnya, lumayan mudah dipraktekkan

    ReplyDelete
  7. Jika memang jadi tatap muka, kantin sekolah belum boleh buka sih. Nah, solusinya adalah anak. Membawa bekalnya sendiri.

    Ide ini bisa banget buat selang-seling biar enggak bosen.

    Tapi, saya berharapnya sih tatap muka kalau sudah benar-benar aman saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, malah dari kapan hari udah ada pemberitahuan kalau misal jadi masuk sekolah, dihimbau untuk bawa bekal dari rumah

      Delete
  8. wah iya bener bener resep praktis, cara buatnya juga mudah
    cocok buat bekal

    ReplyDelete
  9. Pas buat bekal sekolah dari senin sampai jumat. Tapi bisa jadi sekolahnya nggak setiap hari kan ya? Hehehe

    ReplyDelete
  10. Ini semua menu kesukaan anak saya mbak. Tapi saya kurang kreatif bentuk-bentuknya. Hehehe... Makasih mbak resepnya. Bervariatif sekali 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli cetakan aja mbak. biar lebih gampang dan cepat

      Delete
  11. Kalau melihat panda bento box, bawaannya cuma foto dan diupload kalo aku mba... ngga tega makan, lha imut banget :D

    Oh iya, kalau kami masih sepakat sih belum mengijinkan anak masuk sekolah lagi di Januari 2020 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... sama. bukannya dinikmati, malah difoto-foto ya mbak. bentuknya lucu sih, jadi gak tega mau makan :)

      Delete
  12. Saya paling suka menu Panda Bento Boxnya, imut banget! Pasti anak-anak bakalan suka nih kalo dibuatin kek gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cuma suka aja, kak ^^ pasti anak-anak juga tertarik karena bento nya lucu banget :)

      Delete
  13. Sushi telur dadar dan nasi gorengnya itu, Kak, meuni memanggil. Bisa dicontoh nih buat bekal pas anak-anak tar udah sekolah offline. Resepnya lengkap, bahan-bahannya gampang, terima kasih!

    ReplyDelete
  14. Sejak dulu sekolah anakku sudah mewajibkan membawa bekal. Meskipun ada kantin sekolah.
    Tapi kayanya setelah pandemi ini, kntin sekolah bakaln ditiadakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itulah yang jadi pertimbangan artikel ini ditulis, kak. karena mungkin fasilitas catering dan kantin sekolah ditutup untuk sementara, makanya anak-anak dibikinin bekal aja biar gak kelaparan

      Delete
  15. yang membuat anak makin siap sekolah karena ibu pintar bikin bekal sekolah tapi hanya berlaku untuk anak SD, kalo smp dan sma pasti jajan di kantin

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak juga kok, ada banyak SMA yang masih mau bawa bekal. apalagi kalau sekolahnya full day

      Delete
  16. Mau coba omelet macaroninyaaa. Kayaknya enakkk banhet itu. Btw aku setelah anak2 nggak terlalu suka bento2an, jadi kalau dulu mereka ke sekolah akhirnya nggak bawa bekal per-bento-an wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... ribet juga sih ya, kak. makanya dibikin yang simple aja nanti kalo udah mulai sekolah tatap muka nya

      Delete
  17. wuahh..menunya kelihatannya enak nih. Bahan-bahan dan cara membuatnya pun simple. Udah gitu, tampilannya menarik pula. Anak-anak pasti suka nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeps, karena anak itu punya segudang alesan kalau mau dibawain bekal, maka emaknya harus puter otak supaya anak tertarik dan mau bawa bekal dan gak berakhir kelaperan

      Delete
  18. anak anak akan senang dibuatkan bekal bento oleh ibunya dan mereka dapat asupan makanan yang pastinya bersih dan sehat dong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. karena selain lucu pasti bikin penasaran

      Delete
  19. orak arik telur sosis ini aku srg bikin buat bekal ke kantor mbak, hahahha simple soalnya,, cucok juga si buat diet wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bagus dong mbak gak cuma satu, tapi dapat dua manfaat membawa bekal sekaligus. diet dan hemat :)

      Delete
  20. Jadi kangen bikinin anak anak bekel sekolah lagi niiih. Lucu lucu banget pula resepnya diatas, ntr cobain buat makan siang atau sarapan anak anak aja dl deh.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemasanasan dulu sebelum beneran harus nyiapin bekal untuk anak sekolah tatap muka nanti ya mbak ^^

      Delete
  21. Saya seringnya bikin nasi goreng sama telur orak-arik juga. Atau enggak roti bakar. Udah itu yang paling gampang karena saya gak pandai masak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah roti bakar juga bisa jadi ide bekal anak mbak. bikin kenyang juga kan, jadi boleh

      Delete
  22. Wah terima kasih idenya Mbak. Ide menu bekal yang menarik banget nih. Bisa saya praktikkan nanti kalau anak-anak sudah masuk sekolah. Pasti mereka suka. Apalagi simple juga ya cara buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel ini dibuat memang untuk menyambut sekolah tatap muka Januari 2021 nanti, kak ^^ hehehe

      Delete
  23. Hari berkreasi emang nih sebagai emak apalagi kalau anaknya udah sekolah, noted buat referensi masak, thank you kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... bener banget. sampek bingung, "besok masak apa ya?" :)

      Delete
  24. kalau gini bikin anak gak jajan di kantin ya, aman

    ReplyDelete
  25. wah menarik banget ada sushi telur sosis, enak dan mudah ya :D terimakasih atas resepnya ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Sila tinggalkan jejak berupa kritik ataupun saran melalui kolom komentar, ya 🤗

Stay Update!