Mitos dan Fakta Seputar Rambut yang Tumbuh di Payudara

tumbuh rambut di payudara

Kebanyakan wanita akan mulai bertanya-tanya hingga muncul rasa khawatir jika tumbuh rambut di payudara. Berbagai macam dugaan pun hadir melengkapi kekhawatiran tersebut.

Aman tidak, ya?

Kok, bisa sih?

Apa jangan-jangan ini gejala kanker payudara stadium awal?

Menurut dr.Reisa Broto Asmoro, munculnya bulu-bulu halus di sekitar puting atau tumbuh rambut di payudara adalah hal yang wajar dan normal bagi semua jenis kelamin. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang signifikan terutama pada usia pubertas.

Dokter Reisa juga menjelaskan, bahwasannya rambut yang tumbuh di sekitar payudara, sama sekali tidak berkaitan dengan gejala kanker ataupun tumor. Sebab biasanya, kanker maupun tumor tidak ditandai dengan tumbuhnya rambut atau bulu-bulu halus, melainkan ditandai dengan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal seperti, terjadi kerusakan pada kulit payudara, terdapat benjolan, timbul luka hingga mengeluarkan cairan, payudara jadi keriput dan kemerahan serta tertarik kedalam.

PENYEBAB TUMBUH RAMBUT DI PAYUDARA

penyebab tumbuh rambut di payudara

Dilansir dari Sehatq.com, seluruh bagian tubuh manusia sebenarnya dilapisi oleh folikel rambut. Akan tetapi, pada bagian-bagian tidak lazim seperti payudara, rambut yang tumbuh cenderung tipis dan lebih halus dibanding rambut yang tumbuh di kepala.

Nah, untuk menjawab pertanyaan mengapa tumbuh rambut di payudara, berikut akan dipaparkan alasannya.

1| Perubahan Hormon

Fluktuasi hormon merupakan salah satu penyebab tumbuh rambut halus di sekitar payudara paling umum. Kondisi ini dapat terjadi selama masa perubahan hormonal yang signifikan seperti pada  masa kehamilan dan menopause.

Tidak hanya pada wanita dewasa, perubahan hormonal juga bisa terjadi pada usia 20-an yang juga diikuti dengan perubahan rambut di tubuh. Misalnya, tumbuh 1 helai rambut di payudara.

Tingkat endrogen yang tinggi juga kerap menjadi penyebab tumbuh rambut di payudara. Kenaikan hormon testosteron (yang umumnya lebih banyak pada laki-laki) menjadi alasan kenapa tumbuh rambut di payudara.

Pada orang gemuk, kadar testosteron juga termasuk tinggi sehingga bukan hal yang aneh jika kebanyakan orang gemuk memilih rambut atau bulu-bulu halus di sekitar puting.

2| Efek Samping Obat-obatan

Selain masalah hormon, faktor lain yang memicu tumbuh rambut di payudara adalah efek samping karena mengkonsumsi obat-obatan.

Diketahui, beberapa jenis obat yang mengandung testosteron, danazol, glukokortikosteroid, minoksidil dan fenitoin atau obat imunoterapi lainnya ternyata bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan.

CARA MENGHILANGKAN RAMBUT DI PAYUDARA

Telah dijelaskan sebelumnya oleh dr. Reisa, jika tumbuh sehelai rambut di payudara itu merupakan hal wajar dan tidak berbahaya. Namun, jika dirasa menganggu atau karena alasan estetika, maka bisa dihilangkan dengan beberapa cara.

Tidak hanya satu, berikut berbagai macam cara menghilangkan rambut di payudara dengan aman dan benar yang bisa dicoba sendiri di rumah.

cara menghilangkan rambut di payudara

  • Trimming

Trimming adalah teknik menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara dengan cara dipotong. Bisa menggunakan gunting maupun alat potong lainnya.

Caranya, potong ujung rambut hingga dekat kulit. Lakukan secara rutin. Kemudian oleskan pelembab setelah rambut dipotong. Tetapi, pilihlah pelembab yang tidak mengandung pewangi untuk menghindari munculnya jerawat di sekitar payudara.

  • Tweezing

Tweezing atau dicabut merupakan cara lain menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara. Walau cara ini terbilang mudah dan sepele, namun tetap harus berhati-hati ketika melakukannya.

Pasalnya, areola dan kulit di sekitar payudara adalah daerah sensitif yang bisa mengakibatkan kulit jadi kemerahan bahkan hingga infeksi.

  • Waxing

Waxing dikenal ampuh dalam menghilangkan berbagai macam bulu atau rambut yang tumbuh lebat di kulit. Biasanya, cara ini digunakan untuk membersihkan rambut di ketiak dan betis. Bisa dilakukan sendiri di rumah atau dibantu oleh tenaga profesional di salon kecantikan.

Lalu apakah waxing juga aman digunakan untuk menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara? Bisa, kok!

Tumbuh rambut panjang di payudara juga bisa diatasi dengan cara ini. Tapi, tetap harus hati-hati supaya tidak menimbulkan infeksi, ya.

  • Bercukur

Jika waxing dianggap terlalu ekstrim atau takut untuk melakukannya. Maka bercukur bisa menjadi solusi alternatif untuk menghilangkan rambut yang tumbuh subur di sekitar payudara.

Sama halnya dengan mencukur bulu ketiak, mencukur rambut di payudara juga perlu hati-hati agar permukaan kulit tidak tergores.

  • Laser

Kecanggihan teknologi yang semakin mutahir dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk tumbuh rambut di payudara wanita.

Walau bulu-bul halus di sekitar payudara tidak hilang secara permanen, namun tindakan laser dianggap efektif daripada cara lainnya karena dapat mencegah tumbuhnya rambut dalam waktu lumayan lama. Sehingga tidak perlu rutin waxing, mencabut atau mencukur rambut di area payudara.

  • Terapi Hormon

Karena tumbuh rambut di sekitar payudara disebabkan oleh fluktuasi hormon, maka cara yang ampuh untuk mengatasinya juga dengan terapi hormon. Yaitu dengan pemberian hormon jenis lain untuk menyeimbangkan hormon testosteron.

Umumnya, dokter akan menggunakan pil KB karena mengandung hormon estrogen dan progesteron untuk menyeimbangkan kadar testosteron yang terlampau tinggi.

BULU HALUS DI SEKITAR PAYUDARA SEBAGAI SINYAL PENYAKIT BERBAHAYA

tumbuh sehelai rambut di payudara

Dari sekian banyak cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara, mana yang paling aman dan memungkinkan untuk dicoba sendiri di rumah?

Meski sudah dijelaskan bahwa tumbuhnya rambut di bagian dada wanita itu tidak berbahaya, namun fakta ini ternyata identik dengan kondisi kesehatan seseorang, lho.

Kadar androgen yang tinggi menyebabkan rambut tidak tumbuh hanya di bagian kepala saja, tetapi juga di payudara. Jika hormon testosteron pada wanita sangat tinggi dan cenderung mendominasi, maka juga akan menyebabkan tumbuhnya kumis, cambang dan jerawat.

Selain itu, munculnya rambut atau bulu halus di payudara wanita juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Berikut arti tumbuh rambut di payudara yang perlu diwaspadai. Bila perlu, segera konsultasikan kepada dokter, ya.

1| Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Merupakan sindrom ovarium polikistik yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon pada wanita.

Dalam hal ini, ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron dapat menyebabkan tumbuhnya rambut di area puting dan payudara.

2| Sindrom Cushing

Lagi-lagi masalah hormon. Sindrom ini juga terjadi akibat terlalu banyaknya hormon kortisol yang berada di dalam tubuh.

Jika PCOS ditandai dengan tumbuh sehelai rambut di payudara, maka sindrom cushing berbeda. Sindrom ini bisa menyebabkan wajah jadi merah dan bengkak, terjadi penumpukan lemak di dada dan perut, lengan dan kaki melemas, stretchmarks berwarna ungu, mudah depresi dan libido menurun.

Jika tidak cepat ditangani, dikhawatirkan sindrom ini semakin sulit disembuhkan. Karena bisa jadi, rambut yang tumbuh akibat kelebihan hormon kortisol merupakan gejala kanker payudara stadium awal atau tumor di bawah kelenjar bawah otak dan tumor kelenjar adrendal pada ginjal.

3| Hirsutisme

Dikutip dari hellosehat.com. Hirsutisme adalah tumbuhnya rambut di area-area pria yang terjadi pada tubuh wanita. Seperti kumis dan cambang. Dimana selain di dagu dan bibir atas, rambut-rambut tersebut juga tumbuh dibagian dada dan punggung wanita.

Tapi tenang, hirsutisme dapat diatasi dengan terapi medis dan perawatan diri melalui obat-obatan, kok.

Dengan demikian, fakta dan mitos seputar tumbuh rambut di payudara ternyata dapat diidentifikasn sebagai kondisi kesehatan seseorang, ya.

Rambut yang tumbuh di areola, puting dan sekitar payudara rupanya juga tidak berbahaya dan merupakan kondisi yang wajar. Akan tetapi, jika dirasa menganggu boleh dihilangkan saja. Dengan syarat, dilakukan secara hati-hati atau terlebih dahulu berkonsulasi kepada dokter supaya aman.

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

34 comments

  1. Terima kasih atas artikel super kerennya. Jadi nambah ilmu baru lagi. Jagi nggak perlu keburu risau dulu ya saat ada rambut tumbuh di pay*dara. Karena itu merupakan faktor hormonal. Meski rambut halus tersebut bisa dihilangkan, tetap harus konsultasi terlebih dulu dengan dokter ya Mba Elok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembali kasih, kak
      semoga artikel nya bermanfaat ya :)

      Delete
  2. Nggak kebayang mbak kalau waxing di daerah payudara, waduuh berasa cenut-cenut duluan nih. Ternyata efek samping obat bisa menujunya ke situ ya, aku kira hanya ke ginjal gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak. kirain kebanyakan mengkonsumsi obat nggak baik buat ginjal. tapi ternyata juga berpengaruh pada hormon ya

      Delete
  3. Makasih tentang infonya. Memang kesehatan organ tubuh yang satu ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh wanita. Tumbuhnya rambut masih wajar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kak
      kecuali disertai benjolan, luka yang mengandung cairan
      baiknya, segera periksakan ke dokter ya

      Delete
  4. Jarang banget bahas masalah ini ya kak karena nggak pernah mengalami juga. Akhirnya tau kalo rambut yang tumbuh di payudara itu sebenarnya bukan hal yang menakutkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski bukan hal yang menakutkan, tapi nggak semua orang mengalami kak
      makanya sedikit tabu dan bisa jadi ada yang baru tahu

      Delete
  5. Nambah pengetahuan nih mbak. Saya belum pernah merasakan ada rambut tumbuh di area payudara, jadi bisa belajar dari sini seputar fakta dan mitos tentang rambut tersebut. Yang terpenting kita harus waspada ya mbak...jangan abai jangan pula takut berlebihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak
      karena payudara merupakan organ vital bagi perempuan, harus dijaga kesehatannya dengan baik dan benar :)

      Delete
  6. Aku terpaku nih abis baca ini. Nggak kepikiran kalau di payudara wanita bisa tumbuh rambut. Duh, pasti butuh waktu dan treatment rutin ya buat membersihkan area tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal nggak mengganggu, nggak masalah kak
      kecuali memang dirasa tidak nyaman dan merusak keindahan, boleh dihilangkan hehe

      Delete
  7. Enggak pernah ngeh kalo rambut juga bisa tumbuh di payudara. Walaupun masih dikatakan wajar, tapi ternyata ada juga yang harus diperhatikan ya, Mbak, kalau menemukan ada rambut tumbuh di area payudara. Soalnya kalo amit2 ada kondisi serius bisa langsung ditangani dengan cepat dan mendapatkan perawatan yang tepat supaya bisa membaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak
      karena ternyata, ada beberapa perempuan yang hormon testosteron nya juga dominan. makanya tumbuh rambut di area yang tidak lazim

      Delete
  8. Sesuatu yang nggak normal perlu diwaspadai memang tapi memang pelru sering baca2 juga apakah normal atau tidak baru memutuskan ke dokter

    ReplyDelete
  9. Waktu lahir anak bungsu saya, saya baru sadar ada numbuh bulu sehelai di payudara. Tapi gak berbahaya kan ya, gak ada efek apa-apa sih di saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumbuh rambut sehelai atau tumbuh rambut panjang di sekitar payudara is natural and normal thing menurut dokter Reisa mbak. jadi it's okay, gapapa

      kecuali takut, boleh diperiksakan ke dokter ^^

      Delete
  10. kukira normal nih mba.. tapi gak selamanya begitu ya, kalau misalnya memang ada indikasi dan dibarengi dengan keluhan lain seperti nyeri, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter saja

    ReplyDelete
  11. Saya baru tahu bisa ada rambut di payudara. Baru tahu juga kenapa dan bagaimananya. Ini benar-benar pengetahuaan baru. Terima kasih

    ReplyDelete
  12. persoalan hormon ternyata complicated yaa bisa berimbas ke beragam jenis penyakit, ternyata begini reasoning nya kenapa kita mesti rajin rajin check up kesehatan menyeluruh yaa, biar bisa mengidentifikasi apa2 yang terjadi di tubuh kita

    ReplyDelete
  13. wah iya, aku juga pernah baca tentang rambut payudara ini mbak
    katanya emang bisa jadi salah satu tanda adanya penyakit

    ReplyDelete
  14. Kalau hormonku memang gak seimbang. Dan baru tau dari artikel ini kalau tumbuh rambut di payudara karena hormon gak seimbang itu.

    ReplyDelete
  15. kalau bagi cowo mungkin itu hal biasa namun bagi wanita pasti terasa risih dan ngga nyaman. Tapi semuanya ada solusi dan jalan keluar

    ReplyDelete
  16. Wahh iya kah baru ngeh lhoo akuu, ada jg ternyata yaah rambut yg tumbuh di sekitar pd. edukatif mbaa infonyaa, ini bisa jadi informasi penting banget buat yg masih takut periksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir dan membaca artikel di Narasi Nia, kak :)

      Delete
  17. Aku baru tau loh ada kaitannya dengan beberapa penyakit. Jadi mesti jeli juga ya. Kalau soal payudara ini konsulnya ke dokter apa ya?

    ReplyDelete
  18. Oh ada ya ternyata rambut payudara? Baru tau aku...bagi yang mengalami mungkin rasanya aneh ya...

    ReplyDelete
  19. Ternyata berkaitan dengan hormon juga ya tumbuhnya rambut di payudara. Yang penting memang kita selalu aware ya dengan kesehatan kita. Jika ragu, sebaiknya memang bertanya pada dokter ahli.

    ReplyDelete
  20. Ooh, iya ya. Sekitar payudara laki-laki sering tumbuh rambut. Ternyata bisa terjadi juga pada perempuan tho? Kalau kumis tipis pada perempuan sih agak banyak kulihat, malah manis dilihatnya, tapi kalau pada payudara belum pernah dengar sejauh ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, kak
      hal ini juga erat kaitannya dengan hormon testosteron pada pria yang juga dominan pada wanita

      itu sebabnya juga muncul rambut di beberapa bagian yang harus nya terjadi pada pria juga dialami wanita

      Delete
  21. Auto cek payudara setelah baca tulisan ini. Memang hal yg kurang wajar yg terjadi pada tubuh hrs diperhatikan dan tdk blh dianggap remeh.

    ReplyDelete
  22. kalo aku biasa pakai hair removal cream, pernah coba pakai gunting dan pisau cukur tapi hasilnya si ujung rambut jadi kasar dan bikin gatal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!