7 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan Jiwa dan Raga

Manfaat Pelukan

Sudah tahu belum, jika tanggal 21 Januari diperingati sebagai Hari Peluk Nasional?

Menurut Wikipedia, National Hugging Day merupakan perayaan yang menawarkan pelukan terhadap orang-orang terkasih yang dibuat oleh Kevin Zaborney. Dan menariknya, ternyata pelukan juga bisa dilakukan bersama guling ataupun hewan peliharaan, lho.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa berpelukan dapat meredakan stres, mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan imun tubuh.

Tidak hanya itu, manfaat pelukan juga berperan penting dalam proses perkembangan psikologis dan fisik pada anak.

Nah, supaya lebih paham apa itu pelukan dan manfaatnya bagi kehiduapn, yuk simak penjelasan di bawah ini. Semoga bermanfaat 🤗

MANFAAT MENAKJUBKAN DARI SEBUAH PELUKAN

manfaat berpelukan bagi kesehatan

Pelukan adalah salah satu bentuk bahasa tubuh yang identik dengan keintiman fisik sebab saling menyentuh dan memegang anggota tubuh. Biasanya, pelukan dilakukan untuk menunjukkan bentuk cinta, kasih sayang, penghargaan atau simpati.

Dikutip dari CNN Indonesia, terdapat 9 jenis pelukan, yaitu:

  • Warmn bear
  • Pelukan dari belakang
  • Berpelukan dan mengelus punggung
  • Menepuk punggung
  • Merangkul pundak
  • Pelukan di pinggang
  • Slow dance
  • London bridge, dan
  • Pelukan sambil menyandarkan kepala

For your information, dari masing-masing jenis pelukan di atas, terdapat manfaat berpelukan bagi kesehatan fisik dan mental yang sangat menakjubkan. Apa saja?

arti pelukan pria terhadap wanita

1| Mengurangi Stres

Diketahui, pelukan dapat menurunkan hormon insulin dan memperbaiki hormon tidur. Dengan tidur teratur dan cukup, maka akan terhindar dari stres atau lelah pikiran lainnya.

Hal ini diperkuat oleh penjelasan dari pimpinan Touch Research University Miami School of Medicine, Tiffany Field, PhD. Beliau mengungkapkan jika manfaat pelukan adalah mampu mengurangi rasa sakit, perasaan cemas, depresi hingga sikap agresif.

2| Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain mampu mengurangi kecemasan, pelukan juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung, lho. Hal ini disertai dengan hasil sebuah penelitian pada kelompok pasangan yang saling berpelukan selama 20 detik. Hasilnya, terjadi penurunan tekanan pada darah dan detak jantung yang lebih besar.

Meski sebentar, manfaat pelukan 20 detik rupanya sangat baik untuk kondisi jantung, ya.

3| Mencegah Datangnya Berbagai Macam Penyakit

Menurut SAGE Journals, pelukan termasuk kedalam salah satu support system yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan percaya diri. Orang-orang yang cenderung sering berpelukan diketahui merasa jarang jatuh sakit sebab selalu berpikir positif dan jauh dari kata stres.

Itu artinya, manfaat pelukan dan ciuman dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari risiko infeksi, termasuk berbagai macam penyakit yang mengintai.

manfaat pelukan untuk anak

4| Mengurangi Rasa Takut

Perasaan nyaman, tenang, senang dan aman adalah manfaat pelukan dari belakang. Sedangkan perasaan takut merupakan prasangka terhadap sesuatu yang belum terjadi.

Dengan beperlukan, maka pikiran akan jadi lebih positif sehingga perasaan terancam tidak lagi menghantui.

5| Merasa "BEBAS"

Ketika perasaan takut telah sirna, maka hormon cinta akan munccul membawa pesan positif ke otak untuk menciptakan keseimbangan suasana hati.

Lalu, kegiatan memeluk yang dianggap sepele akan menjadi sangat bermakna ketika perasaaan-perasaan menakutkan tersebut hilang dan tergantikan dengan perasaan lega.

6| Baik Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Sebuah studi menyebutkan bahwasannya sentuhan kasih sayang untuk anak itu sangat berpengaruh pada proses perkembangan anak.

Pelukan yang didapat sedari kecil akan menjadi bekal untuk membangun mental dan karakter si anak. Support system dan perlakukan baik terhadap anak dari orangtua, saudara serta keluarga akan menjadi bekal dan apresiasi selama proses tumbuh kembang berlangsung.

Itu mengapa manfaat pelukan orang tua untuk si anak sangat berharga dalam rangka pertumbuhannya.

7| Menjadi Lebih Bahagia

Arti pelukan pria terhadap wanita itu beragam. Tergantung kondisi ataupun perasaan yang menyertainya. Namun para ilmuwan berpendapat bahwa memeluk wanita akan berpengaruh pada kondisi hubungan yang lebih baik. Terlebih jika didasari oleh cinta. Maka manfaar pelukan kekasih akan bernilai sangat berharga sampai menimbulkan letupan bahagia.

manfaat pelukan dari belakang

Sekarang sudah, tahu kan kenapa banyak pasangan yang menunjukkan cinta dan kasihnya dengan berpelukan? atau ketika orangtua merasa bahagia bahkan kecewa terhadap anak namun tetap memeluk dengan hangat?

Yups, karena selain sebagai bahasa kasih sayang, pelukan juga dapat memberikan rasa nyaman, tenang, bahagia sekaligus apresiasi terhadap sesuatu.

Well, itulah jenis-jenis dan manfaat pelukan yang harus kamu tahu. Semoga menginformasi dan jangan lupa satu pelukan hangat untuk orang terkasih di hri Senin yang berat ini, ya 🤗
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

17 comments

  1. Banyak sekali ya manfaat pelukan. Sayangnya banyak orang tua udah ga memberi lagi pelukan ke anak kalo dah gede atau bahkan ke pasangan, alasannya malu dah tua takut dilihat orang. Padahal itu bahasa kasih yang bisa merekatkan hubungan keluarga

    ReplyDelete
  2. aku jadi inget, di amerika apa dimana gitu ada event FREE HUG yang ngasih pelukan gratis yang dilakukan oleh sukarelawan. ternyata emang sepenting itu ya sebuah pelukan. yang paling kerasa buatku sih sebagai stress release, merasa hangat dan dicintai juga memperkuat bonding

    ReplyDelete
  3. iya kak, memang pelukan itu bisa meredakan amarah dan emosi lain.. banyak manfaatnya. saya berusaha merutinkan memeluk anak dan suami setiap pagi buat transfer energi baik.

    ReplyDelete
  4. sering saya lakukan tiap hari bersama anak,dulu waktu masih blm punya anak sering dilakukan dengan suami. Skrg sama anak lebih nyaman deh, wkwkwkw

    ReplyDelete
  5. Gubernur Jabar kan sampai bikin "iklan" pribadi, memeluk pasangan dan anak minimal satu menit setiap saat, dan itu meski banyak yang menertawakan emang banyak dampak positif nya ya

    ReplyDelete
  6. makasih sharingnya, wah harus sering pelukan ini

    ReplyDelete
  7. Wah aku baru tahu kalau tanggal 21 Januari diperingati sebagai Hari Peluk Nasional, tapi memang pelukan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan emosional, apalagi antara orangtua dengan anak yang selain membuat anak lebih nyaman dan sehat juga membuat hubungan lebih dekat.

    ReplyDelete
  8. Ah iya, pelukan ini emang banyak manfaatnya
    Anak anakku suka benget aku peluk, katanya mereka merasa nyaman
    Aku pun KLO lagi butuh semangat juga minta peluk suami, hehe

    ReplyDelete
  9. betul sekali pelukan ini memang membuat kita tuh nyaman banget, saat sedih saat orangtua atau pasangan atau orang-orang terdekat kita memberikan ini, langsng plong rasanya, ada yang berkurang bebannya

    ReplyDelete
  10. yeayyy, yuk minta banyak banyak peluk sama pasangann, sahabat dan orang tua nih yaa hiihhihi. That's why klo lagi nangis tuh enak banget klo ditenangin dengan cara dipeluk yaaa

    ReplyDelete
  11. Akuuuu hihii, aku termasuk yg love languagenya ya semacam ini. peluk dulu dong sebelum berangkat kerja hihi.

    ReplyDelete
  12. Saya suka peluk anak2 dan suami. Eh, saya juga suka dipeluk. Hihi..
    Banyak banget ya ternyata manfaat pelukan buat kesehatan jiwa raga. Jadi pingin dipeluk, eh

    ReplyDelete
  13. Aku setiap hari itu wajib banget memeluk anakku meski hanya ssekali, ya buat aku pelukan itu tanda sayang aku ke dia. Eh, ternyata pelukan itu banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu loh ada hari pelukan sedunia. Padahal pelukan bisa diberikan kapan aja tanpa harus merayakannya setahun sekali. Hal sepele yg kadang ngga bisa semua org bisa melakukannya.

    Namun apapun itu, perayaan ini ya sekadar mengingatkan bahwa kita kadang perlu bahagia, perlu melepas stres, hanya dgn memberikan pelukan hangat, bahkan utk temen yg sdg kesusahan.

    Hal kecil namun sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget, pelukan juga bisa menjadikan cara untuk meningkatkan kepercayaan antar pasangan.

    ReplyDelete
  16. Aku juga suka banget peluk anakku yang paling kecil.
    Dia memang mungil, tapi pelukable. Ternyata manfaat pelukan banyak sekali yaa..

    ReplyDelete
  17. Wow, amazing juga ya manfaat pelukan ini. Saya makin senang kalau meluk anak-anak dan jadi lebih paham tujuannya sekarang. Hihi... Termasuk memeluk pasangan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!