Daftar Kandungan Skincare yang Aman dan Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Kandungan Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Pasalnya, tidak hanya pola makan, kesehatan tubuh dan ketenangan jiwa, kandungan bahan yang terdapat dalam kosmetik serta produk perawatan kulit pun harus dipastikan aman bagi calon buah hati.

Menurut banyak pakar kesehatan, rangkaian perawatan yang digunakan pada kulit memiliki risiko terserap hingga kedalam aliran darah sehingga dikhawatikan sampai kepada plasenta kemudian membahayakan janin.

Oleh sebab itu, agar si buah hati selalu dalam keadaan sehat selama masa kehamilan, hendaknya para calon ibu paham terhadap serba-serbi kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil.

Berarti bumil dan busui boleh pakai skincare?

Boleh dong!
 
Selama masa kehamilan, biasaya akan muncul beberapa masalah kulit seperti jerawat, sensitivitas kulit meningkat, flek hitam dan stretch mark. Akibatnya, perawatan kulit menjadi sesuatu yang harus dilakukan agar masalah-masalah tersebut bisa berkurang. Salah satunya dengan menggunakan skincare lokal yang aman untuk ibu hamil 

Nah, di bawah ini sudah ada daftar kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Cermati dengan benar demi keselamatn ibu dan bayi, ya 🤰

skincare lokal yang aman untuk ibu hamil

1| ASAM ALFA HIDROKSI (AHA)

 
Pada umumnya, jenis Asam Alfa Hidroksi atau AHA yang bisa digunakan oleh ibu hamil adalah glycolic acid dan lactic acid. Kandungan ini biasanya terdapat pada produk facial wash, toner, mouiturizer dan serum yang aman untuk ibu hamil.
 
Meski AHA diklaim aman dan minim risiko karena hanya sedikit yang mampu diserap oleh kulit, namun ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2| AZELAIC ACID

 
Azelaic Acid merupakan ingredients aman untuk ibu hamil yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan dan masalah pigmentasi.

3| BENZOIL PEROKSIDA

 
Seperti halnya Azelaic Acid, Benzoil Peroksida juga bertindak sebagai antibiotik yang bermanfaat mengatasi jerawat selama masa kehamilan.
 
Akan tetapi, beberapa ahli menyarankan agar penggunaan produk yang mengandung benzoil peroksida sesuai dosis. Sebab jika terlalu sering atau menggunakannya dalam waktu lama, dikhawatirkan kulit menjadi resisten terhadap bakteri.

4| HYALURONIC ACID

 
Hyaluronic Acid merupakan salah satu kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan memiliki banyak khasiat seperti dapat membuat kulit menjadi kenyal dan lembut.

5| NIACINAMIDE

 
Seringkali muncul pertanyaan, "Niacinamide amankah untuk ibu hamil?"
Jawabannya, aman!
 
Hal ini karena niacinamide merupakan bentuk lain dari Vitamin B3 yang sangat dibutuhkan dalam perawatan kecantikan oleh ibu hamil sebab dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Niacinamide biasanya dapat ditemukan pada produk obat totol jerawat dan rosacea.

6| VITAMIN C

 
Berbagai permasalahan kulit selama masa kehamilan seperti noda hitam, hiperpigmentasi dan kulit kusam dapat diatasi dengan rutin menggunakan skincare yang mengandung Vitamin C.

Hal ini karena Vitamin C bertindak selayaknya retinol yang mampu membuat kulit tamak lebih cerah sekaligu membantu produksi kolagen pada kulit 👌

7| ZINC OXIDE & TITANIUM DIOXIDE

 
Tidak hanya untuk ibu hamil saja, ibu-ibu yang sedang menyusui juga boleh menggunakan skincare berbahan Zinc Oxide dan Titanium Diioxide.
 
Mengapa?
 
Karena dua bahan ini seringkali terdapat pada produk tabir surya yang sangat dibutuhkan oleh semua orang ketika hendak beraktivias di luar ruangan. Begitu pun pada ibu hamil dan menyusui, produk-produk perawatan kulit yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide diklaim sebagai skincare lokal yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

8| STEROID

 
Jenis steroid yang dapat ditoleransi dan aman digunakan oleh ibu hamil adalah triamcinolone, hydrocortisone, fluccinolone, desonide, aldometasone, yang secara keseluruhan digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit seperti eksim ringan, dermatitis kontak dan psoriasis.

9| CAT KUKU

 
Siapa bilang wanita hamil tidak boleh pakai cat kuku?
 
Boleh, dong. Asal pakainya di ruangan terbuka atau ruangan yang memiliki ventilasi bagus supaya zat phthalates yang terdapat dalam cat nails tidak terhirup sehingga membahayakan janin.
 
Sedangkan kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil dan menyusui, meliputi:
 
kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil dan menyusui
 

A| RETINOID (VITAMIN A)

 
Retinoid adalah turunan Vitamin A yang dinilai berisiko terhadap ibu hamil karena dapat membahayakan janin serta bisa menyebabkan bayi cacat lahir.
 
Para ahli menyarankan agar tidak menggunakan Retinoid maupun turunan Vitamin A lainnya pada produk kecantikan selama masa kehamilan.
 
Tujuannya, supaya janin tumbuh dan berkembang secara normal dan sehat.

B| ASAM SALISILAT

 
Asam Salisilat merupakan golongan Beta Hydroksi Acid (BHA) yang berguna untuk eksfoliasi, mengurangi tanda-tanda penuaan, mengatasi jerawat serta peradangan dan kemerahan pada kulit.

Meski khasiatnya yang sangat dibutuhkan oleh banyak perempuan, namun penggunaan Asam Salisilat sangat tidak disarankan untuk ibu hamil sebab sekitar 2% penggunaan skincare yang mengandung zat ini terbukti menyebabkan bayi cacat lahir dan tingginya risiko komplikasi pada kehamilan❗
 

C| HIDROKUINON

 
Serupa dengan Asam Salisilat, penggunaan skincare yang mengandung hydrokuinon juga dilarang pada ibu hamil. Hal ini karena produk perawatan kulit yang berbahan hydrokuinon dapat menyebabkan bayi cacat lahir.
 

D| OXYBENZONE

 
Oxybenzone biasanya dapat ditemui pada produk tabir surya. Senyawa ini berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tapi, meski bermanfaat bagi kecantikan kulit, senyawa ini sangat tidak bersahabat dengan janin yang ada dalam kandungan.

Pasalnya, oxybenzone bisa memengaruhi keseimbangan hormon kehamilan sehingga menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu maupun janin nya.
 

E| PHTHALATE

 
Dikutip dari SehatQ, Phthalate ternyata juga tidak baik untuk kesehatan janin maupun ibu. Hal ini dikarenakan zat tersebut dapat mempengaruhi hormon serta mengganggu sistem endokrin yang dapat memicu masalah produksi.
 

F| MINYAK ESENSIAL

 
Siapa yang menyangka bahwa penggunaan minyak esensial ternyata tidak baik untuk wanita hamil. Menurut hasil sebuah studi, minyak esesnsial seperti tea tree oil dan rosemary oil harus diwaspadai penggunaannya sebab memiliki efek samping berupa dermatitis, melepuh, reaksi obat dan efek estrogenik.

Nah, setelah mengetahui berbagai kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil, ada baiknya para calon ibu mulai teliti atau segera beralih pada skincare aman yang akan digunakan selama masa kehamilan. Selain itu, pastika juga make up maupun perawat kulit lainnya bebas dari kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil dan menyusui, ya

Well, semoga bermanfaat dan jangan pernah menyerah untuk pejuang garis dua 😇

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

20 comments

  1. bumil kudu cek n ricek sebelum menggunakan skincare, baca artikel ini sangat membantu dan menambah pengetahuan. Ayo para bumil merapat!

    ReplyDelete
  2. aku kemarin dah jaga2 banget. biasanya org cuma jaga di makanan, aku sampe ke skincare segala. tapi namanya blm rezeki, ttp aja keluar calon debaynya

    ReplyDelete
  3. Thankyouuu mbaaa, lengkap bangett dan biasanya aku jg ngga cek kandungannya sedetail ini sih, yg penting ngga ada mercurynya gitu. eh tapi dia kan punya banyak nama. Tahu bahan2 yg aman gini jadi ngerasa aman

    ReplyDelete
  4. Bumil busui juga harus tetep cantik dong selama hamil dan menyusui. Sebenernya tetep bolehj pake skincare asal jeli dan paham kandungan apa yang boleh dan tak boleh. Infonya bermanfaat banget mbaa.

    ReplyDelete
  5. huwaaa baru tau nih klo essential oil perlu dihindari ibu hamil yaa, kan biasaya eo ini dipake buat diffuser sama body care juga heuuu

    ReplyDelete
  6. Informatif banget nih artikelnya, penting diketahui oleh ibu hamil... Supaya kulit bisa tetap sehat dan cantik tanpa membahayakan janin...

    ReplyDelete
  7. Lengkap ini mbak, jadinya buat bumil bisa memantau dulu kandungan
    pada skincare mana yang aman dan tidak buat digunakan

    ReplyDelete
  8. dapat ilmu banyak dari artikel kakak, selama ini aku belum browsing apa saja kandungan yang boleh dna tidak untuk bumil, yakin banget artikel ini kalau dibaca pasti banyak menyelamatkan ibumil dan bayinya, izin save ya kak

    ReplyDelete
  9. Loh aku kira kandungan AHA itu aman buat kulit. Meski diklaim msh aman, emang kita harus konsultasi lagi sih ke dokter kulit kita. Terutama buat kulit sensitif.

    Soalnya aku dan istri suka beli pembersih wajah yg ada kandungan AHA itu. Jujur baru tahu ini sih. Ntar cek ke dokter ah. Makasih infonya kak.

    ReplyDelete
  10. Ibu hamil wajib tau nih, tapi tetep aja harus konsul ke dokter dulu ya...
    Kalau aku dulu malah enggak pakai apa apa, gatau bawaan bayi mungkin...

    ReplyDelete
  11. wajib tahu banget nih, karena ya pastinya nanti mungkin akan merencanakan kehamilan. Jadi penting untuk tahu

    ReplyDelete
  12. Bahaya juga ya kalau sembarangan pakai skincare saat hamil harus memilih skincare yg benar aman demi kesehatan dan keselamatan bayi

    ReplyDelete
  13. ya ampun jaman hamil dulu, saking takutnya dan belum banyak informasi juga tentang skincare, jadi ya mending gak pake apa-apa dulu deh ehehehe

    ReplyDelete
  14. Yes, kalau niacinamide aman ya kak. Karena ini salah satu bentuk lain dari Vitamin B3 yang tentunya sangat dibutuhkan dalam perawatan kecantikan. Apalagi bagi ibu hamil.

    ReplyDelete
  15. Panduan untuk para Ibu hamil agar lebih jeli dan teliti saat memilih skincare selama masa-masa ini. Aku suka banget artikelnya yang mengedukasi.
    Semoga kehamilan tetap lancar, kulit juga tetap glowing~

    ReplyDelete
  16. Ternyata minyak esential malah kurang safe ya. bayanganku justru pakek minyak esential aja karena tidak mengandung bahan kimia. Ternyata oh ternyata. Emang lumayan tricky sih kandungan skincare buat bumil. Makanya dulu aku pilih stop total aja.

    ReplyDelete
  17. Informasi nya sangat bermanfaat buat ibu hamil atau ibu yg sedang promil nih. Dlu wkt sy hamil jg sangat selektif milih skincare

    ReplyDelete
  18. Saya tahunya cm hidrokuinon ternyata masih ada lagi..

    ReplyDelete
  19. Wah saya jadi tahu nih. Kalau nggak paham jadinya malah nggak pake skincare sama sekali ya. huhu... Walaupun banyak sih skincare aman busui, tapi lebih baik paham kandungannya.

    ReplyDelete
  20. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!