Kode Rahasia Untuk Mengetahui Apakah Ada Mayat Di Pesawat

cara mengetahui ada mayat di pesawat

Artikel ini ditulis karena beberapa pertanyaan dari orang awam yang penasaran mengenai proses pengiriman jenazah menggunakan pesawat. Beberapa dari mereka berpikir dimana kira-kira jenazah itu berada selama penerbangan. Apakah di cabin, bagasi atau justru disediakan ruangan khusus?

Menurut keterangan pramugari sebuah maskapai penerbangan, setiap penumpang memiliki batas bawaan tertentu. Jadi, hanya sebagian barang yang boleh dibawa ke cabin pesawat. Selebihnya harus mengikuti aturan dengan diletakkan di bagasi. Dengan demikian, sangat jelas jika tidak pernah ada jenazah di cabin pesawat.

Lalu, kalau tidak di cabin, lantas di mana?

Begini cara mengetahui apakah ada mayat di pesawat yang kita tumpangi?

cargo jenazah

Ada banyak sekali kode unik yang dimiliki oleh sebuah maskapai penerbangan. Salah satunya kode "HR" yang biasanya di umumkan lewat saluran radio.

HR adalah kode rahasia yang menunjukkan bahwa di dalam pesawat tersebut terdapat jenazah. HR sendiri merupakan kependekan dari Human Remains yang artinya sisa-sisa manusia.

Jenazah yang dikirim melalui penerbangan kormersil akan dimasukkan ke dalam peti kayu, kemudian ditutup rapat untuk selanjutnya diletakkan di bagasi. Sebagian ada yang sudah di awetkan menggunakan formalin atau dikemas dengan es.

Banyak nya barang yang dikirim melalui pesawat menyebabkan bagasi penuh sehingga kemungkinan kecil tidak akan ada yang tahu bahwa pada salah satu tumpukan tersebut terdapat peti yang berisi mayat.

Supaya tidak mengganggu proses penerbangan lain yang sedang berlangsung, peti mayat biasanya dikeluarkan dari bagasi melalui jalur cargo jenazah

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengirim jenazah menggunakan pesawat, yaitu:

  • Foto copy KTP almarhum
  • Foto copy KTP pendamping
  • Foto copy tiket pendamping min satu orang
  • Surat penyebab kematian dari rumah sakit
  • Surat keterangan telah diformalin
  • Karantina bagi rumah sakit di dekat bandara

biaya pengiriman jenazah ke indonesia
 

Omong-omong, berapa biaya yang diperlukan untuk mengirim jenazah menggunakan moda transportasi udara? Apakah mahal?

Adanya jasa pengiriman jenazah sangat membantu bagi keluarga mereka yang meninggal jauh dari tempat pemakamannya. Pramugari tersebut juga menjelaskan alasan lain mengapa maskapai mau menganggut jenazah dalam penerbangan mereka, yaitu mungkin karena jenazah meninggal dalam perjalan menuju tujuan dalam pesawat tersebut.

Besarnya biaya bawa pulang jenazah pakai pesawat pun tergantung dari maskapai yang bersangkutan. Atau ditentukan dari seberapa jauh tempat tujuan. Prosedur pemulangan jenazah menggunakan pesawat cargo dari atau ke luar negeri pun tentu berbeda.

Untuk biaya pengiriman jenazah ke indonesia dari luar negeri, akan dikenakan bea cukai dan biaya imigrasi sekitar Rp. 500.000,00. Sedang biaya pemulangan jenazah menggunakan pesawat dalam negeri berkisar antara 6 juta sampai 10 juta rupiah.

Oh, iya. Beberapa maskapai juga memiliki kode rahasia yang berbeda, lho. Selain HR yang disebutkan di atas. Ada pula sandi bernama "Jim Wilson."

Sandi Jim Wilson digunakan untuk menyebut mayat yang ada di dalam pesawat. Para crew menggunakan kode rahasia ini agar tidak ada penumpang yang tahu bahwa mereka juga mengangkut jenazah.

Di Amerika, Jim Wilson juga digunakan sebagai kode transportasi yang melayani pengiriman jenazah menggunakan pesawat. Menurut Sara Marsden, Pemimpin Redaksi US Funerals Online, Jim Wilson adalah kode yang digunakan untuk menyebut proses pengangkutan jenazah yang dikemas dengan es di dalam peti supaya awet hingga sampai ke tempat tujuan.

Berbeda dengan Amerika. Di bandara Amsterdam Schiphol bahkan tersedia kamar mayat sebagai fasilitas dari layanan pengiriman jenazah.

harga cargo jenazah lion air

Nah, sudah tahu kan, cara mengetahui ada mayat di pesawat? Meski begitu, proses pengiriman jenazah sudah dipastikan cepat dan rapi sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan penumpang. Jadi, nggak perlu takut ya jika mendengar kode rahasia ini di dalam pesawat yang akan membawamu terbang, ya.

Referensi:

  • https://lionelgroup.id/cara-mengirim-jenazah-lewat-pesawat/
  • https://www.liputan6.com/global/read/3044274/terkuak-kode-rahasia-untuk-jenazah-yang-ada-di-dalam-pesawat
  • https://superapps.kompas.com/read/327200/begini-cara-mengetahui-apakah-ada-mayat-di-pesawat-yang-kamu-tumpangi
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

18 comments

  1. Dulu pernah naik pesawat yang didalamnya ada jenazah
    Awalnya sih aku gak tau. Ketahuannya pas udah sampai di bandara tujuan lalu melihat ada ada kargo peti jenazah yang diturunkan. bandara tujuan ini agak kecil, jadi hampir semua aktivitas dapat terlihat oleh penumpang

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bener-bener stay private demi kenyamanan penumpang ya kak

      Delete
  2. Euh aku bacanya sampe pelan2. Apalagi pas kemaren rame pemulangan jenazah a' Eril kan sempet viral. Makanya jadi cari tau. Eh ternyata ada kode rahasianya ya.

    ReplyDelete
  3. Beberapa waktu lalu ada kerabat yang membawa jenazah keluarganya untuk dimakamkan di kampung halaman, prosedurnya memang terjaga banget. Penumpang lain gak ada yang ngeh.

    ReplyDelete
  4. Wah aku jadi tau nih, ternyata ada kode khusus yaa untuk pesawat yang mengangkut jenazah, krn bisa heboh dan sugesti ke penumpang sih kalo tau ada jenazah di pesawat

    ReplyDelete
  5. Dulu almarhumah temennya bapakku juga dibawa jasadnya ke kota kelahirannya pake pesawat
    Ini denger kode Jim Wilson nya di mana, mba?

    ReplyDelete
  6. ih aku baru mba nia. pernah pas kapan gitu ada seorang guru di kalsel yang meninggal di jakarta baru kepikiran, eh taruh di mana itu mayat di pesawat pas pengiriman ke kalselnyaa.. teryata ada kode tertentu ya. besok2 kalau naik pesawat brti harus dengerin pramugari pas ngmg nih

    ReplyDelete
  7. Wah, aku baru tahu lho tentang ini
    Pengetahuan baru buat aku
    Beda-beda ya tiap negara
    Aku sih belum pernah sepesawat sama jenazah

    ReplyDelete
  8. karena belum pernah naik pesawat jadi aq awam banget dengan kode-kode ini mbak, tapi memang semua dilakukan serba hati-hati demi kenyamanan penumpang lan ya

    ReplyDelete
  9. Baru tau ada kode rahasia gini. Kirain pesawat" khusus aja yg antar" jenazah luar kota atau provinsi. Hihi

    ReplyDelete
  10. aku baru tahu lho ternyata peti berisi jenazah ini juga ada kemungkinan diangkut sama pesawat komersil yg bawa banyak penumpang.. luar biasa yaaa kalau beneran gak ketahuan.. kalau ketahuan auto merinding

    ReplyDelete
  11. wah saya baru tahu istilah ini mba, setelah membaca artikel ini jadi tahu deh kodenya, jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  12. Baru tau kalau jenazah di masukkan kedalam bagasi pesawat. Dan ada kode tersendiri untuk mengetahuinya.

    ReplyDelete
  13. Jadi begitu yaa cara tau ada jenazah di pesawat. Baca ini jadi ingat almarhum Eril huhu. Alfatihah.

    ReplyDelete
  14. wah aku baru tau klo ada kode2 nya buat "penumpang" jenazah, bingung naruhnya dimana juga yaa, karena kan bentuknya panjang atau menggunakan peti gitu kan yaa, ongkosnya juga lumayan mahal yaa

    ReplyDelete
  15. wah baru tahu soal kode rahasia ini, dibuat rahasia mungkin untuk kenyamanan penumpang ya ka biar ga takut atau was was, soalnya gak semuanya nyaman dengan hal tersebut

    ReplyDelete
  16. Oh, aku pikir peti jenazah ada di penerbangan atau pesawat yang berbeda dengan esawat penumpang. Jadi ingat anak Pak Gubernur Jawa Barat.
    Semoga Allah merahmati selalu.

    ReplyDelete
  17. Makasih ya kak informasinya, aku baru tau loh kalau ternyata ada kode rahasianya gini. Btw, ternyata mengirimkan mayat di pesawat emang mayan mahal ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!