Free Bitcoin For You

Kode Rahasia Untuk Mengetahui Apakah Ada Mayat Di Pesawat

cara mengetahui ada mayat di pesawat

Artikel ini ditulis karena beberapa pertanyaan dari orang awam yang penasaran mengenai proses pengiriman jenazah menggunakan pesawat. Beberapa dari mereka berpikir dimana kira-kira jenazah itu berada selama penerbangan. Apakah di cabin, bagasi atau justru disediakan ruangan khusus?

Menurut keterangan pramugari sebuah maskapai penerbangan, setiap penumpang memiliki batas bawaan tertentu. Jadi, hanya sebagian barang yang boleh dibawa ke cabin pesawat. Selebihnya harus mengikuti aturan dengan diletakkan di bagasi. Dengan demikian, sangat jelas jika tidak pernah ada jenazah di cabin pesawat.

Lalu, kalau tidak di cabin, lantas di mana?

Begini cara mengetahui apakah ada mayat di pesawat yang kita tumpangi?

cargo jenazah

Ada banyak sekali kode unik yang dimiliki oleh sebuah maskapai penerbangan. Salah satunya kode "HR" yang biasanya di umumkan lewat saluran radio.

HR adalah kode rahasia yang menunjukkan bahwa di dalam pesawat tersebut terdapat jenazah. HR sendiri merupakan kependekan dari Human Remains yang artinya sisa-sisa manusia.

Jenazah yang dikirim melalui penerbangan kormersil akan dimasukkan ke dalam petik kayu, kemudian ditutup rapat untuk selanjutnya diletakkan di bagasi. Sebagian ada yang sudah di awetkan menggunakan formalin atau dikemas dengan es.

Banyak nya barang yang dikirim melalui pesawat menyebabkan bagasi penuh sehingga kemungkinan kecil tidak akan ada yang tahu bahwa pada salah satu tumpukan tersebut terdapat peti yang berisi mayat.

Supaya tidak mengganggu proses penerbangan lain yang sedang berlangsung, peti mayat biasanya dikeluarkan dari bagasi melalui jalur cargo jenazah

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengirim jenazah menggunakan pesawat, yaitu:

  • Foto copy KTP almarhum
  • Foto copy KTP pendamping
  • Foto copy tiket pendamping min satu orang
  • Surat penyebab kematian dari rumah sakit
  • Surat keterangan telah diformalin
  • Karantina bagi rumah sakit di dekat bandara

biaya pengiriman jenazah ke indonesia
 

Omong-omong, berapa biaya yang diperlukan untuk mengirim jenazah menggunakan moda transportasi udara? Apakah mahal?

Adanya jasa pengiriman jenazah sangat membantu bagi keluarga mereka yang meninggal jauh dari tempat pemakamannya. Pramugari tersebut juga menjelaskan alasan lain mengapa maskapai mau menganggut jenazah dalam penerbangan mereka, yaitu mungkin karena jenazah meninggal dalam perjalan menuju tujuan dalam pesawat tersebut.

Besarnya biaya bawa pulang jenazah pakai pesawat pun tergantung dari maskapai yang bersangkutan. Atau ditentukan dari seberapa jauh tempat tujuan. Prosedur pemulangan jenazah menggunakan pesawat cargo dari atau ke luar negeri pun tentu berbeda.

Untuk biaya pengiriman jenazah ke indonesia dari luar negeri, akan dikenakan bea cukai dan biaya imigrasi sekitar Rp. 500.000,00. Sedang biaya pemulangan jenazah menggunakan pesawat dalam negeri berkisar antara 6 juta sampai 10 juta rupiah.

Oh, iya. Beberapa maskapai juga memiliki kode rahasia yang berbeda, lho. Selain HR yang disebutkan di atas. Ada pula sandi bernama "Jim Wilson."

Sandi Jim Wilson digunakan untuk menyebut mayat yang ada di dalam pesawat. Para crew menggunakan kode rahasia ini agar tidak ada penumpang yang tahu bahwa mereka juga mengangkut jenazah.

Di Amerika, Jim Wilson juga digunakan sebagai kode transportasi yang melayani pengiriman jenazah menggunakan pesawat. Menurut Sara Marsden, Pemimpin Redaksi US Funerals Online, Jim Wilson adalah kode yang digunakan untuk menyebut proses pengangkutan jenazah yang dikemas dengan es di dalam peti supaya awet hingga sampai ke tempat tujuan.

Berbeda dengan Amerika. Di bandara Amsterdam Schiphol bahkan tersedia kamar mayat sebagai fasilitas dari layanan pengiriman jenazah.

harga cargo jenazah lion air

Nah, sudah tahu kan, cara mengetahui ada mayat di pesawat? Meski begitu, proses pengiriman jenazah sudah dipastikan cepat dan rapi sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan penumpang. Jadi, nggak perlu takut ya jika mendengar kode rahasia ini di dalam pesawat yang akan membawamu terbang, ya.

Referensi:

  • https://lionelgroup.id/cara-mengirim-jenazah-lewat-pesawat/
  • https://www.liputan6.com/global/read/3044274/terkuak-kode-rahasia-untuk-jenazah-yang-ada-di-dalam-pesawat
  • https://superapps.kompas.com/read/327200/begini-cara-mengetahui-apakah-ada-mayat-di-pesawat-yang-kamu-tumpangi
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com
Newest Older

Related Posts

2 comments

  1. Dulu pernah naik pesawat yang didalamnya ada jenazah
    Awalnya sih aku gak tau. Ketahuannya pas udah sampai di bandara tujuan lalu melihat ada ada kargo peti jenazah yang diturunkan. bandara tujuan ini agak kecil, jadi hampir semua aktivitas dapat terlihat oleh penumpang

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bener-bener stay private demi kenyamanan penumpang ya kak

      Delete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!