Free Bitcoin For You

8 Ide Bekal Sehat Untuk Anak TK, Sangat Praktis dan Bergizi

bekal untuk anak tk

Siapa bilang masuk dapur itu ribet? Nggak, dong. Malah sangat seru apalagi jika apa yang dibuat oleh Ibu habis tak bersisa dan begitu disukai oleh seluruh anggota keluarga. Lebih tepatnya, yang bikin malas itu beres-beresnya. Cuci bekas masak, ngepel lantai yang terkena cipratan minyak. Dan tetek bengek lainnya yang terkadang malah membutuhkan waktu lebih lama dibandingin menghabiskan hasil masakannya.

Seperti menyiapkan bekal untuk anak TK, misalnya.

Memikirkan menunya saja sudah hampir setengah hari, scroll media sosial, bertanya pada google. Kemudian setelah menemukan menu yang cocok dengan bahan yang ada di kulkas, selanjutnya berkreasi menghias bekal supaya si anak lahap saat memakannya.

Kalau saya, lebih suka membuat bekal yang praktis namun tetap bergizi. Sebab bukan hanya satu yang akan membawa bekal, melainkan tiga anak. Oleh sebab itu, saya juga harus  pandai mengatur waktu agar =menghasilkan masakan yang enak tapi cepat.

Kebetulan, kreasi bekal anak TK yang selalu menjadi andalan saya itu adalah menu sederhana yang praktis. Yang bisa membuat anak merasa kenyang tapi tidak bosan selama 2-3 jam di sekolah.

Paling sering, sih bukan nasi. Tetapi buah-buahan, snack, susu kotak, jus buah, puding atau biskuit. Untuk dua anak lainnya, saya sesuaikan dengan kegiatan dan waktu belajar mereka di sekolah. Jika full day, maka saya akan membawakan bekal berisi makanan berat lengkap dengan dessertnya. Namun sesekali saya membebaskan mereka untuk tidak membawa bekal dari rumah ketika merasa bosan dengan menu yang saya sediakan.

Lalu, seperti apa bekal anak TK selain nasi andalan saya?

Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1| STRAWBERRY CREAM CHEESE SANDWICH

bekal anak tk selain nasi
Image by Eatingwell.com


Menu pertama yang mudah dibuat tetapi masih memiliki nilai gizi, adalah Strawberry Cream Cheese Sandwich.

Snack ini terbuat dari roti gandum, keju dan irisan strawberry yang di plating dengan cantik. Langkah-langkah membuatnya pun gampang sekali.

Oleskan krim keju atau bisa diganti sesuai selera. Kemudian lapisi dengan irisan strawberry. Lalu potong roti menjadi dua bagian berbentuk segitiga. Selesai.

Mudah, bukan?

2| PEANUT BUTTER AND JAM SUSHI

Masih berbahan utama roti tawar, namun kali ini bukan dari jenis gandum melainkan roti tawar putih yang dipotong menyerupai sushi lengkap dengan olesan peanut butter untuk memperkut citarasa.

kreasi bekal anak tk
Image by Americanlifestylemag.com

3| DONAT MINI

bekal anak TK yang praktis

Nah, kalau camilan yang satu ini sudah pasti sangat familiar di dunia perbekalan, ya bun. Selain tidak merepotkan ibu-ibu di dapur ketika pagi hari. Donat mini memiliki bentuk yang lucu-lucu, bisa dibeli tanpa buat sendiri. Dan tentu saja rasa manis dari bekal anak TK yang praktis menjadi favorit anak-anak.

4| PIZZA LOLLIPOP

bekal anak tk
Image by Foodnetwork.com

Sebenarnya, menu bekal ini sangatlah sederhana. Hanya saja, bentuknya yang dibuat meneyrupai lollipop akan menambah kesan imut dan lucu sehingga mengundang rasa penasaran anak untuk segera mencobanya.

5| JASUKE

Ibu-ibu tentu sangat mengenal apa itu Jasuke, kan?

Yups, Jasuke adalah singkatan dari jagung, susu dan keju. Camilan ini cocok sekali dijadikan bekal snack anak TK. Selain sehat, campuran susu dan keju nya pun dijamin kaya protein dan vitamin.

6| BROWNIS POTONG

bekal cemilan untuk anak tk

Sebenarnya, brownies yang disajikan boleh banyak. Tidak hanya sepotong. Namun untuk mencegah anak terlalu banyak memakan makanan manis, jadi sebaiknya, brownies yang dibawakan secukupnya saja. Bisa juga ditambahani dengan topping seperti pada gambar.

7| BUAH-BUAHAN LUCU

bekal snack anak tk

Selanjutnya ada buah-buahan yang dipotong atau dibentuk dengan berbagai karakater lucu. Jangan lupakan juga tusukan gemes yang lagi hits di dunia per-bekal-an, ya bun 😃

8| PUDING SUSU

Terakhir, ada pudding susu yang bisa dijadikan bekal sederhana untuk anak TK. Diketahui, pudding memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Selain sebagai antioksidan, puding juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Apalagi jika dibuat dengan bahan-bahan alami.

bekal sederhana untuk anak TK

Meski 8 jenis menu bekal untuk anak TK di atas sangat sederhana, masing-masing memiliki tingkat kesulitas berbeda-beda. Seperti anak yang punya 1001 alasan dan menolak dibawakan bekal buah-buahan. Padahal sudah dibentuk dengan sangat lucu. Atau yang paling sederhana, ketika anak beralasan kenyang dengan bekal donat, maunya menu yang sama setiap hari, yaitu snack favoritnya alias pizza lollipo 🙈

Tapi percayalah, sebagai seorang Ibu yang ingin memastikan asupan gizi sang anak terpenuhi sekalipun sedang menuntut ilmu, setiap ibu sudah dianugrahi dengan banyak ide dan cara untuk membuat anak tidak bisa menolak membawa bekal ke sekolah. Yang pada akhirnya, bekal tersebut pun habis tak berbisa. Entah dimakan sendiri, atau malah dibagi dengan teman 😂

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com
Newest Older

Related Posts

9 comments

  1. Ituu akuuh dulu bun, bikin hiasan2 buat bekel anak-anak kalau lagi semangat yaa...entah kenapa sekarang lagi males akut hihihi

    ReplyDelete
  2. Wah, enak-enak semua bekalnya, Mbak, dan tampilannya menarik hati.
    Dulu zaman saya TK, memang bekalnya kue basah. Seperti Panada, lemper, donat dan lainnya. Terus kenapa kemudian anak-anak TK dibawakan snack atau makanan ringan. Jadi cocok sekali ini bekal-bekal di atas untuk anak TK.

    ReplyDelete
  3. Kalau bekalnya dikemas seperti di atas, anak-anak akan menikmatinya dengan semangat ya. Bahkan juga semangat saling berbagi dengan temannya. Ide yang boleh ditiru untuk nyiapin bekal nih.

    ReplyDelete
  4. Punya anak kecil memang "memaksa" para ibu jadi kreatif. Padahal mah roti selai biasa ya. Tapi di mata anak-anak itu jadi "lucuuu, gemeees, aku mauuuuu...." :))

    ReplyDelete
  5. Yummyyyy anak2 sdh aktif sekolab dan emak siap2 rempong urusan dapur gaaamakasih idenyaa mak

    ReplyDelete
  6. Wah iya, kalau bekal anak TK itu harus yang simple ya mbak
    Meski begitu tetap harus sehat dan enak

    ReplyDelete
  7. Bekalnya enak-enak semua. Jangankan anaknya, emaknya pun suka banget nih hehe. Mau cobain Strawberry Cream Cheesenya.

    ReplyDelete
  8. Betul sekali. Yang bikin malas itu beres beresnya after masak, tapi kalau masakannya enak jadi ada kepuasan tersendiri

    ReplyDelete
  9. Kalau dibikin daftar menu bekal anak tiap hari nya mungkin jadi lebih enak dan praktis ya mbak. Seperti yg disebutkan di atas gitu. Jadi tiap pagi tinggal nata2 aja 😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!