Rekomendasi 7 Film Tentang Keluarga yang Bikin Sedih Namun Menginspirasi

film bertema keluarga

Menikmati waktu santai disela aktivitas sehari-hari, atau sengaja meluangkan waktu saat weekend bersama keluarga adalah cara terbaik melepas penat dan bonding bersama orang-orang terkasih. Banyak hal seru yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menonton family movie sambil menikmati kue favorit buatan ibu.

Tetapi, jika moment seperti ini dirasa terlalu mahal, kamu bisa mencoba mengawali dengan menonton film bertema keluarga agar lebih memahami dan menghargai kebersamaan bersama orang-orang tercinta. Minimal orang yang tinggal serumah, lah ya. Mungkin setelah menonton film-film ini,kamu jadi terinspirasi untuk memiliki agenda khusus dan lebih komunikatif dengan keluarga.

Rekomendasi Film Tentang Keluarga yang Bikin Sedih Namun Menginspirasi:


1| Miracle in Cell No. 7 (2013)

film Korea bertema keluarga
Image by Owner


Miracle in Cell No. 7 merupakan film Korea yang telah diadaptasi oleh beberapa negara sesuai versi mereka. Film ini menceritakan tentang seorang ayah dengan kebutuhan khusus yang masuk penjara karena suatu kesalahpahaman. Namun berkat kedekatan dengan anak perempuannya, teman-teman sel si ayah kemudian merasa tergugah untuk membantu dan menunjukkan kebenaran. Sayangnya, mereka tidak punya power untuk melawan kekuasaan. Sehingga pada akhirnya, ada teman yang hidupnya penuh penyesalan memutuskan melemparkan diri ke tiang gantung untuk menggantikan si ayah. Tentu saja aksi ini tanpa diketahui petugas sipir.

Setelah menonton film Korea bertema keluarga ini, saya jadi percaya dan makin yakin dengan istilah, "cinta pertama anak perempuan adalah ayahnya." Memang semosional itu hubungan antara ayah dan si anak perempuan yang digambarkan dalam film ini. Kamu yang penasaran seperti apa kisahnya dan ingin menonton, jangan lupa siapin tisu, ya 😷

2| Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

film indonesia bertema keluarga
Image by Owner

Dari Korea, mari kita bergeser ke negara tercinta, Indonesia. Film yang mengambil latar suku batak ini seolah mengingatkan penonton bahwa kesuksesan seorang anak bukanlah jaminan kebahagiaan orangtua di masa senja. Percuma punya uang tapi kesepian, begitu kira-kira pesannya.

Dibintangi oleh artis-artis senior, seperti Tika Pangabean dan Aswendy Nasution, film ini memang family movie yang serat makna, namun dikemas dengan sedikit komedi sehingga tidak terlalu kaku dan bikin penonton mampu tersenyum 👌

3| Keluarga Cemara (2019)

film bertema keluarga Indonesia
Image by Owner

Selain Ngeri-ngeri Sedap, ada juga film bertema keluarga Indonesia yang bisa dijadikan ide family time saat weekend. Yups, Keluarga Cemara.

Sudah pasti tahu, dong film ini?

Film ini bercerita tentang perjuangan kepala keluarga setelah pindah dari kota ke desa karena mengalami kebangkrutan. Meski bisa dibilang klise, namun plot yang ditampilkan tetap menarik. Apalagi didukung oleh akting pemain yang memukau.

4| Coco (2017)

film barat bertema keluarga
Image by Disney

Film bertema keluarga selanjutnya berasal dari negeri Paman Sam. Coco merupakan film animasi produksi Disney yang dirilis pada tahun 2022 dan telah memperoleh berbagai penghargaan, salah satunya adalah Academy Award untuk kategori film animasi terbaik.

Setelah menonton film ini, saya setuju dengan penilaian serta pujian yang ditujukan untuk Coco. Pasalnya, film ini menceritakan tentang kepercayaan masyarakat Meksiko mengenai tradisi kematian di daerah mereka.

Kebetulan, si tokoh utama "terpilih" dan mampu memasuki dunia arwah kemudian tahu mengapa setiap ada keluarga yang meninggal, fotonya harus dipajang dan didoakan. Dari sini saya memperoleh kesimpulan bahwa apapun agama, keyakinan dan tradisi kita terhadap kematian, ternyata orang yang meninggal tetap butuh kiriman doa dari keluarga dan sanak saudara yang masih hidup untuk meringankan bebannya di alam baka. Juga sebagai tanda kalau mereka masih selalu hidup dalam kenangan maupun hati kita.

5| Shoplifters (2018)

film yang bertema keluarga
Image by IMDB

Ada juga film bertema keluarga yang sangat emosional dan bikin terharu, judulnya Shoplifters. Sebuah film yang bertema keluarga karya Hirokazu Kore-eda. Bercerita tentang peliknya kehidupan sebuah keluarga di pinggiran kota Tokyo. Meski sangat sulit untuk mencari sesuap nasi, namun keluarga ini tak segan memungut seorang anak bernama Yuri yang ditelantarkan dan kerap disiksa oleh keluarganya.

Hadirnya Yuri membuat keluarga semakin kompak dan semangat dalam menjalani hidup. Meski tanpa penjelasan yang detail, film ini mampu menampilkan chemistry hangatnya sebuah keluarga melalui setiap adegan maupun dialog yang di dalamnya.

6| Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Film drama keluarga terbaik
Image by Visinema Pictures

Nah, kalau yang ini hampir semua manusia menyukainya. Film drama keluarga terbaik sekaligus menginspirasi yang mampu mengaduk emosi para penonton.

Sebenarnya, Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini atau NKCTHI adalah sebuah buku karya Marchella FP yang kemudian diangkat ke layar lebar.

Film NKCTHI menegaskan bahwa setiap keluarga tidak ada yang sempurna. Akan selalu ada hal-hal yang membuat keluarga menjadi saling marah, kecewa hingga benci.

7| Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (2023)

Image by VIsinema Picture
 
Setelah NKCTHI sukses dan mampu membuat fans Marcella FP ataupun penonton gagal move on, maka VIsinema Picture bersama Legacy Pictures dan XRM Media menggarap sekuel film Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini, yaitu Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang.
 
Sama halnya dengan film sebelumnya, film ini juga menyuguhkan kondisi keluarga yang tidak sempurna sebab ditemukan salah satu anggota keluarga yang merasa tidak cocok berada dalam keluarga tersebut. Dan orang itu adalah Aurora, si anak tengah yang jarang terlihat karena bayang-bayang anak sulung dan si bungsu.
 
Film bertema keluarga terbaru ini pun sukses membuat saya tersedu-sedu diantara gelapnya bioskop. Uh, benar-benar film yang yang sukses bikin hati berantakan. Tetapi positifnya, saya jadi paham bagaimana seharusnya keluarga dalam menyelesaikan masalah. Bukan lari atau menghindar, melainkan duduk dan bicara bersama 😯
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

13 comments

  1. Saya ini hobi nonton film saat ada waktu senggang. Tapi belum nonton satu pun film di atas tersebut. Jadi makin penasaran sama film nomor satu. Katanya booming ya itu film 📽️

    ReplyDelete
  2. Miracle in Cell no.7 sedih banget, walaupun film lama, tapi vibes-nya masih sangat terasa. Film-film Indonesia pun tak kalah kerennya dengan tema keluarga ini, mulai dari ngeri-ngeri sedap sampai yang terbaru tentang si Aurora di Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang, semuanya bikin mberebes mili

    ReplyDelete
  3. Film-film ini emang recommended ya. Gak rugi meluangkan waktu 2 jam utk menonton film

    ReplyDelete
  4. dari semua rekomendasi belum ada satu pun yang pernah aku tonton, list 1 sampai 4 sering dengar juga sih dan memang banyak yang suka.

    ReplyDelete
  5. Film keluarga tuh emang keren. Apalagi ngeri-ngeri sedep tuh. Mana komedi pula. Jadi, kupikir nontonnya bakal nggak kerasa gitu sih... Aku pingin nonton euy....

    ReplyDelete
  6. Setuju nih semua film ini bisa ditoton bareng keluarga, hampir semua nya sudah pernah aku tonton meski gak bareng keluarga.

    ReplyDelete
  7. Keluarga Cemara itu film yang menginspirasi banget sih dan paling menyentuh hati. Kisah tentang keluarga yang sederhana menghadapi berbagai tantangan dan ujian dalam hidup, dan pastinya yang nonton bakalan terharu banget. Aku pribadi rekomendasiin banget film yang satu ini buat ditonton.

    ReplyDelete
  8. dari list film di atas, aku cuman baru nonton miracle in cell no 7 dan shoplifter, dua film itu emang beneran sedih sih. film yang lain aku belum nonton, hehe

    ReplyDelete
  9. Makasih rekomendasi tontonannya tentang keluarga, saya suka banget tontonan film atau drama bertemu keluarga karena jd bisa memetik hikmahnya dan jd inget keluarga sendiri

    ReplyDelete
  10. klo nonton film2 tema keluarga gini, apalagi yang korea atau drakor tuh terasa ngena banget, bisa sampe banjir nih air mata. kaya terasa tertampar banget sama pesan2 dan realita kehidupannya

    ReplyDelete
  11. Wah rekomendasi filmnya kok keren keren. Jadi penasaran pengen nonton. Dari list di atas, aku baru nonton keluarga cemara. Lainnya belum. Hiks

    ReplyDelete
  12. Tak menyangka, semua yang dilist di atas sudah kutonton semua. Paling favorit tuh yang Ngeri-Ngeri Sedap, ada lucunya, ada nangisnya banget, terus liat pemandangan alam sama kebudayaannya. Pengalaman paling menyenangkan saat menonton film ini di bioskop

    ReplyDelete
  13. Wah, banyak juga film bertema keluarga bagus ya, Mbak. Dan saya baru nonton Keluarga Cemara. Tapi kayaknya Miracle in Cell No. 7 itu sudah diadaptasi ke film Indonesia juga. Saya juga kayaknya lihat sekilas Ada Ngeri-Ngeri Sedap di Disney Channel. Kebetulan saya langganan. nanti saya sekalian cari yang Coco juga. Penasaran pengin nonton juga Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!