Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Mengenal 13 Macam Bentuk & Ciri-ciri Puting Payudara Pada Wanita

Bentuk Puting Payudara
 
Tidak sedikit perempuan di berbagai belahan dunia merasa cemas ketika menyadari memiliki bentuk puting payudara berbeda dengan perempuan lain setelah membaca sebuah artikel kemudian membandingkannya sendiri.

Apa sebenarnya yang menyebabkan bentuk maupun ukuran payudara berbeda antara satu dengan lainnya?

Dilansir dari berbagai sumber, perbedaan puting pada setiap perempuan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti elastisitas kulit, hormon, genetik, usia, presentase dan proses pendistibusian lemak dalam tubuh.

Bentuk puting payudara kanan dan kiri berbeda bisa saja mengindikasikan suatu jenis penyakit. Akan tetapi, jika keduanya memiliki bentuk tampak sama, maka hal tersebut adalah wajar.

Nah, agar kamu tidak berspekulasi sendiri hingga menyebabkan kekhawatiran berlebih, berikut saya sajikan berbagai macam bentuk puting susu sesuai tampilannya:

1| MENONJOL

Puting jenis ini selalu menonjol meski tanpa rangsangan sekalipun. Namun dalam situasi tertentu, misalnya sedang dalam periode menstruasi atau berada dalam ruangan bersuhu dingin, tonjolan puting akan tampak lebih jelas dan mengeras.

Bentuk Puting Payudara Menonjol

2| DATAR

Berbeda dengan jenis puting menonjol, flat nipple membutuhkan rangsangan agar puting menonjol. Namun setelah rangsangan hilang, maka bentuk puting akan kembali seperti semula. Puting datang juga cenderung tampak menyatu dengan areola di sekitarnya.

Bentuk Puting Payudara Datar atau Rata

3| MASUK KEDALAM

Puting tampak masuk kedalam atau yang dikenal dengan istilah inverted nipple ini sulit distimulasi karena bentuk putingnya yang tidak datar dan masuk kedalam.

Dikutip dari Popmama, inverted nipple masih tergolong normal dan tetap bisa digunakan untuk menyusui. Kondisi seperti ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik serta jaringan parut.

Dan konon katanya, puting akan menonjol setelah berhasil menyusui si buah hati. Wah, kalau kamu adalah salah satu pemiliki jenis puting masuk kedalam, jangan berkecil hati, ya. Semua ada jalan keluarnya, kok.

Bentuk Puting Payudara Terbalik Inverted Nipple

4| BERGELOMBANG

Disebut puting bergelombang karena terdapat kelenjar Montgomery di sekitar areola. Dimana kelenjar kecil ini akan membengkak dalam waktu tertentu sehingga mengakibatkan lingkaran di sekitar puting tampak bergelombang.

Fungsi kelenjar Montgomery sendiri adalah untuk menghasilkan pelumas yang berguna melindungi kulit sensitif di sekitar puting.

Bentuk Puting Payudara Bergelombang Akibat kelenjar Montgomery

5| SEGITIGA

Nyatanya, ada banyak sekali bentuk puting payudara yang belum kita tahu. Puting segitiga, misalnya.

Dari pada kamu penasaran dengan bentuk puting ini, mari kita lihat ciri-ciri puting segitiga dibawah ini:

  • Bentuk putingnya mirip segitiga
  • Ujung puting menonjol dan kencang ketika mendapat rangsangan
  • Sensitif terhadap suhu ruangan dan jenis bahan bra
  • Puting payudara nyeri menjelang haid

6| BERAMBUT

Girls, jangan kaget ya jika tumbuh rambut di sekitar payudara. Hal ini bisa saja terjadi karena pada dasarnya, baik pria maupun wanita memiliki folikel rambut pada bagian areola. Dimana warna, ketebalan serta teksturnya berbeda pada masing-masing orang. Tergantung faktor keturunan dan perubahan hormon.

Hal ini wajar kok. Namun jika kamu merasa risih atau mengganggu estetika bentuk tubuh, kamu bisa mencukur atau menggunakan perawatan laser untuk membersihkan rambut-rambut tersebut.

Munculnya rambut di sekitar puting susu masih dikatakan normal jika tidak disertai  gejala seperti nyeri, gatal, muncul jerawat, haid tidak lancar atau obesitas.

Bentuk Puting Payudara Berambut atau Berbulu

7| TIDAK SAMA BESAR

Artinya, ukuran kedua puting berbeda. Puting sebelah kiri tampak menonjol, namun puting sebelah kanan datar.

Jenis puting seperti ini dianggap normal jika dialami sejak lahir. Namun jika muncul secara tiba-tiba, kamu perlu berkonsultasi pada dokter, ya.

Bentuk Puting Payudara Tidak Sama Besar

8| TERTARIK

Puting tertarik atau retracted nipple merupakan kondisi puting mulai keluar sebagai jaringan terangkat namun kembali tenggelam, tertarik kedalam, mengubah posisi menjadi lipatan sempit.

Sejenis dengan inverted nipple, retracted nipple bisa terjadi hanya pada satu sisi payudara (unilateral) atau keduanya (bilateral).

Jenis puting payudara semacam ini dianggap mengkhawatirkan karena bisa menjadi indikasi penuaan, kanker payudara dan ekstasla duktus (penyumbatan dan pembengkakan saluran susu).

9| GANDA

Puting berlebih, puting ganda atau puting tambahan adalah kondisi dimana terdapat dua puting dalam satu areola.

10| BESAR

Ada banyak jalan menuju roma. Jika kamu pemilik bentuk puting payudara besar dan si kecil kesulitan ketika menyusu, kamu bisa memompa payudara terlebih dahulu sebelum mengASIhi.

Memompa payudara beberapa menit sebelum menyusui si kecil dapat memipihkan puting hingga runcing. Dengan begitu, si kecil tidak akan kesulitan ketika menghisap susu.

Bentuk Puting Payudara Besar

11| KECIL

Terkadang, setiap perempuan merasa ukuran putng susu lebih kecil dibanding bentuk payudaranya. Hal ini bisa saja terjadi. Namun sesuai prinsip-prinsip sebelumnya, jika kanehan tidak disertai gejala yang mengganggu maka dianggap wajar.

Bentuk Puting Payudara Kecil

12| BENGKAK

Puting payudara bengkak biasanya disebabkan karena kenaikan hormon dalam tubuh. Seperti pada saat menstruasi, pubertas, kehamilan atau akibat faktor genetik.

Bentuk Puting Payudara Bengkak

13| TERDAPAT BENJOLAN

Menurut The Hospital Group, benjolan dalam bentuk atau ukuran apa pun yang terdapat pada ketiak, puting dan payudara hendaknya segera dicek kondisinya pada ahlinya. Meski 90% tidak bersifat kanker, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Bentuk Puting Payudara Terdapat Benjolan

Dari ke-13 jenis bentuk puting payudara beserta ciri-ciri nya, apakah ada yang baru kamu ketahui?

Well, meskipun bentuk puting setiap perempuan berbeda, jangan keburu panik ya. Tapi, jika keanehan yang terjadi disertai tanda-tanda yang membuat kamu merasa nyeri, gatal dan tidak nyaman karena timbul benjolan. Segeralah perika ke dokter.

And for your information, girls. Bagaimana pun bentuk dan ukuran puting payudara, sama sekali tidak mempengarui fungsinya.

*/Foto ilustrasi bentuk puting payudara oleh The Hospital Group.

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. banyak juga tipenya ya, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak sekali yang tipe dari payudara. Aku baru tau juga loh ini hehe
    Bener banget sih punya bentuk kaya gimana juga yang penting tidak mempengaruhi fungsinya.

    Oya salam kenal ya mba. Kalau berkenan followback biar makin akrab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes ^^
      tapi kadang suka takut sendiri kalo muncul sesuatu yang aneh >.<

      Delete
  3. Saya kira hanya bentuk payudara saja yang berbeda mba, ternyata puting pun berbeda-beda juga ya mba, jadi tahu lebih banyak nih 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bentuk payudara maupun puting itu ternyata ada banyak ^^ aku juga baru tahu loh :)

      Delete
  4. Jadi nambah wawasan nih mba, jadi auto nengok punya sendiri kan hahahhaa, love our body dan soal benjolan memang penting sih kita rajin cek yaa waspada aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... sudah dibilang diawal kan?
      kalau banyak permepuan jadi cemas dan membanding-bandingkan karena selesai baca artikel yang isinya seperti ini.

      nah, ujung-ujungnya jadi auto kepo sendiri wkwk

      Delete
  5. Aku baru ngeh ternyata ada banyak juga ya perbedaannya. Ku kira hanya 3-4 aja bedanya. Namun kekuasaan Allah swt sungguh diluar nalar ya, walaupun berbeda kita sebgai perempuan tetap bisa menyusui anak-anaknya. Masyaallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bener banget.
      bagaimana punn bentuk puting nya, nggak berpengaruh pada fungsinya kok. jadi tetap bisa mengASIhi :)

      Delete
  6. aku baru tau nih, banyak hal aku helum tau tentang organ salah satu tubuh krusial wanita ternyata. thanks mbak ilmunya bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  7. pernah ikutan kelas soal menyusui dan salah satunya membahas soal bentuk dan ukuran puting wanita yang bisa mempengaruhi minat bayi menghisap ASI...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, mumpungkin akan sedikit mempengaruhi pada saat proses mengASIhi mbak. tapi pada kenyataannya, puting maupun payudara tetap bisa berfungsi, kok. begitu penjelasan yang aku tangkap dari The Hospital Group

      Delete
  8. Aku baru tahu nih mbak soal puting. Jadi inget dulu pernah ada benjolan sekitar puting. Sempet deg degan, tapi ternyata itu semacam bisul gitu. Hehehe. Untungnya waktu itu cepet ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, nggak pa-pa ya mbak.
      Tapi sebaiknya diperiksakan saja jika terjadi sesuatu yang aneh suatu hari nanti

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Sila tinggalkan jejak berupa kritik ataupun saran melalui kolom komentar, ya 🤗

Stay Update!