5 Manfaat Sensory Play Untuk Bayi yang Perlu Moms and Dad Tahu

manfaat sensory play untuk bayi

Sensory play artinya permainan sensorik. Dimana dalam kegiatannya, permainan ini melibatkan berbagai indera si bayi guna merangsang respon terhadap interaksi dengan ayah, ibu atau lingkungan sekitar.

Dikutip dari Popmama.com, permainan sensorik bisa dimulai ketika bayi berusia 8 bulan sebab tidak hanya melatih fungsi indera, sensory play juga dapat melatih keseimbangan dan gerakan si bayi.

Berikut beberapa manfaat sensory play untuk bayi yang perlu Moms and Dads tahu 👇

1| Mengembangkan Koordinasi Mata dan Tangan

Pada usia 8 bulan, bayi sudah bisa melakukan gerakan sederhana. Sekaligus mampu merespon inetraksi moms dengan kedipan mata.

Tangan si bayi pun mulai aktif bergerak meski tidak teratur. Berusaha menggapai apapun yang berada di dekatnya  -dan paling sering biasanya wajah si ibu itu sendiri 😃

Pada milestone ini, si bayi akan menggunakan indera peraba nya untuk mengenali berbagai tekstur benda dan makanan.

Ide sensory play untuk bayi pada tahap ini bisa menggunakan berbagai jenis makanan yang memiliki tekstur beragam. Seperti puding, daging dan selai.

Caranya, Moms bisa memberikan macam-macam jenis makanan tersebut dalam satu wadah. Kemudian biarkan si bayi mengembangkan keterampilan koordinasi mata dan tangan dengan memakan makanannya sendiri.

sensory play bayi 1 tahun

2| Melatih Indera Peraba

Ketika kekuatan genggamannya bertambah, maka si bayi akan berusaha mengenali banyak benda. Melempar hingga membanting mainan karena merasa penasaran.

Selain itu, finger food menjadi kegiatan favorit si bayi. Nggak heran jika hampir semua apa yang ditemui akan dimasukkan kedalam mulut.

Agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan, Moms bisa mencoba sensory play untuk bayi 9 bulan menggunakan oatmeal.

Salah satu jenis makanan diet ini sangat direkomendasikan sebagai ide sensory play untuk bayi karena memiliki tekstur yang kasar.

Dengan begitu, si bayi akan menggunakan keterampilan mata, tangan dan koordinasi bilateral guna melatih indera peraba nya.

3| Belajar Gerak

Tidak hanya indera visual, kemampuan motorik bayi juga perlu diasah menggunakan berbagai sensory play ideas for babies melalui permainan tracking dan reaching.

Caranya, moms bisa mengajak si bayi bergerak lebih aktif dengan memindahkan mainan dari satu tempat ke tempat lain yang agak jauh.

Pancing si bayi agar menghampiri benda kemudian arahkan untuk memindahkannya dari tempat semula.

Pastikan koordinasi gerak, penglihatan dan visual bekerja sama supaya bayi dapat meningkatkan keseimbangan geraknya.

4| Menguatkan Otot dan Sendi

Manfaat sensory play untuk bayi yang sangat mendukung dalam proses pertumbuhannya adalah dapat meningkatkan kekuatan otot dan sendi.

Menggabungkan keterampilan tangan, aktivitas motorik serta sensorik proprioseptif (gerak antar sendi) melalui permainan exploring the world atau dengan menggoyang-goyangkan mainan si bayi dari tempat yang agak jauh, dapat merangsang keingintahuan si bayi.

Sehingga bayi akan mulai merangkak untuk menggapai mainannya.

5| Mempertajam Penglihatan dan Melancarkan Komunikasi

Sensory play untuk bayi 1 tahun paling sederhana yang bisa moms coba di rumah selagi bayi menemani bayi adalah dengan bermain hide and seek.

Permainan ini dapat membantu bayi untuk mempertajam penglihatannya sebab harus menemukan benda yang sedang disembunyikan.

Tidah hanya itu, si bayi juga secara tidak langsung akan belajar mengenai kesabaran karena harus menemukan mainan yang disembunyikan secara perlahan. Satu per satu.

Menarik, kan?

ide sensory play untuk bayi

Karena sensory play adalah jenis kegiatan yang melibatkan hampir semua indera si bayi, nggak heran jika banyak orangtua mnggunakan metode pengasuhan ini pada buah hati mereka.

Selain menyenangkan, manfaat sensory play untuk bayi juga beragam dan sangat penting dalam proses tumbuh kembang nya.

Oleh sebab itu, parents bisa mencoba membuat sendiri permainan sensorik berbekal sensory play ideas for babies dari Youtube, media sosial ataupun sumber digital lainnya

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

30 comments

  1. Ternyata banyak ya manfaat dari sensory play ini. Dulu kukira cuma buat melatih indra peraba. Eh, taunya bisa untuk memperlancar komunikasi juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuuul

      tinggal disesuain dengan kebutuhan metode bermainnya mbak

      Delete
  2. Semakin kreatif ide membuat sensory play untuk bayi sekarang ini. Tapi manfaatnya semakin baik. Motorik halus bayi berkembang dengan baik banget tentunya. Mom and Dad yang masih mempunyai bayi harus memaksimalkan tahapan memaksimalkan sensory play ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beginilah keuntungan hidup berdampingan dengan kecanggihan teknologi mbak
      apa saja bisa diusahakan berbekal konsep dari dunia maya ^^

      Delete
  3. bagus banget kegiatan sensory play ini ya?

    pertumbuhan bayi jadi maksimal karena mengalami stimulasi perangsangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kak
      karena memang tujuannya untuk menstimulasi bayi supaya lebih maksimal proses tumbuh kembangnya

      Delete
  4. Wah setuju sekali nih, bayi butuh diberikan respon-respon/stimulus tertentu supaya lebih peka terhadap rangsangan, sehingga ini akan membangkitkan daya nalar dan sensoriknya supaya berfungsi dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau masih bayi butuh dilatih dan rangsangan halus supaya peka terhadap sekitar ya kak :)

      Delete
  5. Ada banyak banget manfaat sensory play ya, Kak. Mumpung keponakanku masih usia 6 bulan, mau menyontek kegiatan ini dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, boleh banget kak
      tetapi untuk anak usia 6 bulan, masih perlu pendampingan ya :)

      Delete
  6. Iya memang penting banget mba sensory Play gini dulu anak saya pas usia satu tahunan saya suruh main pasir warna sampai pasir beneran di pantai seru sekali dan efeknya bagus banget buat perkembangan anak anak❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekilas tekstur pasir dan garam sama kan ya kak?
      jadi kalau misal gak nemu pantai, ya bisa diganti dengan pasir kinetik atau garam hehe

      Delete
  7. Wah keren banget ya mbak ternyata sensory play adalah jenis kegiatan yang melibatkan hampir semua indera si bayi, trims mbak mau aku kasih info buat temanku yang habis lahiran ah.

    ReplyDelete
  8. Ilmu banget nih, Kak. Biar nanti pas jadi parent bisa mengaplikasikannya pada anak untuk sensory play ini. Melatih motorik dan berbagai inderanya biar proses tumbuh kembangnya maksimal ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe

      ngumpulin info dulu ya kak
      supaya nanti kalau udah punya baby, bisa langsung eksekusi :)

      Delete
  9. Alhamdulillah masya Allah tabarakallah ❤️ bersyukur banget jadi Ibu di masa teknologi yang canggih jadi banyak hal baru saat mengurus anak apalagi sensory play ini kayak Belajar sambil bermain hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, that's right kak
      konsepnya santai tapi serius

      ibarat kata, emang belajar sambil bermain :)

      Delete
  10. Permainan dan bermain seperti ini membantu anak mengembangkan sensorik lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kak
      karena dengan sensory play, kekuatan otot dan cara berpikir kreatif anak mulai tumbuh

      Delete
  11. terima kasih inspirasinya ya mbak
    memang senosory play sangat berguna untuk menstimulasi tumbuh kembang anak anak ya

    ReplyDelete
  12. Sempat takut juga ya mba lihat anak anak main sensory play soalnya takut ketelan. Tapi kalau udah biasa kayaknya ga perlu takut ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal disesuaikan dengan usia dan harus didampingi mbak
      sebab jika anak tidak mengerti dengan permainan itu sendiri, bukannya belajar malah bisa membahayakan

      Delete
  13. Harus tau nih para ortu, bisa coba gmn membuat permainan sensorik berbekal sensory play ideas for babies dari Youtube. Berguna bagi tumbuh kembang sikecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes!

      bahan-bahan dan caranya juga bisa didapat dari barang-barang yang sudah ada di rumah kak. tergantung kreasi aja kok

      Delete
  14. Artikel yang berbobot banget ini Mbak Nia. Patut dibaca oleh para orangtua yang memiliki anak-anak yang sedang dalam periode tumbuh kembang dan usia keemasan. Banyak hal-hal, trik dan tips yang wajib diketahui agar anak bisa bertumbuh dengan maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel ini ditulis memang tujuannya untuk berbagi mbak ^^ dan alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Delete
  15. Makasih sharingnya mbak, jadi ada ide nih buat main sama bocah

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!