3 Manfaat Baik Game Online Untuk Anak, Sudah Tahu?

Game Online Untuk Anak

Sejatinya, setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan musik, dengan permainan, melihat gambar atau hanya fokus pada buku pelajaran.

Bagi kelompok anak dengan gaya belajar visual, mereka cenderung tertarik jika bahan ajar berupa gambar, ilustrasi atau video.

Kebetulan, sebuah situs game online untuk anak punya ragam jenis permainan seru yang bisa dimainkan bersama keluarga maupun sebagai penunjang belajar dari rumah.

Apa saja itu?

Yuk, simak macam-macam free game online untuk anak di bawah ini. Semoga suka, ya 👇👇👇 

🌈 SIMULATION GAMES

game online gratis

Pada kategori ini, anak-anak akan belajar tentang memahami lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur real pada masing-masing game online gratis akan mendorong anak untuk berusaha menyelesaikan suatu permasalahan dalam kondisi tertentu. Tentu saja hal ini berdampak baik pada proses tumbuh kembang anak dalam memahami situasi sekitar kehidupannya.

Ada Build & Protect, Penguin Cafe, Flight Sim dan Fight Virus. Semua nya bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

🌈  PIN BALL

game online pc gratis

Game online PC gratis dari Plays.org ini sangat bagus untuk melatih ketangkasan anak. Setiap permainan memiliki tingkat kesulitan berbeda.

Dimana beragam jenis bola yang dimainkan sudah disesuaikan dengan tema yang ada. Ada Space Adventure Pinball, Bin Pall, Mousetrap bertema Tom & Jerry dan Foot Chinko yang bernuansa bola sepak dengan award winning 94-level pinball and pachinko hybrid.

🌈 EDUCATION

game edukasi anak pc

Jika dilihat dari katalog game edukasi anak PC, banyak sekali macam-macam permainan edukasi yang bisa dimainkan oleh anak secara gratis.

Matematika lengkap dengan perkalian, pengurangan, penjumlahan sekaligus desimal dan pecahan. Serta Virtual Xylophone yang akan mengajak anak bermain-main dengan melodi.

Namun jika ingin yang lebih menantang, bisa pilih Zombie Typing sekalian belajar bahasa inggris 👌

🌈 COMICS GAMES

free game online untuk anak

Bersama Avengers Hydra Dash, Batman Gotham City Speed, Incredible Hulk Chitauri Takedown dan Spyder Man Mysterio Rush, anak-anak akan diajak membasmi kejahatan dan menegakkan kebenaran.

Tak lupa, para superhero tersebut juga akan membawa anak-anak berpetualang  menggunakan kekuatan super.

Berlari, mengejar musuh, menangkap penjahat dan aktivitas lainnya yang akan memacu adrenalin si anak meskipun secara virtual 😎

🌈 CARTOON GAMES

game online untuk anak perempuan

Sebenarnya game online untuk anak boleh dimainkan oleh siapa saja. Baik anak laki-laki maupun  perempuan, semua boleh menikmatinya.

Pada kategori ini, game online untuk anak-anak laki-laki banyak sekali jenisnya. Tidak hanya itu, tersedia juga game online untuk anak perempuan seperti The Powerpuff Girls Unordinary Week.

Yang mana setiap level game nya terdiri dari web-based, fun beat-em-up dan classic platformer.

🌈 NEW & COOL

games anak terbaru

Nah, sebagai situs game online untuk anak yang menyediakan berbagai macam permainan online, Plays.org selalu punya stok games anak terbaru, lho.

Seperti Colorush, Super Spice Dash, Double Trouble in Mirror Castle, Money Land 2 dan masih banyak lagi.

Selain yang disebutkan di atas, Plays.org punya ribuan jenis game edukasi anak PC yang bisa dimainkan secara cuma-cuma alias GRATIS!!

Mengenai manfaat game online PC gratis itu sendiri, beberapa penelitian menyebutkan bahwa selain menghibur, berikut sisi positif mengizinkan anak untuk bermain game online gratis yang harus Mom and Dad tahu :

1| Mengasah Otak

Beberapa jenis permainan tanpa disadari justru mendorong anak untuk selalu berpikir dan bertindak kritis.

Seperti Zombie Typing, misalnya.

Game online untuk anak-anak laki-laki ini ternyata juga bisa dimainkan oleh anak perempuan, lho. Dimana dalam setiap levelnya, user akan ditandang untuk mengetik cepat. Yang jika kalah, maka akan mendapat hukuman.

Dengan begitu, anak-anak akan terpacu untuk berpikir cepat demi menjadi pemenang 😎

2| Melatih Berbagai Keterampilan Non-akademis Si Anak

Selain pendidikan umum, anak-anak juga perlu dibekali dengan banyak hal. Wawasan yang luas serta keterampilan yang dapat menunjang tumbuh kembangnya.

Permainan yang cocok sekaligus mengedukasi bisa menjadi pilihan orangtua untuk menumbuhkan keterampilan anak tersebut.

Misal, menggunakan macam-macam games anak terbaru yang disediakan Plays.org. Dari sana kemudian akan diketahui apa aja minat dan bakat si anak.

Apakah, menulis, membaca, bermain bersama hewan atau cenderung pada kesenian seperti bernyanyi, menari dan memainkan alat musik.

3| Melatih Ketajaman Mata dan Ketangkasan Berpikir

Beraneka ragam permainan yang disediakan oleh Plays.org akan membantu anak dalam melatih ketajaman mata, ketangkasan berpikir sekaligus mengasah kreativitasnya dalam waktu bersamaan.

Jenis game online untuk anak perempuan dan laki-laki sudah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Bisa langsung dimainkan pada situsnya tanpa harus download aplikasi terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, kelebihan lain dari ragam permainan yang terdapat pada situs video game ini juga sangat berguna dalam proses pertumbuhan pola pikir anak.

Dimana beberapa jenis permainan akan mengajak anak dalam menemukan berbagai potongan kata dalam puzzle yang kemudian bisa dirangkai menjadi sebuah kata setelah disusun secara sempurna.

free game online untuk anak

Meskipun banyak orangtua percaya bahwa bahaya game online untuk anak itu sangat mengerikan, namun jika memilih permainan yang sesuai dengan usia dan jenis kelamin, saya rasa semua aman, kok.

Game online untuk anak kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab selain menghibur, banyak sekali jenis permainan yang sifatnya mengedukasi.

Anak-anak usia balita pun kini bisa bermain game online sebagai sarana pembelajaran. Tapi tetap harus disertai bimbingan dan pengawasan oleh orangtua, ya.

Dan sekadar tips, jika memang masih ragu mengizinkan anak untuk bermain game pada gadget. Baik itu ponsel, tablet, laptop maupun personal computer. Ada baiknya, Moms or Dad menetapkan screen time saja 👍

Cara ini sangat efektif agar anak terhindar dari kecanduan game online untuk anak. Juga baik untuk menjaga kesehatan mata si anak dari efek buruk sinar biru.

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

45 comments

  1. ternyata nge-game banyak manfaatnya ya mba
    asalkan bisa memilah dan memilih games yg tepat.
    makasi sharing-nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak
      game online saat ini bukan cuma untuk hiburan
      tapi juga bisa dibuat belajar :)

      Delete
  2. Wah saya sebagai guru juga sering nemu game edukatif di plays.org. Banyak materi pembelajaran yang bagus kalo diterapkan pakai game disitu. Pasti siswa senang dan gak bosen lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada pak guru di sini
      semoga semakin bertambah wawasannya ya pak
      di Plays.org tuh ada banyak jenis permainan
      bisa untuk anak-anak dan dewasa.

      lengkap pokoknya ^^

      Delete
  3. Wah ada game tema zombie ya mbak. Saya seneng soalnya genre zombie ini hehehe. Main games asal tahu waku menurut saya ga ada salahnya ya mba. Dan mainnya juga setelah semua pekerjaan rumah selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul
      timing nya harus tepat ya mbak
      yang prioritas di dahulukan biar main game online nya gak keganggu
      >.<

      Delete
  4. Sepertinya lumayan ok nih games dari plays.org. pilihan games nya menarik

    ReplyDelete
  5. Online games memang gak selalu jelek. Anak-anak saya terkadang menemukan berbagai kosa kata baru saat main game. Ya itung-itung sekalian belajar bahasa Inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya
      bermain sambil belajar gitu deh konsepnya mbak

      Delete
  6. auto buka Plays.org, ternyata banyak game nya ya?

    karena udah lama ingin main game tapi memory HP saya penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan banget, kak
      di Plays.org bisa langsung main tanpa harus download aplikasinya

      video game gratis yang banyak banget dan bisa dimainkan kapan saja :)

      Delete
  7. Prespektif orang tentang games online biasanya negatif, tapi kalau ternyata ada kajian games online lebih besar manfaatnya buat kecerdasan anak ya mungkin emang games nya edukatif sekali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena memang stigma masyarakat dari dulu seperti itu kak
      kebetulan juga kebanyakan yang kecanduan game online gratis efeknya memang gak bagus

      padahal kalau pilihan nya tepat dan pinter atur waktu, pasti bakal baik-baik aja

      Delete
  8. Iya juga ya, sebenarnya main game online itu bermanfaat juga buat anak-anak, buat orang dewasa aja bermanfaat, apalagi anak ya.
    Anak saya juga sering main game ini, yang comic dan cartoon game :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang cartoon juga keren-keren
      comic apalagi, makin menantang

      Delete
  9. Game anak memang bisa menghibur, bermanfaat namun jangan lama-lama, biar aktifitas gerak juga penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, makanya screeen time itu penting kak, supaya anak gak kecanduan

      Delete
  10. Banyak memang manfaat game bagi anak jika dijalankan dengan bijak, ya

    ReplyDelete
  11. Sekarang orang tua memandang game online untuk anak itu harus obyektif ya mba. Game bisa jadi hiburan, bisa jadi edukasi, tapi kalo tak terkontrol juga bisa jadi pembunuh kreativitas anak dan memicu obesitas. Main games berlebihan juga bisa bikin anak bermasalah perilaku. Semua bagaikan dua mata pedang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak
      betul sekali
      tergantung bagaimana orangtua menyikapi dan mengontrolnya

      Delete
  12. iya game ini bisa bikin candu, tapi bisa mengasah ketrampilan otak dan motorik anak juga. Jadi tinggal kita sebagai orang tua aja yang mesti bijak mengarahkan anak-anak untuk main game apa dan juga membatasi waktunya

    ReplyDelete
  13. Bener tuh mbak. kami termasuk orangtua yang masih mengizinkan anak-anak bermain game tetapi tentunya dengan beberapa pertauran yang harus dipatuhi plus gamenya harus kami yang nyariin. Nah, kalau yang mbak sebut diatas, saya rasa aman untuk anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, samaan dong kita
      biasanya juga, kalau cari game aku idupin pengaturan kontrol orangtuanya. biar gak salah pilih

      Delete
  14. Setiap hal pasti ada positif negatif ya, Mbak, termasuk game online. Saya setuju sih kalau kita tetap harus memberikan screen time juga, karena biasanya anak-anak kalau udah asyik, bisa lupa waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, manusia aja gak ada yang sempurna
      apalagi ciptaan manusia
      makanya harus pandai-pandai memilih dan memilah mbak

      Delete
  15. Ada juga manfaat bahasa. Jika kita, para orang tua, berpikir dengan lebih kritis, banyak game yang mengajarkan banyak penguasaan bahasa. Terutama bahasa asing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak
      karena memang ebanyakan produk luar negeri ya :)

      Delete
  16. mesti pilih2 ya cari games online untuk anak yang bermanfaat karena makin banyak sekarang games yang enggak baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget malah mbak
      makin bervariasi dan beragam manfaatnya

      Delete
  17. screen time dibatasi udah emang paling pas, karena gak semua anak bisa bebas dari game ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeessss
      apalagi selama stay at home, main dan belajarnya gak jauh dari gadget ya bun >.<

      Delete
  18. Gamesnya unyu-unyu banget ya tampilannya, jadi inget dulu gamebot sebelum games online menyerang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau kenal gamebot, berarti kita seumuran mbak
      wkwkwk

      Delete
  19. Nggak selamanya ngegame itu buruk ya mba, apalagi sekarang udah ada esport. Pertandingan ngegame yang bisa menjadi ajang perlombaan bahkan di PON kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, eSport aja semakin berkembang ya
      udah mulai dilirik banyak perusahaan teknologi juga
      kan lumayan main bisa dapet cuan

      Delete
  20. Wahhh... ini nih mesti di highlight ngegame pun kalo diatu bisa jadi bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Apapun selalu ada sisi manfaat dan dampak negatifnya tinggal pinter-pinter orangtua melakukan time management mengatur gaming anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya, semua aplikasi. baik itu game atau media sosial, pasti ada nilau plus dan minusnya mbak

      tinggal kita aja sebagai user harus jeli dalam memilih :)

      Delete
  21. Wah mbak keren banget ternyata game anak ini manfaatnya lumayan banyak ya mbak buat anak-anak tinggal sebagai ortu pinter-pinter memilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak
      juga jangan lupa didamingi ya ketika bermain game online
      supaya tidak sembarangan membuka situs terlarang ^^

      Delete
  22. Banyak manfaat sih main game jika kita bisa paham dan bijak memanfaatkan buat anak2. Bahkan katanya bisa melatih ketajaman daya pikir juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget bun
      game sejenis itu biasa nya seputar matematika atau pelajaran nalar

      Delete
  23. banyak manfaatnya tapi perlu juga kontrol pada anak agar tak berlebihan

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!