Macam-Macam Hak dan Kewajiban Anak Selama di Rumah

hak anak di rumah

Sama halnya dengan orang dewasa, anak juga memiliki hak dan kewajiban selama berada di rumah, di sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Dimana hak dan kewajiban tersebut harus ditunaikan sesuai porsi dan kemampuan masing-masing orangtua.

Menurut Wikipedia, hak adalah sesuatu yang wajib diterima atau didapatkan. Sedangkan kewajiban merupakan suatu hal yang harus dikerjakan atau dilaksanakan.

Hak anak di rumah menjadi tanggung jawab orangtua. Artinya, orangtua wajib memberikan apapun yang menjadi hak mereka. Entah itu kebutuhan batin, fisik maupun sekadar makan dan minum.

Lalu, apa saja hak anak di rumah? Yuk, simak penjelasan di bawah ini agar orangtua semakin paham dengan hal-hal yang menjadi hak anak selama berada di rumah:

  1. Hak mendapatkan perhatian dan kasih sayang
  2. Hak mendapatkan perlindungan
  3. Hak mendapatkan makan dan minum
  4. Hak mendapat hiburan
  5. Hak mendapat akses kesehatan dan pendidikan
  6. Hak mendapat kesejahteraan hidup
  7. Hak mendapat nama dan identitas
  8. Hak keadilan dan persamaan
  9. Hak mendapatkan informasi dan partisipasi
5 hak dan kewajiban anak di rumah

Setiap anak berhak disayangi dan dicintai dengan sepenuh hati. Ada berbagai cara untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih kepada anak. Bisa melalui sebuah pelukan, perhatian, reward atau afirmasi yang membuat anak nyaman dan tenang.

Anak juga harus dilindungi dengan segenap jiwa. Entah itu dari pengaruh buruk lingkungan, kondisi yang mengancam jiwa dan raga maupun dari sesuatu  yang bisa merusak mental, seperti pelecehan atau kekerasan seksual.

Bagi sebagian orangtua, mungkin akan berpikir jika hak sebagai anak di rumah adalah dengan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok yang meliputi makan, minum, sekolah, tempat tinggal dan uang jajan. Namun ada hal penting yang seringkali terlupakan. Yaitu hak mendapat hiburan atau bermain.

Setiap anak berhak menikmati masa pertumbuhan dan perkembangannya dengan optimal. Salah satunya dengan cara bermain. Orangtua berhak memberikan hiburan kepada anak agar tidak stres. Jika anak menjadi stres, maka akan berdampak pada tingkat produktivitasnya sehari-hari.

Orangtua juga tidak boleh mengeksploitasi anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang biasa dikerjakan oleh orang dewasa. Mencai uang, misalnya.

Selain itu, orangtua juga harus bisa mengedukasi anak tentang pentingnya mengajukan opini, berani berkeluh kesah dan turut melibatkan anak di berbagai kesempatan guna membangkitkan semangat nya dalam bersosialisasi.

Hak anak di rumah semacam itulah yang nantinya akan menjadi bekal anak dalam beradaptasi di lingkungan sosial. Tak lupa, orangtua juga perlu memberikan dampak positif selama mendampingi anak di rumah supaya:

  • Anak mampu hidup dengan baik jika jauh dari orangtua dan keluarga
  • Terhindar dari perilaku buruk dalam kehidupan bermasyarakat
  • Lebih menghargai perbedaan
  • Saling menyayangi serta mengasihi antar manusia dan juga hewan
hak di rumah

Bukankah memiliki anak yang paham aturan dan berbudi pekerti baik adalah harapan setiap orangtua? Oleh sebab itu, setiap hal baik dan bernilai positif harus dikenalkan sejak dini. Caranya bisa dimulai dari dalam rumah.

Nah, karena hak merupakan sesuatu yang wajib di dapat oleh anak maka sebelum mendapatkan haknya, biasanya anak harus melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat mengajarkan anak perihal nilai kedisiplinan.

Adapun hak kewajiban dan tanggungjawab anak di rumah yang perlu dilaksanakan dengan baik, yaitu:

  1. Patuh dan berbakti kepada orangtua
  2. Hormat dan sayang kepada anggota keluarga
  3. Menyelesaikan pekerjaan rumah (PR)
  4. Menjaga kebersihan rumah
  5. Menjaga nama baik keluarga

hak sebagai anak di rumah adalah

Dengan memenuhi hak anak di rumah, berarti orangtua turut berkonstribusi menanam kebaikan selama proses tumbuh kembang anak. Baik secara fisik maupun mental.

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. Selama ini, orang lebih banyak menyorot hak anak di luar rumah ya, Mbak. Ternyata, hak anak di dalam rumah juga harus dipenuhi. Dan justru kalau hak dalam rumah anak sudah terpenuhi, maka akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan aktivitas di laur rumah juga. Termasuk sampai remaja dan dewasa.

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah tahu tanggung jawab maka di anak akan tahu aturan di rumah yang harus di patuhi dan bersikap sopan.

    ReplyDelete
  3. Hak dan kewajiban anak ini seharusnya si anak sendiri mengetahuinya ya. Sehingga ia bisa bertanggung jawab, lalu bisa melakukan apa yang seharusnya ia lakukan sebelum meminta apa yang bisa ia dapatkan

    ReplyDelete
  4. makasih kak remindernya, masih terus berusaha menjadi ibu yg baik agar hak anak terpenuhi

    ReplyDelete
  5. Bener mbak, antar hak dan kewajiban anak memang harus seimbang yaaa, sesuai kebutuhan dan tentu akan ada banyak manfaatnya. Tidak mudah sepertinya mengasuh anak dengan sempurna, tapi kita bisa melakukan yang terbaik ya bun.

    ReplyDelete
  6. ngomongin hak dan kewajiban itu harus diajarkan sedini mungkin biar mereka gak cuma ingin haknya saja, tetapi tahu kewajiban dirumah, minimal bantu rapi-rapi yaaa

    ReplyDelete
  7. Penting sekali untuk mengetahui hak dan kewajiban anak di rumah. Tentunya sebagai orang tua pun harus sudah memberikan informasi tersebut ya agar bisa dijalankan dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Tulisannya bagus, dan aku setuju hak anak-anak perlu dipenuhi supaya bisa menjadi bekalnya untuk masuk ke kehidupan masyarakat yang sesungguhnya ya.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah semoga kita jadi orang tua bisa ngasih semua hak anak dengan baik ya, tanpa kekurangan tanpa paksaan

    ReplyDelete
  10. Baca ini saya malah jadi sedih, ketika banyak anak-anak yang tidak mendapatkan haknya. Terutama kasih sayang orang tuanya, bahkan ada yang disakiti di telantarkan. padahal kasih sayang itu gratis. Duh Gusti lindungi anak-anak di muka bumi ini.

    ReplyDelete
  11. Moga anak kita tumbuh menjadi anak yang baik dan berbudi pekerti luhur ya kak. Yang faham akan hak dan kewajibannya selama di rumah.

    ReplyDelete
  12. Wah iya
    Anak itu punya hak dan kewajiban masing-masing ya mbak
    Sebagai orang tua kita harus memastikan bahwa anak bisa menjalankan hak dan kewajiban dengan baik

    ReplyDelete
  13. ah jadi reminder lagi untuk terus bersemangat dan lillah dalam menunaikan hak anak. kadang aku juga masih lalai terutama kalau udah kebelet ngomel2 gitu mba hehehe

    ReplyDelete
  14. Harus seimbang ya mba antara memberikan hak anak dan anak pun harus memenuhi kewajibannya di rumah biar sama-sama nyaman dan enggak stres. Setuju sih, anak-anak kecil tuh harusnya mendapatkan waktu bermain yang cukup juga, bukan malah harus menghasilkan uang. Biar gak kehilangan momen

    ReplyDelete
  15. Semoga setiap orangtua dapat memenuhi hak anaknya ya. Sekarang banyak anak yang protes karena merasa ortu kurang memenuhi hak mereka.

    ReplyDelete
  16. Memahami hak dan kewajiban anak ketika bertumbuh ini menjadi PR besar buat orangtua dalam menanamkan karakter anak. Paham banget kalau anak sekarang kritis dan semoga dengan nilai-nilai yang kita tanamkan, bisa berbuah kebaikan di masa depan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!