5 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan

waktu mustajab untuk berdoa

Ramadan merupakan bulan ke-9 dalam kalender islam yang selalu dirayakan setiap tahunnya oleh umat muslim di seluruh dunia dengan berpuasa selama 30 hari.

Selain ibadah puasa, ada beberapa amalan yang dapat menambah pahala selama bulan ramadan. Seperti sholat tarawih, bersedekah, tadarus alquran dan memperbanyak doa.

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan." - HR. Al Bazaar

Dikutip dari Rumaysho.com, menurut hadis riwayat Al Bazaar, waktu mustajab untuk berdoa ialah setiap hari di bulan ramadan. Akan tetapi, terdapat waktu-waktu tertentu yang diyakini sebagai waktu terkabulnya doa, yaitu:

waktu terkabulnya doa selama ramadan

1| Pada Waktu Sahur

Sahur merupakan salah satu ciri khas dari bulan ramadan. Dimana pada waktu ini, umat muslim akan mengisi energi supaya kuat secara fisik dalam menjalani ibadah puasa dari fajar hingga petang.

Saat sahur, disarankan juga untuk berdoa, memohon ampun pada Allah SWT dan memperbanyak istigfar karena pada waktu sepertiga malam itulah pintu-pintu langit terbuka sekaligus merupakan waktu terkabulnya doa selama ramadan.

Ibnu Hajar pun menjelaskan dalam hadis nya, "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32)

2| Saat Berpuasa

Puasa merupakan salah satu jalan meraih ketakwaan. Dimana jika dilakukan dengan benar dan ikhlas, akan diganjar pahala yang sangat besar.

Tidak hanya itu, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

, ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ 

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Bukankah kekuatan doa di bulan ramadan itu sungguh menakjubkan?

waktu mustajab untuk berdoa di bulan ramadhan

3| Ketika Sedang Berbuka

Menurut hadis riwayat muslim, keutamaan berbuka dapat mendatangkan dua kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan saat berbuka dan kedua, kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb nya.

Hadis riwayat Ibnu Majah juga menyebutkan bahwasannya, berbuka adalah waktu mustajab untuk berdoa.

سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

"Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka." - HR Ibnu Majah

4| Pada Malam Lailatul Qadar

Para ulama tafsir menyebutkan, malam Lailatur Qadar biasanya ditandai dengan ketenangan. Dimana malaikat-malaikat akan turun ke bumi guna menyapa hamba-hamba Allah yang beribadah.

Saking banyaknya malaikat yang turun -termasuk Malaikat Jibril- sehingga bumi terasa sesak. Suara bising meredup, angin-angin berhenti, alam pun jadi teduh dan nikmat.

Malam Lailatur Qadar juga digunakan oleh umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Sebab pada malam mulia lebih dari seribu bulan ini, Allah menjanjikan berbagai keistimewaan.

Tirmidzi dan Ibnu Majah mengatakan, bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam penuh kesejahteraan dan merupakan waktu terkabulnya doa selama ramadan.

قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى 

"Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku." - H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah

Maka dari itu, jangan meragukan kekuatan doa di bulan ramadan. Terutama pada malam istimewa yang disembunyikan ini. Sebab bisa jadi, kamu lah salah satu yang beruntung mendapatkan Lailatul Qadar. Dan tentu, pahala sama dengan 1000 bulan adalah hadiah terbaik tiada tara.

5| Dalam Sujud

Sujud adalah salah satu gerakan sholat dengan menempelkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung kaki pada lantai atau sajadah.

Pada gerakan ini, Allah menjanjikan pahala yang luar biasa. Mengapa?

Karena sujud merupakan sikap merendahkan diri yang utuh kepada Tuhannya. Pada saat ini pula, segala doa akan dikabulkan.

Tidak hanya pada sujud terakhir, waktu mustajab untuk berdoa di bulan ramadan juga berlaku pada semua gerakan sujud dalam sholat.

Allah berfirman dalam surat Qaf ayat 16:

وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ 

"Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya." - (Qaf/50:16)

Sejalan dengan Firman tersebut, Hadis Riwayat Muslim juga menyebutkan, waktu terkabulnya doa selama ramadan adalah ketika seorang hamba sedang bersujud dan memohon pada Tuhannya.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ رواه مسلم

"Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa." - HR. Muslim

kekuatan doa di bulan ramadan

Mengingat ramadan adalah bulan penuh berkah dengan banyak keutamaan, maka jangan pernah sia-siakan. Gunakan waktu mustajab untuk berdoa supaya apa yang disemogakan segera diaminkan.

Well, selamat menunaikan ibadah puasa. Jaga kesehatan dan jangan lupa tunaikan zakat, ya 🤗

Sumber referensi:

  • Rumaysho.com
  • Dalamislam.com
  • Almunawwar.or.id
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

60 comments

  1. Sungguh luar biasa waktu mustajab tersebut ya. Sebenarnya masih ada lagi beberapa waktu terkabulnya do'a selain daftar di atas ya...

    Terima kasih atas sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya semua waktu dalam ramadan itu baik, kak
      hanya saja, ada waktu-waktu tertentu yang memang diistimewakan oleh Nya, seperti di sepertiga malam misalnya :)

      Delete
    2. Yuk manfaatkan bulan Ramadan untuk banyak-banyak berdoa dan istighfar, mumpung di bulan penuh berkah dan kebaikan....

      Delete
  2. Terimakasih atas ilmunya Kak.. Banyak sekali hal yang ingin kita panjatkan dalam doa kepada-Nya. Setiap kita punya harapan dan membutuhkan waktu yang mustajab untuk menyampaikan doa supaya lebih kuat kemungkinan terkabulnya.

    ReplyDelete
  3. Wiwin | pratiwanggini.netApril 20, 2021 at 4:55 AM

    Iya, benar sekali. Kelima waktu tersebut adalah waktu-waktu yang sangat istimewa di bulan Ramadhan. Terima kasih sudah mengingatkan 😊

    ReplyDelete
  4. Masya Allah. Baca ini pas lagi cuti puasa rasanya pengen cepet-cepet bersih dan puasa lagi. Meskipun memang, segala sesuatu kalo diniatkan karena Allah akan bernilai ibadah, rasanya tetap pengen segera bisa berpuasa Ramadhan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ramadan kemarin benar-benar membawa hidayah untuk kita semua ya mbak :)

      Delete
  5. Oleh karenanya di bulan penuh berkah ini kuy banyak-banyak bermunajat kepada Allah Swt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ramadan selalu membawa berkah :)

      Delete
  6. Saat menunggu berbuka saya biasanya mengajak anak-anak untuk berdoa kak. Alhamdulillah anak-anak jadi terbiasa untuk melangitkan doa.
    Saat berpuasa memang saat waktu mustajab jadi bertambah ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena bulan ramadan memang bulan penuh berkah
      jadi hampir semua waktu di dalamnya memiliki keistimewaan tersendiri :)

      Delete
  7. Artha Nugraha JonarApril 20, 2021 at 12:20 PM

    Saat bulan puasa ini adalah saat yang dinantikan bagi seorang muslim. Di bulan Ramadhan ini juga menjadi bulan yang penuh berkah. Semoga doa dan amalan kita selama bulan Ramadhan ini diterima

    ReplyDelete
  8. Allah sungguh baik memberikan kita waktu yang mustajab untuk berdoa. Tapi manusia tempatnya lupa, terima kasih telah mengingatkan kembali...

    ReplyDelete
  9. Banyak waktu yang digynakan untuk berdoa di bulan penuh berkah ini ya, harus dimanfaatkan sebaik mungkin di bulan ini supaya doa terkabul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dong
      walau nyatanya berdoa bisa kapan saja
      Tapi munmpung bertemu bulan penuh berkah, nggak ada salahnya selalu meminta pada Nya, kan?

      Delete
  10. Masya Allah, terima kasih ya kak, semoga bulan Ramadan ini kita semua bisa maksimal dalam ibadah dan doanya dikabulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.
      Semoga doa-doa baik dikabulkan, ya kak ^^

      Delete
  11. Amiiin, Insya Allah mbak semoga apa yang kita doakan dalam bulan suci ramadan ini diijabah oleh Allah SWT ya mbak. Semoga puasa dan semua ibadah kita semua di bulan ini berkah.

    ReplyDelete
  12. Sering kali kita cuma fokus pada malam Lailatul Qadar yaa..padahal ada banyak waktu lain yang jadi waktu terbaik untuk berdoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyallah semua waktu baik, kak
      cuma memang ada waktu-waktu istimewa yang disiapkan Tuhan supaya hambanya mau meminta dan berdoa :)

      Delete
  13. Insya Allah doa-doa dalam sujudku dikabulkan.

    ReplyDelete
  14. Jika telah mati anak manusia ada 3 amalan yg tak akan putus. Sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat serta doa anak yang sholeh. Artikel ini bagi saya termasuk ilmu yang bermanfaat. Makasi sharingnya mba.

    ReplyDelete
  15. Jadi sebenarnya sepanjang hari selama puasa itu doa kita insyaa Allah dikabulkan ya. Gasslah perbanyak doa baik.

    ReplyDelete
  16. Subhanallah, Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Banyak waktu untuk berdoa yang bis dikabulkan

    ReplyDelete
  17. Subhanallah bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Setiap hari sepanjang bulan Ramadhan adalah waktu terkabulnya doa2 kita...sudah sepatutnya kita memanfaatkan bulan ini untuk beribadah lebih khusyu' lagi seraya memohon ridho Illahi....

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah.. berdoa di waktu mustajab dan di bulan penuh berkah klop deh. Makanya banyak-banyak ibadah dan minta kebaikan di bulan Ramadan ini ya mbak

    ReplyDelete
  19. Masya Allah, memang Ramadan ini bulan penuh berkah ya mbak
    Sudah seharusnya kita banyak banyak berdoa di bulan mulia ini

    ReplyDelete
  20. Udahlah Bulan Ramadhan itu bulan penuh ampunan. Masih ada lagi waktu dimana doa diijabah ya, Kak.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih remindernya, kita butuh tapi suka lupa berdoa.semoga ya doa-doa kita semua terkabul di Ramadhan ini..

    ReplyDelete
  22. Bulan Ramadhan ini memang bulan yg pernuh berkah.. Banyak pahala dan terkabulnya doa di tiap langkah kita.. Mkasih remindernya kak..

    ReplyDelete
  23. Ya Allah semoga ramadan kali ini bisa menjawab doa-doa dan harapan banyak orang, ahhh makin getolin ahh doa dan mintanya sama Allah :))

    ReplyDelete
  24. Makna Lailatul Qadar yang sangat misteri ini banyak diburu khususnya di sepertiga bagian bulan ramadan malam ganjil. Senang saya melihat masjid full dengan yang itikaf. Semoga kita menjadi bagian yang mendapatkan malam sribu bulan tersebut. Aamiin...

    ReplyDelete
  25. ramadhan emang bulan yang penuh berkah ya mba. Jadi bulan ladang pahala juga buat kita semua.

    ReplyDelete
  26. Kalau saat sujud, tidak hanya sedang di bulan Ramadhan aja sepertinya, saat bulan lain pun ini jadi momen yang bagus buat memanjatkan doa.

    ReplyDelete
  27. Pokoknya jangan sia-siakan waktu2 ini untuk berdoa, Ramadan memang kesempatan bagus untuk beribadah dan berdoa.

    ReplyDelete
  28. Masya Allah. Luar biasa ya keutamaan Ramadhan. Aku baru mulai puasa nih. Awal Ramadhan masih cuti. Hehe.... Makasih artikel cantiknya, Mbak. Jadi makin semangat untuk berdoa dan beribadah sebanyak-banyaknya, sebaik-baiknya di bulan Ramadhan ini,

    ReplyDelete
  29. langsung diterapkan dan dimasukkan kedalam jadwal pengingat biar bisa langsung diterapkan, ibadah jadi semakin lancar dan paripurna

    ReplyDelete
  30. MasyaAllah, semoga doa-doa yang kita panjatkan di saat waktu mustajab ini bisa dikabulkan ya, kakak. Aamiin. Jujur, saya baru banyak permintaan di Ramadhan tahun ini. Semoga ada doa-doa yang terijabah, aamiin

    ReplyDelete
  31. Bulan yang suci untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala.Mari panjatkan doa sehingga Allah mengabulkan, sesuai dengan kebutuhan kamu.

    ReplyDelete
  32. Wow... Memang bener sih bulan Ramadhan cocok banget buat berdoa untuk kebaikan kita. Doa yang dilangitkan saat bulan puasa dengan sungguh2 akan didengar Allah. Makasih kan infonya ttg waktu doa yang bagus...

    ReplyDelete
  33. MasyaAllah diingetin lagi untuk selalu dekat dengan sujud, tilawah Quran dan waktu2 mustajab dikabulkannya doa. terimakasih mbaa :))

    ReplyDelete
  34. Menjelang berbuka puasa atau pas berbuka puasa ya mbak.. saya belum cari2 lagi

    ReplyDelete
  35. terkadang kita lalai pas waktu waktu mustajab ini ya. padahal mungkin keinginan kita banyak, dan ingin dikabulkan. harus mulai merutinkan nih berdoa di waktu mustajab.

    ReplyDelete
  36. Masyaallah, Ramadan memang bulan penuh berkah. Bahkan setiap sujud dalam salat pun patut diganjar pahala terkabulnya doa. Ini juga menjadi pengingat, agar Ramadan yang tidak lama dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah.

    ReplyDelete
  37. Masya Allah, itulah keistimewaan Bulan Ramadhan ya, semoga kita gak nyia-nyiain :)

    ReplyDelete
  38. Masya Allah.. ramadan penuh waktu mustajab untuk melangitkan doa-doa yaa.. semoga di bulan ramadan ini, semua hajat bisa terkabul. Aamiin.

    ReplyDelete
  39. Barakallahu fiik~
    Selama Ramadan, semua hajat akan dimudahkan dan perbanyak berdoa di waktu-waktu mustajab, selain di saat sholat yang memang waktunya berdoa secara khusyu.

    ReplyDelete
  40. Masyaallah makasih mba infonya. Insyaallah kita jadi orang yang memanfaatkan dengan baik bulan ramadan ya mba. Aamiin.

    ReplyDelete
  41. Ramadan memang bulan yang penuh ampunan dan berkah. Serta bulan yang istimewa karena di dalam 24 jam, banyak sekali waktu-waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

    ReplyDelete
  42. doa pas lagi tidur diijabah gak ya? siapa tau pas lagi tidur, mimpinya lagi doa 😅

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!