6 Game Solitaire Paling Populer yang Bisa Bantu Perbaiki Mood

game solitaire terbaik

Ketidakpahaman seseorang terhadap manfaat game ternyata membuat salah kaprah. Padahal menurut sebuah penelitian, bermain game memilki banyak manfaat bagi kesehatan jiwa.

Diketahui, saat bermain game, sistem syaraf parasimpatis akan bekerja mengurangi tekanan yang menyebabkan stres. Sehingga bermain game dinilai sebagai cara yang efektif dalam mengatasi depresi.

Beruntungnya, situs video game Solitaire.org punya koleksi game solitaire terbaik yang bisa dimainkan kapan saja. Baik secara online maupun offline.

Nah, berikut 6 game solitaire paling populer yang bisa bantu perbaiki mood. Saya sudah coba, kamu kapan? 😎

1| KLONDIKE

game kartu remi
Contoh permainan Klondike by Solitaire.org

Dikenal juga sebagai solitaire classic, Klondike Soltaire merupakan game kartu remi yang bisa dimainkan sendiri.

Pertama kali mencobanya, saya kira ini adalah permainan kartu seperti pada umumnya. Tetapi dugaan saya salah. Permainan ini begitu menantang dan sukses membuat saya penasaran.

Meski dimainkan seorang diri, permainan ini sangat disiplin dalam menghitung waktu. Semakin cepat permainan diselesaikan, maka semakin bagus skor yang akan diperoleh. Berbeda jika ikut serta dalam sebuah pertandingan, maka pemenangnya ditentukan dari siapa yang paling cepat.

2| FREECELL

game remi terbaik
Freecell Solitaire Games by Solitaire.org

Game Solitaire gratis lainnya yang sudah saya coba adalah Freecell. game remi terbaik yang bisa jadi "alternatif ketika sedang bosan atau bad mood.

Game ini memiliki 4 fondasi di sebelah kanan dan 4 sel bebas di sebelah kiri. Dimana dalam setiap pergerakan kartu akan mendapat nilai 1 poin.

Menariknya, bagi pemula yang baru pertama kali main, akan mendapat poin sebesar 500 sebagai bekal membersihkan meja. Selain itu, jika tidak setuju atau ingin merubah kesepakatan di tengah permainan, maka cukup menekan tombol "kesepakatan baru" dan lanjut main dengan seru 👌

3| SPIDER

game solitaire bisa dimainkan offline dan online secara gratis
Spider Solitaire by Solitaire.org

Spider adalah game kartu remi royal flush dengan 3 level permainan bertingkat mulai dari easy, medium hingga hard.

Cara mainnya pun cukup mudah. Spider Solitaire automatis akan menampilkan kesepakatan setelah menghitung pasangan kartu. Setelah itu, akan dibagikan 5 kartu dari tumpukan. 4 kartu diletakkan pada kolom dengan kartu paling atas dalam posisi terbuka.

Oh, iya. Karena game solitaire bisa dimainkan offline dan online secara gratis, maka akan ada 10 kolom dalam meja dengan rincian sebagai berikut:

  • 54 kartu dibagikan
  • 50 kartu menempati slot cadangan
  • 4 kolom dengan masing-masing 6 kartu
  • 6 kolom dengan masing-masing 5 kartu

4| PYRAMID

game solitaire gratis
Contoh susunan kartu by Solitaire.org

Game solitaire terbaik lainnya yang harus dicoba ketika suntuk dan butuh menjernihkan pikiran adalah Pyramid Solitaire Online.

Sesuai judulnya, kartu-kartu akan disusun menyerupai bentuk piramid. Dimulai dari puncak piramid yang berisi 1 kartu, kemudian baris selanjutnya berisi 2 kartu, begitu seterusnya hingga deretan terakhir berisi 7 buah kartu remi.

Nah, cara mainnya pun mudah sekali. Selain sebagai media hiburan, bermain game remi terbaik di Solitaire.org juga dapat mengasah otak, lho.

Nantinya, piramida tersebut akan berisi 28 kartu yang telah tersusun rapi. Lalu, 24 kartu lainnya akan berada pada bangku cadangan atau kalau main 41 itu, sebagai "minuman" hehe 😅

Karena permainan ini bertujuan mengeluarkan semua kartu dari piramida, maka pemain harus mengeluarkan kartu secara berpasangan yang jumlahnya 13.

Misalnya, kartu dengan angka 10 dan 3. Atau kartu dengan angka 8 dan 5.

Se-simple itu, guys 👌

5| TRIPEAKS

game kartu offline
Tripeaks Solitaire by Solitaire.org

Masih berbentuk piramida namun terpisah menjadi 3 bagian, Tripeaks Solitaire jauh lebih mudah dibanding Pyramid.

Ketika kartu selesai dibagikan, maka akan terbuka satu kartu dari tumpukan. Kemudian saya hanya perlu memilih satu kartu lebih besar atau lebih rendah sesuai urutan. Begitu seterusnya hingga semua kartu dalam piramida terbuka.

Gampang banget, kan?

Karena game solitaire bisa dimainkan offline dan online secara gratis, maka jumlah perolehan skor yang ditawarkan pun beragam. Dimulai dari 100 poin jika berhasil mengeluarkan kartu dari baris ke-4. 150 poin untuk third row, 250 poin for clearing second row dan 500 poin apabila berhasil membersihkan baris teratas piramida 😎

6| GOLF

download game kartu remi offline
Golf Solitaire by Solitaire.org

Golf merupakan koleksi game kartu offline terbaru dan hanya satu-satunya dari Solitaire.org yang memiliki versi wildcars.

Permainan ini terdiri dari 35 kartu di 7 meja kolom dengan 17 kartu stockpile yang terbungkus rapi sebelum dibuka dari tumpukan.

Pemain akan memilih kartu sesuai urutan, baik lebih rendah maupun lebih tinggi. Pokoknya sesuai urutan pada permainan kartu remi pada umumnya, guys.

Setiap kartu yang tersusun sesuai urutannya akan masuk tong sampah. Untuk menentukan urutan kartu, bisa melihat pada kartu teratas yang terbuka pada tumpukan.

And for your information. Golf Solitaire akan memberi pilihan ketika akan memulai permainan. Kamu bisa memilih easy atau hard. Kalau saya, sih baru mencoba yang level gampang karena untuk pemanasan 😄

Jadi jangan takut kalah, ya. Main aja sepuasnya sampai pikiran relax dan mood bisa kembali pada kondisi stabil 😎


Omong-omong, selain permainan kartu, solitaire games juga menawarkan koleksi game lainnya, seperti:

Setelah mengetahui manfaat game solitaire terbaik dapat mengurangi depresi dan bagus untuk kesehatan mental, jangan keburu marah dulu, ya jika ada seseorang di dekatmu yang selalu memanfaatkan waktu luangnya untuk mabar. Siapa tahu dia lagi penat dan butuh hiburan, guys 🤗
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

55 comments

  1. Diantara enam game tersebut banyak yang belum menggunakan, hanya soltaire yang pernah, tapu game memang menghibur sejenak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, solitaire masih punya banyak koleksi game selain yang saya sebutkan di atas pak

      jika penasaran, boleh langsung mengunjungi situs video game Solitaire.org saja ya :)

      Delete
  2. Banyak banget ya game menarik di solitaire.org ini
    Saya suka hampir semua gamenya, seru dan menantang.
    Apalagi yang Word Game, bikin stres auto hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku belum nyobain yang itu mbak
      boleh nih buat referensi hiburan di akhir pekan
      thanks ya ^^

      Delete
  3. Wah, ada game kartu nih, kayak zaman dulu yach hehehe :) AKu taunya solitaire yang Freecell dan kondike sih. Buat mengisi waktu luang oke banget. Sekalian bisa mengasah otak nih. Ibu2 kayak kita main game solitaire ini keren kan hehehe :) Eh anak2 juga pasti kepengen ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pyramid solitaire free online juga seru mbak
      cobain deh

      Delete
  4. Aku udah lama ngosongin game di hp. Tapi liat ini kok rada2 tergoda yaa...
    secara Solitaire trmasuk game legend 🤭🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, game legend dan lifetime banget mbak
      apalagi yang classic solitaire
      wah, juara pokoknya

      Delete
  5. situs video game Solitaire.org sungguh sangat membantu

    ketika sedang stuck dan butuh refreshing, kita bisa buka webnya

    tanpa harus mengunduh aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul
      bisa langsung main di laptop atau hp mbak

      Delete
  6. Dari semuanya saya seringnya sih main yang klondike, tripeaks sama yang freecell, ini seru banget sih, inget jaman dulu, pas lagi suntuk bikin skripsi, game ini lah yang menemaniku

    ReplyDelete
  7. Saya juga suka main game ini, sekedar iseng aja, menghilangkan kesuntukan. Baru tahu sampai ada penelitian ilmiahnya dari manfaat main game. Manfaat game berlaku juga untuk game-game lain juga tidak ya? Kaya main PS, yang para gamernya bermain bisa seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. juga berlaku kok kak
      tapi sebaiknya dibatasi ya
      karena yang berlebihan itu kan nggak baik :)

      Delete
  8. Bermain game memang menyenangkan, dari beberapa game diatas cocok untuk hiburan anak dan keluarga

    ReplyDelete
  9. Game kartu dari solitaire ini emang aku paling suka, karena cara mainnya yang mudah dan klasik tapi menyenangkan. Saya sendiri sudah mencoba game di solitaire

    ReplyDelete
  10. Dari dulu game solitaire ini emang asik buat dimainkan ya mbak
    Sampai sekarang malah jadi lebih asik, karena makin banyak ragam permainannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuulll... bukan cuma permainan kartu. ada banyak pilihannya

      Delete
  11. Dari dulu akuti penasaran cara mainnya game ini kak. Bisa nyoba lagi deh ya, setelah baca review ya disini. Benar² memudahkan dan jadi tidak takut lagi dengan game yg satu ini

    ReplyDelete
  12. Main pyramid asik. Eh tapi sekarang Solitaire gak cuma main kartu doang loh. Aku suka juga mainin hidden object gamesnya.

    ReplyDelete
  13. Solitaire ini permainan yang paling saya suka dari jaman masih kerja kantoran dulu. Sering sehabis makan siang, saya bersengaja main dulu sampai waktu istirahat selesai. Sekarang versinya sudah banyak banget ya. Lebih variatif dengan tampilan yang menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe
      aku malah zaman dulu mesti main ini mbak
      kan bawaan komputer ya?

      jadi main yang ada aja wes daripada masih harus download lagi wkwk

      Delete
  14. ide yang menarik nih kalau lagi bosan dan jenuh kerjaan aku masih pengen nyobain games ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh, kak
      lumayan disambi kalau lagi suntuk nulis artikel blog
      buka banyak browser aja biar mudah

      Delete
  15. Aku baru tau bahwa nereka semua prinsip kerjanya sama ama solitaire... sering liat wara wiri di aplikasi tapi baru ngeh setelah baca tulisanmu bhw ini solitaire

    ReplyDelete
    Replies
    1. solitaire itu banyak macemnya mbak
      tapi pada intinya sama-sama game kartu remi. ada yang online maupun offline

      Delete
  16. Ternyata ada banyak jenis game solitaire ya, jadi pengen cobain deh pasti bikin otak segerrr!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong.
      levelnya juga tersedia mulai dari yang easy, medium sampai paling susah kak

      Delete
  17. aku lagi seneng main piramyd di solitaire.org ini mbak. Seneng kalau semua kartu bisa terbuka dan ditumpuk, penasaran saat mati langkah hehehe

    ReplyDelete
  18. Kalau Spider saya belum pernah main sih mbak. Cuma Freecell sama solitaire. Mengasah kreativitas banget gimana caranya supaya bisa menang. Tantangan banget kalau main games ini

    ReplyDelete
  19. Game solitare ini dari dulu emang game andalan...sekarang udah jarang main game huhuhu...

    ReplyDelete
  20. Salah satu game yang sering dimainkan dulu waktu zaman sekolah di komputer, ya Spider Solitaire. Memang main game bisa bikin relaks dan buat memperbaiki mood juga.

    ReplyDelete
  21. Bisa dibilng ini games pertama yg aku mainkan waktu SD, dannn ga paham gimana mainnya 😁

    ReplyDelete
  22. Solitaire ini game komputer pertama yang saya mainkan sewaktu kenalan dengan komputer. Game sederhana, tapi cukup mengasah otak.

    Solitaire.org bisa jadi ajang tempat game nostalgia, soalnya ada hidden object juga, salah satu game favorit untuk menambah fokus

    ReplyDelete
  23. Ingat masa-masa kuliah dulu, game ini sering jadi teman saat kerja tugas. Pas lagi jenuh, main game ini bisa merefresh otak loh.

    ReplyDelete
  24. Main soliataire jadi inget zaman dulu. Mainnya di komputer di kantor dong. Kalo ada boss, layar komputer langsung berubah kerjaan, wkwkwkwk.... Kalo saya seringnya main freecell

    ReplyDelete
  25. Banyak juga ya mbak macam game solitaire....bisa dimainkan secara online dan offline pula, pasti bikin banyak peminatnya. Dulu saya sering main game solitaire saat jam istirahat sewaktu masih bekerja. Rasanya jadi kepingin lagi main game ini, berasa mengulang jaman masih kerja dulu....dan ternyata manfaat bermain game ini luar biasa banyak ya....

    ReplyDelete
  26. Solitaire ternyata ada banyak macamnya, ya. Aku ingetnya ya yang klasik sama freecell aja soalnya ada di ame windows dulu.

    ReplyDelete
  27. Jujur aku gak begitu ngerti main Solitaire, tapi sering liat paksuami main game ini. Katanya asyik dan seru. Jadi kalau aku main games di solitaire.org aku pilih game yang lain. Aku suka words dan zuma, hehe. Sama sama asyik dan seru loh

    ReplyDelete
  28. Kalau yang ada di game windows itu Klondike kali ya
    Itu aja saya suka gemes sendiri klo udah mati langkah, hahaha
    Tapi tetep seru siih main solitaire ini, nagih!

    ReplyDelete
  29. loh loh.. baru tau udah ada banyak variasinya yaah game solitaire ini. dulu di komputer tuh cuma bisa memainkan satu jenis aja.. inget banget puas mainnya mulai dari gak bisa sampai menguasai trick hihi

    ReplyDelete
  30. Solitaire nih game jadul banget. Aku main ini untuk buat refreshing pas suntuk ngerjain tugas. Biasanya mainnya yang spider...

    ReplyDelete
  31. Solitaire ini memang game kenangan sih ya. Saya juga mengenal game ini itu sejak zaman kuliah dulu pas mash pakai PC Desktop. Sekarang bisa main terus tanpa harus instal aplikasinya.

    ReplyDelete
  32. Ya ampun tahunya dulu Solitaire ya game soal kartu doang, ternyata jenisnya ada banyaaak. Aku cuma pernah main yang spider itu sih, nostalgia banget

    ReplyDelete
  33. main Solitaire ini memang punya keseruan tersendiri yaa, aku udah cobain nih main di webnya aku suka main yang hidden objects, seru banget

    ReplyDelete
  34. Jadi nostalgia deh ini. Sejak masih pakai komputer jadul, game ini udah. Sekarang makin komplit ya permainannya.

    ReplyDelete
  35. Dulu aku sering main game solitaire ini mbak
    tali sekarang sudah nggak sempat lagi,. huhuhu

    ReplyDelete
  36. Nah, padahal main kartu yaa...judulnya.
    Tapi banyak banget ragamnya.
    Aku jadi kangen main kartu bareng-bareng keluarga besar sambil begadang.

    ReplyDelete
  37. Pilihan gamenya banyak ya. Banyak juga game-game jadul seperti nostalgia.

    ReplyDelete
  38. saya suka main games yang ada di solitaire ini, games waktu masih SD SMP kayaknya, jadi udah ga aneh lagi dan pastinya seru jadi mengingat masa kecil deh

    ReplyDelete
  39. Wah lengkap ya game kartu di Solitaire.org. Aku prnah nya coba klondike aja nih. Mau coba yg lain juga ah

    ReplyDelete
  40. Dulu suka main game solitaire di laptop tapi cuma 1 jenis aja sih. Eh baru tahu ternyata permainan kartu legendaris ini ada banyak jenisnya ya.


    Btw asyik ya sekarang kalau mau main game solitaire yang praktis dan gak mesti unduh dan lewat PC bisa langsung buk browser di hp dan meluncur ke situs solitaire.org.

    ReplyDelete
  41. Saya sih paling suka main games solitaire ini, games sejak aku masih SMA dan sampe kini ga pernah bosan!

    Berharap si Solitaire ini diupgrade gitu kek biar lebih animatif

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!