Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget, Sudah Tahu?

Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP
 
Saat ini, anak-anak kian bersahabat dengan berbagai macam perangkat elektronik. Mulai dari televisi, ponsel, tablet atau jenis gadget lainnya. Terlebih selama pandemi kemarin, hampir semua kegiatan dilakukan secara daring. Termasuk belajar dan sekolah. Tak jarang, banyak dari mereka yang tidak dapat dipisahkan dari gadget. Padahal kecanduan gadget pada anak-anak itu dampaknya mengerikan sekali. Baik untuk mental maupun fisiknya.

Salah satu hal negatif paling tampak dari kecanduan gadget pada anak adalah suka menyendiri. Tentu saja hal ini akan berakibat buruk pada perilaku sosial dan cara bergaulnya.

Maka dari itu, orangtua sebaiknya segera melakukan upaya pencegahan agar hal semacam ini dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi anak kencanduan HP yang bisa parents coba terapkan, ya. Semoga berhasil. Fighting

terapi kecanduan gadget
 

  • Jangan Terlalu Sering Main Gadget di Depan Anak

Bukankah anak adalah peniru ulung?

Jadi tidak adala salahnya jika orangtua mulai membatasi penggunaan gadget di depan anak. Dengan demikian, anak tidak akan meniru kebiasaan orangtua yang suka bermain gadget apalagi ketika sedang quality time atau kumpul keluarga.

  • Biasakan Anak Membaca Buku

Selain gemar meniru kebiasaan orang di sekitar nya, anak-anak juga cenderung mudah bosan. Namun ketika mulai bored, segera alihkan mood anak pada hal-hal yang bermanfaat. Seperti membaca buku, misalnya. Walau tampak sepele, tindakan sekecil ini ternyata dapat menjadi terapi kecanduan gadget pada anak, lho.

  • Terapkan Screen Time

Berapa lama anak boleh main HP?

Ini nih yang menarik dari pembahasan kali ini.

Walau diringi dengan nilai negatif, tidak bisa dipungkiri, kecanggihan teknologi juga memiliki benefit yang besar bagi kehidupan. Terutama dalam dunia pendidikan.

Nah, untuk mengimbangi nya, Silakan orangtua menerapkan screen time agar anak tidak terlalu fokus pada layar menyala sebab radiasi dari sinar biru dapat menyebabkan mata lelah.

Buat aturan tegas, kapan anak boleh bermain ponsel. Atau berapa lama anak bisa menonton televisi. Perlu diingat, orangtua tidak boleh loyo dalam menerapkan aturan ini, ya. Karena bagaimanapun, kesehatan fisik dan mental anak adalah yang utama.

  • Pilih Tayangan yang Mengedukasi

Selain menunjang pembelajaran, kemajuan teknologi dan komunikasi juga berperan dalam perkembangan anak. Oleh sebab itu, pilih tayangan yang mengedukasi.

Para orangtua juga bisa menentukan jenis aplikasi yang bisa di download oleh anak melalui fitur kontrol orangtua yang disediakan oleh Play Store.

Tidak hanya itu, pada beberapa merek hp, seperti Oppo dan Xiaomi, juga tersedia pengaturan khusus anak. Fitur ini biasanya terdalam dalam mode keamanan, kemudian pilih ranah anak.

Dari opsi ranah anak, orangtua bisa mengatur durasi, pilihan aplikasi, penggunaan data seluler serta fitur lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan anak-anak. Mernarik, kan?

Omong-omong, hp saya merek Oppo. So far sangat membantu sekali dalam penerapan screen time agar anak tidak kecanduan gadget.

  • Hindari Menggunakan Gadget Sebagai Reward

Cara mengatasi anak remaja kecanduan hp selanjutnya adalah tidak menjanjikan gadget sebagai hadiah ketika si anak berhasil terhadap sesuatu atau paling sederhana ketika anak mau menuruti perintah serta keinginan orangtua.

"Oke, kalau kamu mau makan. Nanti Moms kasih izin main hp, deh"

"Wow, kamu hebat. Ulangan hariannya 100 semua. Nih, sekarang gapapa pinjam tablet Papa."

"Karena kamu tadi sudah bantuin Bunda, sebagai hadiahnya, boleh dong nonton televisi sampai larut. Mumpung weekend juga"

That's not a solution!

Cara mengatasi anak remaja kecanduan hp

Sangat tidak dianjuran mengiming-imingi anak dengan gadget sebagai imbalan, ya. Selain merugikan anak, tindakan ini juga akan menanamkan mindset kepada anak dan membuat anak dapat menerka prinsip atau cara berpikir orangtua. Paham, kan maksudnya?

So, bagi orangtua yang mulai hilang ide untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Bisa mencoba cara mengatasi anak kecanduan hp yang sudah saya sebutkan di atas. Jika tidak kunjung berhasil, sila ajak anak mengobrol untuk mengetahui keinginan nya agar mendapat solusi terbaik dai issue ini

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Stay Update!