4 Jenis Gendongan M-shape yang Aman Untuk Bayi Baru Lahir

jenis gendongan m-shape

M-shape adalah cara menggendong bayi yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun belakangan menjadi populer karena jenis gendongan m-shape yang digunakan sangat beragam dan begitu modern.

Dalam bahasa Jawa, menggendong secara M-shape dikenal dengan istilah gendong pekeh, gendong seklak atau gendong nyeklak. Dimana posisi bayi akan membentuk huruf M dengan kaki selalu terbuka, lutut lebih tinggi daripada pinggul dan bisa menghadap ke dada atau menghadap ke luar.

Metode M-shape diketahui boleh dan aman diterapkan pada bayi baru lahir hingga usia 12 bulan sebab dapat membantu proses pembentukan pinggul bayi serta mengurangi risiko terjadinya hip dysplasia.

Menurut dr. Sara Ellse Wijono, M.Res, menggendong bayi menggunakan teknik ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya:

MANFAAT MENGGENDONG BAYI SECARA M-SHAPE

  • Mendukung postur alami bayi
  • Memudahkan dalam pemberian ASI
  • Mempercepat bonding
  • Memudahkan ketika bepergian sambil menggendong bayi
  • Bayi akan aman dan jauh dari sentuhan orang (asing) lain
  • Dapat membantu perkembangan kognitif dan sosial si bayi
  • Mengurangi risiko depresi setelah proses persalinan
  • Mengurangi GERD pada bayi
  • Terhindar dari kepala peyang

MACAM-MACAM GENDONGAN YANG MENDUKUNG M-SHAPE

Meskipun tampak mudah, tetapi tidak semua jenis gendongan bisa digunakan untuk menggendong decara cara M-shape. Adapun rekomendasi gendongan M-shape newborn yang dinilai aman dan patut untuk dicoba.

1| Jarik

Hingga kini, jarik, sewek atau selendang batik masih menjadi primadona para ibu untuk dijadikan gendongan bayi ataupun balita dalam keluarga mereka. Selain bahannya yang dijamin kuat serta adem, jarik juga sangat recommended untuk menggendong model M-shape. Harganya pun lebih ekonomis dibanding gendongan kekinian yang memiliki fungsi sama.

2| Ring Sling

manfaat gendongan m shape
Image by Instagram Timangofficial

Ring sling merupakan gendongan M-shape jarik versi instant. Manfaat dan cara penggunaannya pun sama dengan kain jarik. Hanya saja ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli ring sling. Yaitu, hendak nya memilih ring yang berbahan aluminium atau apa saja yang tidak mudah lepas dan memberi celah pada kain demi keselamatan si bayi.

3| Baby Wrap

rekomendasi gendongan m shape newborn
Image by Instagram Geosbaby_q

Merupakan salah satu jenis gendongan M-shape yang cara penggunaannya menurut sebagian orang terlalu ribet. Padahal saat ini baby wrap sudah tersedia versi instant nya. Mengenai bahan, baby wrap biasanya terbuat dari bahan kaos atau woven. Baby wrap juga dikenal dengan nama Geos. Gendongan Kaos

4| SSC

gendongan m shape newborn
Image by Instagram Bayiku.id_official
 

Soft Structure Carrier atau SSC adalah satu-satunya "gendongan ransel" yang support M-shape. SSC sempat hype banget karena model nya yang keren dan sangat cocok untuk bayi yang sedang aktif bergerak. Akan tetapi, SSC memiliki harga yang cenderung mahal sebab manfaat yang ditawarkan pun sangat beragam. Misalnya, dengan menggunakan SSC, maka bayi dalam gendongan dapat bergerak lincah dengan tangan dan kaki yang bebas tanpa tertekan.

Itulah 4 jenis gendongan M-shape yang bisa jadi rekomendasi parents sebagai alat untuk menggendong si kecil menggunakan teknik m-shape.

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Stay Update!