7 Fakta Menarik Seputar Baby Bump Pada Ibu Hamil

baby bump adalah

Setiap ibu  hamil pasti mengalami yang namanya baby bump. Namun bentuknya nya berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan, berat badan maupun posisi si cabang bayi.

Lantas, apa itu baby bump?

Baby bump adalah tonjolan pada perut selama masa kehamilan. Biasanya, baby bump akan terlihat pada trimester kedua atau ketika kandungan berusia 16 minggu.

Menurut John Hopkins Medicine, baby bump akan semakin terlihat seiring usia kehamilan karena ukuran rahim yang juga meninggi.

Ah, tidak hanya itu. Berikut terdapat beberapa fakta baby bump yang perlu diketahui supaya tidak terkejut jika nanti mengalaminya. Terutama bagi calon ibu hamil.

SERBA SERBI BABY BUMP PADA IBU HAMIL:

 

1| Besarnya Baby Bump Tergantung Berat Badan si Ibu, Benarkah?

Tonjolan perut selama masa kehamilan atau yang populer dengan istilah baby bump memang cenderung dipengaruhi oleh berat badan si ibu.

Apabila berat badan ibu berlebih, maka mungkin baby bump akan "bersembunyi" kemudian muncul pada minggu ke-16 usia kehamilan. Tetapi, jika berat badan si ibu sedang rendah, baby bump biasanya lebih mudah terdeteksi. Begitu menurut penjelasan dokter Obgyn Carolyn Kay, M.D

2| Baby Bump Bisa Terlihat di Trimester Awal?

Nah, dokter Carolyn juga menambahkan alasan lain penyebab cepatnya muncul baby bump. Menurut beliau, baby bump 2 bulan bisa saja terlihat pada trimester awal. Hal ini dikarenakan otot perut mulai kendor setelah kehamilan pertama. Sehingga bentuk perut tidak dapat kembali seperti sediakala pada kehamilan berikutnya. Atau bisa karena si ibu sedang hamil bayi kembar.

fakta baby bump

3| Baby Bump Palsu Itu Seperti Apa?

Ukuran baby bump akan semakin membesar seiring usia kehamilan. Namun faktanya, perut kembung juga bisa menyebabkan tonjolan semakin tampak. Untuk mengatasi baby bump palsu seperti ini, bumil disarankan mengkonsumsi banyak air putih dan makan makanan tinggi serat. Oh, iya. Kurangi jumlah porsi makan juga, ya sampai kondisi berangsur membaik.

4| Bentuk Rahim Juga Berpengaruh Pada Baby Bump?

Dilansir dari Popmama.com, usia janin pada minggu ke-15 masih sebesar jeruk. Baby bump yang begitu kentara sebenarnya disebabkan oleh perbesaran rahim yang diiringi perkembangan janin. Rahim mulai membesar kemudian naik ke atas simfisis pubis, yaitu tempat bertemunya tulang kemaluan di depan panggul. Lalu lilitan usus yang mengisi perut di dorong ke luar dan ke samping sehingga menimbulkan tonjolan pada perut.

5| Benarkah Munculnya Baby Bump Dapat Terlihat Dari Perubahan Kulit Perut?

Seiring usia kehamilan dan pertumbuhan janin, maka otot perut juga akan mengalami peregangan. Salah satu ciri khas nya ditandai dengan munculnya stretch mark. Stretch mark tersebut akan semakin kentara dan bertambah gelap ketikha kehamilan memasuki usia 35 minggu.

6| Normal kah Garis Hitam Pada Baby Bump?

Selain stretch mark, ciri khas kehamilan lainnya yang tidak kalah unik adalah munculnya linea nigra, yaitu garis gelap agak kecoklatan yang timbul pada perut di bawah pusar selama masa kehamilan. Linea nigra biasanya berbentuk vertikal dengan lebar sekitar 0,5-1 cm.

Menurut Asosiasi Kehamilan Amerika, linea nigra adalah hal yang wajar dan merupakan kelainan kulit yang normal selama masa kehamilan. Belum diketahui pasti penyebab munculnya linea nigra, namun Asosiasi Kehamilan Amerika berpendapat bahwa hal ini dikarenakan perubahan hormon yang sama dengan penyebab kulit disekitar puting payudara menjadi gelap.

Asosiasi Kehamilan Amerika juga menjelaskan bahwa linea nigra, tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

7| Baby Bump Tidak Akan Hilang Setelah Melahirkan?

Bukan tidak bisa hilang, melainkan tidak langsung hilang. Sama halnya dengan linea nigra, baby bump juga akan hilang secara perlahan setelah proses persalinan. Bentuk tubuh seperti berat badan, ukuran payudara dan bentuk perut akan menyesuaikan kembali seperti sebelum hamil. Rahim dan otor perut akan mulai berkontraksi ke ukuran sebelumnya dalam waktu 6 minggu.

Tidak hanya itu, berat baran yang tadinya mengalami lonjakan tajam juga akan turun drastis apabila si ibu menyusui dengan rutin.

baby bump artinya

Dari fakta-fakta di atas diketahui bahwa beberapa telah salah kaprah mengenai makna dari baby bump. Padahal sudah dijelaskan sebelumnya, jika banyak sekali faktor yang memengaruhi bentuk, ukuran dan waktu kemunculan baby bump. Akan tetapi, karena kurang pemahaman maka terjadilah salah faham.

Namun, tidak perlu khawatir. Sebab selama masa kehamilan, baby bump dapat dipelajari sambil lalu. Selain itu, karena baby bump adalah "fenomena" yang pasti dialami oleh ibu hamil, sebaiknya jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter jika merasa ada yang kurang jelas, ya.

Salam sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat 😇

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. Jadi semakin jelas deh tentang baby bump... Dan terpenting adalah jaga pola makan selama hamil agar nanti bayi sehat

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya baby bump itu normal aja kok
    Bukan sesuatu yang harus jadi beban
    Yang paling penting jalani kehamilan dengan bahagia agar bayi dan ibunya sehat selalu

    ReplyDelete
  3. Pantesan dulu waktu hamil saya dibilang kayak 'orang cacingan' karena badannya kurus, baby bump kelihatan banget, ditambah BB janinnya lumayan.
    Makasih infonya kak.

    ReplyDelete
  4. dengan begini kita bisa tahu mana fakta, mitos dan juga hoax tentang babybump. beneran penting dibaca oleh ibu muda dan calon ayah yang sedang menanti kehadiran anak pertama biar tidak salah kaprah nantinya

    ReplyDelete
  5. Baru dengar istilah baby bump ini. Baby bump ini pasti diàlami oleh wanita hamil kan?

    ReplyDelete
  6. Hamil adalah anugerah seorang Ibu, ada yg masa hamilnya menyenangkan ada yg membuat tersiksa seorang ibu karena mabok parah...

    Apapun itu masa hamil bagaimanapun bentuk badan kita ada kepuasan tersendiri krb ada baby yg hidup di dalam perut

    ReplyDelete
  7. Kalau mama saya malah sering bisa memperkirakan jenis kelamin bayi dari bentuk baby bump. Ini gimana ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Baby bump tuh kayak perut buncit gitu pas hamil ya, Kak. Memang sih. Kalau kulihat saudara-saudaraku yang cewek tuh pasti muncul strech mark gitu pas hamil.

    ReplyDelete
  9. Garis hitam ternyata normal yaa. Dan bany bump bukannya tidak bisa hilang. Tapi tifsk langsung hilang begitu yaa. Memang butuh lproses kan segala sesuatunya.

    ReplyDelete
  10. Wah baru tau fakta-fakta tentang baby bump ini. Saya dulu nggak terlalu nampak baby bump karena badan kurus. Hehe. Ternyata linea nigra itu normal ya, dan akan hilang nantinya. Makasih banyak infonya, Mbak

    ReplyDelete
  11. Memberikan asi ekslusif secara rutin ini secara tidak langsung juga sebagai pola diet dan merampingkan berat badan ibu menyusui ya

    ReplyDelete
  12. Baru tau ada istilah baby bump pada ibu hamil. Untung sudah baca postingna ini jadi nanti tidak terlalu terkejut jika sang istri mengalami baby bump.

    ReplyDelete
  13. Kehamilan selain bikin bahagia juga bikin cemas apalagi kehamilan pertama. Kalau muncul baby bunp bisa bikin khawatir kalau belum paham, padahal kerap terjadi pada ibu hamil.

    ReplyDelete
  14. makasih kak aku jadi tau soal baby bump nih. soalnya selama ini belum begitu banyak ngulik tentang hal itu karena belum nikah. hihi tapi tetep pwnting banget sih ya ngerti semua ini

    ReplyDelete
  15. Aku dulu, tubuhku kan kecil, baby bump emang lebih kelihatan sih dari ibu yang bertubuh lebih berisi dari aku...

    ReplyDelete
  16. haha, iya banget ternyata babybump gak langsung kempes gitu aja ya setelah anaknya keluar, huhu.. dulu hamil pertama, kaget juga kenapa perut masih gede banget pada anak udah keluar :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!