Bahas Tuntas Macam-macam Alat Kontrasepsi Untuk Pria Selain Kondom

Alat Kontrasepsi Pria

Pada umumnya, alat kontrasepsi dikenal sebagai metode pengendalian kehamilan pada perempuan. Tidak sedikit pasangan yang merasa cukup hanya dengan menggunakan alat kontrasepsi wanita saja. Padahal, "kebobolan" juga bisa terjadi akibat kelalaian dari dad or men, lho.

Menurut More Than a Physical Burden: Women’s Mental and Emotional Work in Preventing Pregnan, sebagian besar perempuan masih menanggung beban kontrasepsi. Untuk mengatasinya, diperlukan kerja sama antara pasangan dalam rangka perencanaan kehamilan. Caranya, dad or men bisa ikut menggunakan alat kontrasepsi pria guna mengontrol keturunan.

Meski fungsi dan tujuannya sama, namun jenis alat kontrasepsi pria berbeda dengan perempuan, baik dari segi bentuk maupun pengaplikasiannya. Supaya lebih memahami hal tersebut, yuk, simak penjelasannya di bawah ini 👇

MACAM-MACAM ALAT KONTRASEPSI PRIA

1| Kondom

Kondom adalah contoh alat kontrasepsi pria yang paling sering digunakan karena bisa dibeli secara bebas di supermarket atau apotek terdekat. Akan tetapi, penggunaan kondom dinilai kurang efektif sebab masih bisa menyebabkan kehamilan jika tidak terpasang dengan benar.

Supaya dapat bekerja sesuai fungsinya, maka dad or men harus memastikan terlebih dahulu bahwa kondom belum memasuki tanggal kadaluarsa sebelum dipakai. Selain itu, pilihlah kondom berbahan lateks atau poliuretan.

Fyi, jangan biasakan menyimpan kondom di dalam dompet, ya. Sebab gesekan dan suhu yang panas bisa menyebabkan kondom jadi rusak dan tidak berfungsi secara maksimal 👌

2| Pil Kontrasepsi

Alat kontrasepsi untuk pria yang juga sangat familiar dan tidak mengganggu fertilitas adalah pil kontrasepsi.

Tidak hanya untuk buibu dan perempuan, para pria juga bisa memanfaatkan pil KB sebagai bentuk pencegahan kehamilan.

Bedanya, jika pada perempuan pil KB akan memengaruhi siklus haid dan kebanyakan menyebabkan kegemukan. Maka pada dad or men, pil KB pria permanen berfungsi menghambat sperma yang akan mencapai sel telur dan tidak memiliki efek samping. Itu mengapa pada pria, pil KB harus dikonsumsi sebelum melakukan hubungan intim. Sedang pada perempuan, pil KB diminum setelah having sex.

Lalu, pil KB pria beli dimana?

Sebenarnya pil kontrasepsi untuk pria tidak dipasarkan secara bebas. Hal ini untuk mencegah supaya tidak disalahgunakan oleh para remaja. Akan tetapi, harus menyertakan resep dokter jika ingin membeli nya 😎

3| Vasektomi

Vasektomi atau sterilisasi pria merupakan metode KB pada pria yang dilakukan dengan cara membagi dan menutup vas deferens dengan tujuan menghambat sperma agar tidak masuk kedalam mani sehingga tidak akan terjadi proses pembuahan terhadap sel telur saat ejakulasi.

Dikutip dari Halodoc, alat kontrasepsi pria Vasektomi memiliki beberapa kelebihan dibanding alat kontrasepsi pria lainnya, meliputi:

  • Lebih murah
  • Tidak berpengaruh pada proses ejakulasi pria atau pasangan
  • Berisiko kecil karena tidak menyebabkan pembengkakan, pendarahan, infeksi maupun komplikasi lainnya.

Akan tetapi, sebagai salah satu alat kontrasepsi pria, vasektomi juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa menyebabkan kehamilan. Artinya, pria yang memilih metode ini kemungkinan tidak akan pernah bisa memiliki keturunan.

4| Senggama Terputus

Pada dasarnya, fungsi alat kontrasepsi pria adalah sama. Yaitu mencegah sel sperma mencapai sel telur supaya tidak terjadi pembuahan. Begitu pula dengan metode ini.

Senggama terputus also known as ejakulasi diluar, cabut singkong, pullout or  Coitus Interuptus merupakan alat kontrasepsi pria selain kondom paling sederhana yang bisa dilakukan tanpa obat dan media. Tetapi  dibutuhkan pengalam profesional dan perkiraan waktu yang cepat serta tepat agar tidak "kebobolan" 😂

5| Suntik Testosteron

Suntik KB pada pria adalah jenis kontrasepsi modern yang dianggap aman tapi mahal. Metode ini dikenal juga dengan istilah suntik hormon atau suntik testosteron sebab cairan yang disuntikkan kedalam tubuh berisi hormon testosteron sintesis dan  progestin.

Dimana kedua hormon tersebut berfungsi untuk melemahkan syahwat dengan cara menurunkan kadar testosteron yang ada dalam tubuh pria.

Dengan demikian, proses pematangan sperma muda akan terhambat sehingga dinilai efektif bagi pasangan yang pihak perempuannya tidak bisa melakukan kontrasepsi sendirian karena alasan kesehatan tertentu.

6| Vasalgel

Vasalgel adalah polimer berbentuk gel yang memiliki berat molekul tinggi dan digunakan sebagai alat kontrasepsi bagi pria dengan cara disuntikkan pada vas deferens. Tujuannya untuk mencegah sperma memasuki penis.

Meski tergolong baru, metode ini cukup menjanjikan dan bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Dilansir dari KlikDokter, Vasalgel merupakan salah satu alat kontrasepsi pria yang terbilang efektif, aman dan bikin nyaman. Selain itu,Vasalgel bersifat reversibel serta cenderung minim risiko.

***

Itulah beberapa pilihan alat kontrasepsi pria yang bisa dicoba oleh dad or men. Walau jenis dan metode nya bervariasi, setiap alat kontrasepsi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Oleh sebab itu, jangan ragu membicarakannya dengan pasangan atau konsultasikan ke dokter terlebih dahulu supaya bisa "main aman" dan nggak kebobolan 😉

Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

36 comments

  1. Wow ternyata ada beberapa macam juga ya alat kontrasepsi untuk pria selama ini yang aku tahu memang hanya kondom. Tapi terkadang ego juga ya jarang mau dirinya disuruh ber-KB dia lebih suka istrinya yang ber-KB mungkin tidak mau merasakan efeknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dan suami pake poin no 4, kak. meski ini tekniknya bener2 suami kudu paham kapan beliau mau keluar ya, kalo telat yaa berabe...saya kudu pake minum pil kontrasespsi juga. hi hi. tetep...kontrasepsi ini kerjasama suami istri kan

      Delete
  2. Banyak juga ternyata pilihan alat kontrasepsi pria. Anak pertamaku meninggal jadi aku dan suami menunda kehamilan kedua agar aku siap mental lagi. Karenanya pernah pakai kondom dan metode senggama terputus. Setelah kehamilan kedua dan ketiga baru aku pakai IUD sampai sekarang:) Memang mesti dibicarakan oleh pasutri ya alat kontrasepsi ini, biar amaaan!

    ReplyDelete
  3. praktik di lapangan nampaknya kebanyakan vasektomi

    saya tahu ketika sering ke lapangan

    biasanya kasus terjadi apabila kondisi sang istri tidak bisa ikut KB

    lagi2 perempuan yang pertama harus ikut KB ya?

    ReplyDelete
  4. aku kok baru tahu ya ada pil kb untuk pria 😄

    tapi memang sudah seharusnya para pria ini lebih terlibat. selama ini urusan pengendalian kelahiran seolah hanya dibebankan dan difokuskan ke perempuan saja.

    ReplyDelete
  5. Aku termasuk pria pengguna alat kontrasepsi. Terima kasih kak Nia atas artikelnya... Jadi mikir nih, perlu ganti alat kontrasepsi gak ya?

    ReplyDelete
  6. Seringnya laki-laki itu egois dalam masalah kontrasepsi, istri disuruh-suruh pakai kontrasepsi, tapi bagian suami disuruh pakai kontrasepsi, 1000 alasan untuk bisa menolaknya hehehehe

    ReplyDelete
  7. bener banget nih bila ingin pasang kontrasepsi memang harus konsultasi dengan pasangan kita masing masing biar aman dan nyaman. karena setiap kontrasepsi banyak pilihan-nya

    ReplyDelete
  8. kalau semisal sekali nyoba pil KB buat lai- laki, untuk melakukan penundaan. Akan berefek kesuburan menurun bagi si laki-laki... begitukah kak ?

    ReplyDelete
  9. Waw pembahasan dewasa nih, saya paling familiat cuma sama istilah kondom. Baru tau klo ternyata bnyk juga ya alat kontrasepsi yg lain untuk laki laki

    ReplyDelete
  10. ternyata banyak juga pilihan kb untuk pria, selama ini yang saya tau hanya kondom dan sterilisasi. kalau memilih salah satu metode diatas bisa jadi wanita lebih bahagia karena nggak perlu takut badan jadi melar hihi

    ReplyDelete
  11. Haaah! Suntik testosteron ini bikin lemah syahwat! OMG!

    well kalau masih usia produktif sebaiknya sih pake cara luar aja kali ya lebih aman

    ReplyDelete
  12. OO jadi ternyata banyak ya varian alat kontrasepsi untuk pria noted deh pengetahuan baru untuk saya

    ReplyDelete
  13. Oh ternyata ga cuma wanita yang bisa diprogram kb. Pria juga. KB penting banget sih karena sekarang ga zamannya lagi banyak anak banyak rezeki.

    ReplyDelete
  14. artikel yang mengedukasi khususnya bagi para pria, karena nemu artikel yang membahasa khusus alat kontrasepsi untuk pria sangat jarang lho...cerdas mbak!

    ReplyDelete
  15. Memang untuk mencegah kehamilan, butuh kerjasama yang baik antara suami dan istri ya. Dan karena sudah ebragam alat kontrasepsi, termasuk yang alami yaitu cabut singkong, jadi disesuaikan saja dengan pilihan masing-masing, Yang penting sama-sama nyaman.

    ReplyDelete
  16. naaah, gak mesti perempuan aja ya yang harus KB, laki-laki pun juga bisa ya minum pil KB untuk mencegah kehamilan pasangan/istri apalagi tidak ada efek kegemukan ataupun siklus haid yang gak teratur/semacamnya :D

    ReplyDelete
  17. Biasanya klo cowo ditawari vasektomi masih pada takut kak, termasuk aku hehe

    ReplyDelete
  18. saya baru tahu bahwa alat kontrasepsi laki-laki ternyata banyak juga ya, jadi sebenarnya ga harus selalu perempuannya yang di KB ya dari pihak laki-laki juga bisa

    ReplyDelete
  19. Tapi masih banyak banget pria yang ngga mau pake alat kontrasepsi pria. Semua2 suruh cewek aja yang pake KB. Tapi yah yang aman sih kondom sama cabut singkong hagagaga.

    ReplyDelete
  20. Ternyata ada banyak ya alat kontrasepsi pria. Aku cuma taunya kondom dan vasektomi. Selama ini kebanyakan perempuan yang pake kb.

    ReplyDelete
  21. hmm baru beberapa aja nih yang aku tau mba. semoga aja semakin banyak opsi kontrasepsi buat suami ya soalnya kaan biar gak perempuan aja yang rempong hehehe

    ReplyDelete
  22. vaselgel sama suntik testosteron nih aku baru mbak.. emang bnyak ya alat kontrasepsi buat pria juga, jadi bisa jadi pertimbangan juga buat pria milih biar nggak kebobolan

    ReplyDelete
  23. Waduh ini pengetahuan baru banget sih wkkwwk, jujur aja selama menikah kami nggapernah pakai kontrasepsi jadi ini baru banget gituu

    ReplyDelete
  24. Wah baru tahu kalau ada pilihan KB juga untuk pria. Semoga dengan adanya pilihan ini, program KB tidak hanya terpusat pada pilihan yang bisa diambil wanita, ya..

    ReplyDelete
  25. Banyak pilihan nih buat pria agar dapat menjaga jarak anak atau mencegah kehamilan pada istri. Tinggal pilih aja mana yang paling nyaman

    ReplyDelete
  26. Wohooo, save catet! Artikel kayak gini nih yang kadag dibutuhkan kalau lagi butuh banget, egimana ya. Intinya izin save ya mbak artikelnya.

    ReplyDelete
  27. akhirnya ada kontrasepsi yang gak hanya dipakai wanita, agak menyiksa sebetulnya harus njuss tiap bulan atau konsumsi pil kb tiap hari, berlum termasuk side effectnya ya

    ReplyDelete
  28. wah baru tahu ada pil kontrasepsi untuk pria ya, emang kudu kerjasama nih, biar gak perempuannya terus yang kudu berjuang hehe

    ReplyDelete
  29. Bener banget untuk urusan alat kontrasepsi suami istri harus ada komunikasi terbuka. Biar sama2 paham dan tentunya tdk jadi masalah ya...

    ReplyDelete
  30. Ada beberapa cara yang baru aku tahu dan bisa menjadi ikhtiar KB bagi keluarga yaa.. Karena selama ini yang dituntut untuk KB dan tetap sehat adalah pihak perempuan.
    Kalau laki begini juga melakukan, jadi bisa sama-sama aman.

    ReplyDelete
  31. Senggama terputus sudah ada sejak 14 abad yang lalu dalam Fiqh Islam ya Mbak,, namanya 'azl. Efektif banget memang tetapi ada juga pendapat pria yang bilang bahwa senggama terputus sedikit mengurangi kepuasan ya

    ReplyDelete
  32. Jadi paham deh saya
    Soalnya selama ini saya paling tidak tahu soal alat seperti ini karena semua natural dijalani

    ReplyDelete
  33. Jenis keenam ini agak membingungkan karena baru kali ya. Karena saya mikirnya yang keluar itu ya sperma.
    Tapi ini alternatif terbaik kayaknya, dbandingkan lainnya.

    ReplyDelete
  34. Karena kehamilan anak pertama dan kedua dekat banget, saya jd lbh hati2 sama suami wkwkwk, thank you informasi nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for stopping by. Sila tinggalkan jejak berupa kritik maupun saran pada kolom komentar, ya 🤗 Regards 🙏

Stay Update!